Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Daftar Hewan Udara Tercepat Di Dunia

Di dunia ini terdapat berbagai jenis hewan yang memiliki ciri khas masing-masing. Namun berdasarkan tempat bergerak maka hewan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu hewan darat, air dan udara. Daftar hewan darat tercepat di dunia telah dibahas pada artikel sebelumnya, nah untuk sekarang ini akan dibahas khusus hewan udara saja.

Burung merupakan salah satu hewan yang dapat terbang di udara untuk berpindah tempat. Mereka terbang ke satu tempat ke tempat lain dengan tujuan untuk mencari makanan, bermigrasi ataupun lari dari pemangsanya. Nah bicara soal terbang maka terdapat beberapa jenis hewan udara yang memiliki kecepatan yang tinggi. Berikut ini merupakan daftar hewan udara tercepat di dunia.

1. Peregrine Falcon (389 km/jam).

daftar hewan udara tercepat di dunia

Burung Peregrine Falcon atau ada yang menyebutnya sebagai Alap-Alap Kawah merupakan hewan yang tercepat baik di udara, laut maupun darat. Hewan ini dapat bergerak dengan cepat dengan cara terbang vertikal yang kecepatannya mencapai 242 mph (389 km/jam). Meskipun begitu ia juga dapat terbang normal secara horizontal namun kecepatannya lebih pelan. Gaya Terbangnya yang vertikal digunakan untuk menangkap mangsanya ketika ia telah mengunci mangsanya dengan penglihatannya yang tajam

2. Golden Eagle (321 km/jam)

daftar hewan udara tercepat di dunia

Golden eagle atau biasa disebut dengan elang emas merupakan salah satu jenis burung elang terbesar yang memiliki bulu cokelat keemasan. Sama seperti burung Peregrine Falcon (Alap – Alap Kawah), elang emas dapat terbang dengan kecepatan maksimum ketika terbang secara vertikal. Burung elang ini mampu terbang dengan kecepatan 200 mph (321 km/jam). ketika sedang mengejar mangsanya.

3. Gyrfalcon (207 km/jam)

daftar hewan udara tercepat di dunia

Gyrfalcon merupakan salah satu jenis burung falcon tercepat, terbesar dan menjadi hewan tercapat ketiga di dunia. Burung ini dapat terbang dengan kecepatan maksimum mencapai 129 mph (207 km/jam). Gyrfalcon dapat dijumpai di beberapa pulau seperti di Asis, Eropa bahkan sampai ke Amerika Utara.

4. Spine-Tailed Swift (170 km/jam)

daftar hewan udara tercepat di dunia
Source : Wikipedia

Spine-Tailed Swift atau biasa disebut sebagai Kapinis Jarum Asia merupakan burung yang memiliki sayap yang panjang namun kakinya pendek, meskipun begitu burung ini mampu terbang dengan kecepatan 106 mph (170 km/jam). Burung ini berasal dari negera Serbia meskipun begitu mereka dapat dijumpai di daerah Asia Tengah.

5. Burung Frigate (152 km/jam)

daftar hewan udara tercepat di dunia

Frigate atau biasa disebut burung Cikalang merupakan salah satu jenis burung yang sering dijumpai terbang di atas lautan. Burung ini lebih senang beraktivitas di udara ketimbang di darat bahkan ia sanggup terbang selama seminggu tanpa istirahat. Daya tahan terbangnya yang hebat membuatnya dapat terbang dengan kecepatan 95 mph (152 km/jam).

6. Spur – Winged Goose (141 km/jam)

daftar hewan udara tercepat di dunia

Spur – Winged Goose merupakan salah satu jenis angsa terbesar dan berasal dari Afrika Selatan. Meskipun bobotnya yang dapat mencapai 8 kg dan panjangnya hingga 1 meter namun angsa ini memiliki bentangan sayap yang lebar sehingga membuatnya dapat terbang tinggi dengan kecepatan yang tinggi pula. Kecepatan Angsa ini mencapai 88,12 mph (141 km/jam)

Baca Juga : Daftar Hewan Darat Tercepat Di Dunia

Jadi itulah daftar 6 hewan udara tercepat di dunia. Dari ke enam hewan terebut semuanya merupakan jenis burung yang bergerak atau terbang cepat untuk memburu mangsanya. Perlu kamu ketahui bahwa hewan udara, yaitu Peregrine Falcon merupakan hewan tercepat di dunia baik di darat, laut maupun di udara dengan kecepatan terbang (389 km/jam). Sekian dan terima kasih. 

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Inilah Daftar Hewan Udara Tercepat Di Dunia"