Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Simbol Dan Jenis Kotak Kontak Berdasarkan PUIL 2000

Listrik dulunya hanya dianggap sebagai kebutuhan sekunder namun dewasa ini sudah banyak orang yang menganggap bahwa listrik adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Di daerah perkotaan listrik digunakan sebagai sumber energi untuk menyalakan peranti-peranti elektronik seperti komputer, wifi, hp, kendaraan dan sebagainya. Sedangkan di daerah perumahan listrik digunakan untuk kebutuhan penerangan dan untuk menyalakan alat elektronik seperti TV, kulkas dll.

Begitu pentingnya listrik dalam menunjang kegiatan manusia, maka pasokan listrik harus selalu tersedia dan berkelanjutan (tidak sering mengalami pemadaman). Maka dari itu PLN sebagai perusahaan listrik negara dan sebagai perusaahn listrik terbesar di Indonesia harus menjamin ketersediaan dan keberlangsungan listrik ke konsumen.

Hal yang penting selanjutnya adalah mengenai instalasi yang terpasang pada sebuah bangunan. Pihak yang berperan penting dalam pemasangan instalasi listrik adalah seorang instalatir (pemasang instalasi) yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang kelistrikan. Mulai dari pemilihan komponen, pemasangan sampai perawatan (maintenance). 

Instalasi listrik pada sebuah bangunan dibagi menjadi dua, yaitu instalasi penerangan dan instlasi tenaga. Untuk instalasi penerangan itu seperti pemasangan lampu yang tepat pada suatu ruangan. Sedangkan untuk instalasi tenaga seperti pemasangan stop kontak atau kotak kontak yang akan memuat beban AC, kipas angin, kulkas, tv dan sebagainya.

Berbicara tentang instalasi tenaga khususnya pada pemasangan stop kontak, sebab kotak kontak memiliki macam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan si pemakain. Oleh karena itu seorang instlatir harus mengetahui simbol-simbol dan jenis stop kontak / kotak kontak sesuai dan berdasarkan PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) 2000 sebelum melakukan pemasangan stop kontak. Berikut ini merupakan simbol-simbol dan jenis kotak kontak / stop kontak yang diatur di dalam PUIL 2000.

1. Simbol Kotak Kontak (Biasa)

simbol dan jenis stop kontak

2. Simbol Kotak Kontak Ganda

simbol dan jenis stop kontak


3. Simbol Kotak Kontak Dengan Kontak Pengaman



4. Simbol Kotak Kontak Bertutup

simbol dan jenis stop kontak


5. Simbol Kotak Kontak Dengan Saklar Tunggal

simbol dan jenis stop kontak


6. Simbol Kotak Kontak Dengan Saklar Interlok

simbol dan jenis stop kontak


7. Simbol Kotak Kontak Dengan Transfromator Terpisah

simbol dan jenis stop kontak


8. Simbol Kotak Kontak Untuk Peranti Elektronik

simbol dan jenis stop kontak

Secara Umum Simbol Kotak Kontak seusai PUIL 2000 ( Halaman 472 - 473) Sebagai Berikut :

simbol dan jenis stop kontak
simbol dan jenis stop kontak

Baca Juga : Simbol - Simbol Kelistrikan Berdasarkan PUIL 2000

Jadi itulah simbol dan jenis kotak kontak / stop kontak seusai dan berdasarkan PUIL 2000. Apakah kamu baru mengetahui bahwa kotak kontak memiliki macam jenis? Apabila kamu punya pertanyaan atau masukan silahkan komen di bawah yah. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Simbol Dan Jenis Kotak Kontak Berdasarkan PUIL 2000"