Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Diagram Satu Garis Dan Pengawatan Saklar Silang

Di bidang instalasi listrik terdapat satu komponen penting bernama saklar yang dapat memutus dan menghubungkan aliran listrik dari sumber ke beban. Nah saklar sendiri memiliki beberapa jenis dan disesuaikan dengan fungsinya. Saklar yang paling umum ditemukan adalah saklar tunggal dan saklar seri. Tapi tahukah kamu bahwa terdapat jenis saklar lain, yaitu saklar seri dan saklar silang. Kedua saklar tersebut dapat ditemukan pada bangunan yang luas atau bangunan yang memiliki banyak ruangan.

Pengertian Saklar Silang

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai saklar silang saja dan untuk saklar tunggal, seri dan tukar bisa teman-teman cari di kolom pencarian. Sebenarnya apasih saklar silang itu? Saklar silang adalah saklar yang dapat mengoperasikan sebuah beban di tiga atau lebih tempat yang berbeda. Secara konstruksi saklar silang merupakan gabungan antara dua saklar tukar yang dijadikan satu.

Fungsi Saklar Silang

Saklar silang berfungsi untuk mengedalikan atau mengoperasikan satu buah beban di berbagai tempat yang berbeda. Agar dapat berfungsi maka dalam pemasangan saklar silang harus dikombinasikan dengan dua saklar tukar. Jadi ada dua saklar tukar dan minimal ada satu saklar silang sehingga dapat mengoperasikan beban di tempat berbeda.

Simbol Saklar Silang

Seperti dengn konstruksinya maka simbol saklar silang seakan-akan dua dua simbol saklar tukar yang dijadikan satu.

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Silang

Tampak pada gambar diagram satu garis saklar silang bahwa terdapat dua saklar tukar yang dikombinasikan dengan satu atau lebih saklar silang.

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Silang 

Tampak pada gambar diagram pengawatan saklar silang bahwa dalam pemasangan instalasinya memerlukan banyak kabel.

Apakah Instalasi Saklar Silang Hanya Dapat Dikendalikan di 3 Tempat Saja?

Jawabannya tentu tidak. Tujuan dibuatnya saklar silang sebenarnya untuk mengendalikan beban seperti lampu dari lebih dua tempat yang berbeda. Jadi saklar silang ini bisa mengoperasikan satu  beban di empat tempat yang berbeda. Berikut ini diagram satu garis dan pengawatannya.


Baca Juga : Materi Saklar Tukar

Jadi itulah penjelasan mengenai saklar silang, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jika ada pertanyaan atau koreksi bisa teman-teman komen di bawah. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Diagram Satu Garis Dan Pengawatan Saklar Silang"