Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian, Prinsip Kerja Dan Diagram Saklar Staircase

Di bidang instalasi listrik dikenal dua macam instalasi, yaitu instalasi penerangan dan instalasi tenaga. Instalasi penerangan adalah instalasi listrik bagian penerangan yang dimulai dari sumber, saklar, pengawatan dan beban (lampu). Sedangkan instalasi tenaga adalah instalasi listrik pada bagian yang banyak menggunakan energi listrik, seperti kotak kontak dengan beban AC, kipas angin, kulkas, TV dan sejenisnya.

materi lengkap saklar staircase

Pada instalasi penerengan dikenal banyak jenis saklar, mulai dari saklar tunggal, seri, silang, tukar, impuls, staircase dll. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian saklar staircase, prinsip kerja atau cara kerja saklar staircase, simbol saklar staircase dan instalasi diagram lokasi dan pengawatan saklar staircase. 

A. Pengertian Saklar Staircase

Saklar staircase adalah saklar yang bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik dengan fungsi untuk menghubungkan sumber listrik ke beban dalam waktu yang telah diatur. Ketika waktu kerja saklar staircase habis maka akan memutuskan sumber listrik ke beban sehingga beban (lampu) akan off. Penggunaan saklar staircase umumnya digunakan pada tempat dengan penggunaan beban sementara, seperti pada tangga, garasi dll.

B. Prinsip Kerja / Cara Kerja Saklar Staircase

prinsip kerja saklar staircase

Saklar staircase bekerja dengan menggunakan prinsip elektromagnetik seperti halnya dengan kontaktor dan relay. Ketika ada sinyal berupa tegangan yang masuk ke terminal 4 maka coil akan aktif dan menarik tuas saklar sehingga menghubungkan terminal 3 dengan fasa (line). Di saat yang bersamaan waktu saklar staircase mulai menghitung mundur sampai waktu yang telah diatur, dan ketika waktu habis maka akan memutus arus di terminal 4 dan membuat coil tidak aktif. coil yang tidak aktif akan membuka rangkaian di terminal 3 sehingga beban terputus.

C. Simbol Saklar Staircase

simbol saklar staircase

Gambar di atas merupakan gambar atau simbol dari saklar staircase yang ada pada diagram lokasi dan diagram pengawatan

D. Instalasi Saklar Staircase

Diagram Lokasi Saklar Staircase 3 Kawat

diagram lokasi saklar staircase

Diagram Pengawtatan Saklar Staircase 3 Kawat

diagram pengawatan saklar staircase

Penjelasan :

prinsip kerja saklar staircase 3 kawat

Instalasi saklar staircase 3 kawat dimulai dari coil terhubung dengan input NETRAL di terminal 4 sedangkan di sisi lain terminal 4 terhubung dengan PHASA yang berasal dari terminal L sehingga Coil ON. Coil ON membuat tuas saklar bekerja sehingga menghubungkan terminal 3 dengan terminal L.

Diagram Lokasi Saklar Staircase 4 Kawat

diagram lokasi saklar staircase

Diagram Pengawtatan Saklar Staircase 4 Kawat

diagram pengawatan saklar staircase

Penjelasan : 

prinsip kerja saklar staircase 4 kawat

Instalasi saklar staircase 3 kawat dimulai dari coil terhubung dengan input PHASA di terminal 4 sedangkan di sisi lain terminal 4 terhubung dengan NETRAL yang berasal dari terminal N sehingga Coil ON. Coil ON membuat tuas saklar bekerja sehingga menghubungkan terminal 3 dengan terminal L. 

Baca Juga : Materi Lengkap Mengenai Saklar Impus

Jadi itulah materi dari saklar staircase yang berisi pengertian saklar staircase, prinsip kerja atau cara kerja saklar staircase, simbol saklar staircase dan instalasi diagram lokasi dan pengawatan saklar staircase. Semoga materi yang telah kami bagikan dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Pengertian, Prinsip Kerja Dan Diagram Saklar Staircase"