Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

[LENGKAP] Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Apasajakah komponen-komponen PLTP? Apa itu PLTP? Bagaimana prinsip kerja PLTP? Apa fungsi masing-masing komponen PLTP?

Potensi kekayaan Indonesia dapat dimanfaatkan dalam pembangkitan energi listrik, salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP). Pembangkit listrik energi terbarukan seperti PLTP tidak akan menimbulkan masalah lingkungan sebab sumber energi utamanya memanfaatkan panas bumi dalam membangkitkan energi listrik. 

Pembangkit jenis ini tidak menghasilkan gas karbon sehingga ramah lingkungan. Berbeda halnya dengan pembangkit istrik dengan bahan bakar fosil yang akan habis apabila dipakai secara terus-menerus dan juga dapat merusak kualitas udara.

Pada kesempatan ini kami akan membahas hal penting mengenai pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) mulai dari pengertian PLTP, komponen-komponen PLTP sampai ke prinsip kerja PLTP.


Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) 

Pembangkit listrik tenaga panas bumi merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan listrik. Pada dasarnya pembangkit ini menggunakan air yang diinjeksikan ke dalam perut bumi untuk menghasilkan uap  yang bertekanan tinggi akibat panas bumi dan dimanfaatkan untuk memutar generator. 


Komponen Utama Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

1. Injector

Injector berfungsi untuk menyuntikkan sejumlah air ke dalam perut bumi yang terdapat sumber panas.

2. Valve

Valve (katup) berfungsi untuk mengatur aliran fluida yang masuk ke perut bumi maupun yang keluar. Bleed Valve merupakan katup yang mengatur fluida yang menyembur keudara dengan laju aliran yang sangat kecil (Bleeding) saat sumur tidak digunakan. Ball Float Valve merupakan katup pengaman yang menjaga air agar tidak ikut bersama uap. 

3. Separator

Separator berfungsi untuk memisahkan air yang bercampur dengan uap. Uap akan mengisih pipa bagian tengah kemudian naik ke atas.

4. Silincer

Silincer merupakan silinder dengan suatu lapisan yang berfungsi untuk meredam suara bising ketika fluida yang ada di sumur akan dibuang dengan cara disemburkan.

5. Turbin Uap

Turbin uap berfungsi untuk memutar generator yang telah dikopel (dihubungkan) dengannya dan akan berputar ketika ada uap dengan tekanan yang tinggi mengenai sudu-sudu turbin.

6. Generator

Generator merupakan komponen utama PLTP yang berfungsi untuk mengubah energi kinetik (gerak trubin) menjadi energi listrik dengan gaya elektromagnetik.

7. Kondensor

Kondensor berfungsi untuk mengubah uap menjadi air dengan cara membuat kondisi vakum di dalam suatu tangki atau bejana.

8. Gas Extraction

Gas Extraction berfungsi untuk menjaga Kondensor agar tetap dalam kondisi vakum dengan cara membuang Non Condensable Gas (NCG). 


Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

prinsip kerja PLTP

  1. Air diinjeksikan (disuntikkan) ke dalam perut bumi pada bagian yang panas melalui injector.
  2. Air yang telah disuntikkan akan menjadi panas akibat panas bumi hingga menghasilkan uap yang bertekanan tinggi. Uap tersebut akan dialirkan ke sumur prosuksi.
  3. Uap yang dihasilkan tadi masih mengandung air sehingga harus dipisahkan dengan menggunakan separator sehingga yang didapatkan murni uap saja.
  4. Uap murni tersebut dialirkan menuju turbin untuk digerakkan.
  5. Turbin yang berputar membuat genarator juga ikut berputar. Dengan gaya elektromagnetik, putaran generator (energi kinetik) diubah menjadi energi listrik.
  6. Uap bekas putaran turbin dialirkan ke kondensor untuk diubah kembali menjadi air.
  7. Air hasil kondensor akan didinginkan dulu melalui sistem pendingin pada tangki pendinginan. Selanjutnya proses pengulangan dari awal dengan Air yang telah dingin akan diinjeksikan lagi menuju ke bumi melalui injector.

Baca Juga : Cara Kerja PLTA

Jadi itulah pembahasan mengenai pengertian PLTP, prinsip kerja (pembangkit listrik tenaga panas bumu) PLTP dan komponen PLTP. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda. Jika ada salag mohon diberi kritik pada kolom komentar, sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.
Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "[LENGKAP] Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)"