Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB)

Bagaimana Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB)? Bagaimana potensi pemanfaatan energi angin di Indonesia?

Dewasa ini, hampir setiap negara sudah beralih ke pembangkit listrik energi terbarukan atau sumber energi dari alam yang tidak akan pernah habis, seperti energi angin. Bukan karena tidak ada alasan, melainkan sumber energi batu bara kini semakin menipis dan dampak kerusakan lingkungannya semakin besar sehingga mau tidak mau harus baralih ke energi terbarukan. 


Pada kesempatan ini kami akan membahas hal penting mengenai pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) mulai dari pengertian, prinsip kerjanya dan pemanfaatan potensi angin di Indonesia.


Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB) 

Pembangkit listrik tenaga bayu (angin) merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan potensi angin sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan listrik. Pada dasarnya pembangkit ini merubah energi kinetik (gerak turbin) menjadi energi listrik dengan generator. Pada suatu sistem PLTB terdapat banyak komponen listrik yang menyusunnya mulai dari sistem tenaga sampai ke sistem kontrolnya.


Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB)

  1. Proses pembangkitan listrik dimulai dari tiupan angin yang memutar turbin atau kincir angin. 
  2. Karena turbin dikopel (dihubungkan) dengan generator sehingga membuat generator juga berputar. 
  3. Ketika generator berputar maka di bagian dalam generator terjadi gaya elektromagnetik yang menyebabkan generator dapat menghasilkan energi listrik arus DC (Direct Current). 
  4. Energi listrik arus DC yang dihasilkan oleh generator akan diteruskan pada dua pilihan. Pilihan pertama energi listrik arus DC tersebut akan diubah menjadi energi listrik arus searah (AC) kemudian diteruskan pada sistem tenaga listrik transmisi dan distribusi (pilihan ini biasanya terjadi pada PLTB skala besar). Sedangkan piilhan kedua energi listrik arus DC tersebut akan disimpan ke dalam baterai terlebih dahulu baru kemudian diubah menjadi energi listrik arus searah (AC) dan diteruskan ke sistem tenaga listrik transmisi dan distribusi (pilihan ini biasanya terjadi pada PLTB skala kecil).

Potensi Pemanfaatan Energi Angin Di Indonesia

Indonesia merupakan wilayah yang memiliki potensi angin yang bagus dan dapat dimanfaatkan untuk proyek-proyek pembangkit listrik, seperti PLTB yang ada di Sidrap. PLTB sidrap merupakan salah satu pembangkit listrik tenaga bayu (angin) terbesar di Indonesia. PLTB tersebut memiliki kincir angin sebanyak 30 buah dengan total kapasitasnya sebesar 75 Mega Watt (MW). 

Dilansir dari halaman web Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia bahwa optimisme tercapainya target pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) semakin tumbuh. Hal tersebut dapat ditandai dengan pengerjaan 1.725 Mega Watt atau 1,7 Giga Watt proyek pembangkit listrik tenaga angin atau bayu (PLTB) di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Pengerjaan proyeK PLTB tersebut membuktikan bahwa perhatian beberapa pihak untuk memanfaatkan energi terbarukan semakin meningkat. Tidak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan pembangkit listrik energi terbarukan di Indonesia sudah dapat melampaui Pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTU, PLTG dll).

Baca Juga : Cara Kerja PLTS

Jadi itulah pembahasan mengenai pengertian PLTB,  prinsip kerja PLTB dan potensi pemanfaatan energi angin di Indonesia. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB)"