Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengetian, Simbol, Konstruksi dan Cara Kerja Limit Switch

Dalam suatu instalasi terdapat beberapa komonen yang digunakan, seperti kabel, beban, saklar, alat proteksi dll. Berbicara tentang saklar pada suatu instalasi baik itu instalasi tenaga atau penerangan maka terdapat berbagai jenisnya. Jenis-jenis saklar antara lain saklar tunggal, tukar, seri, silang, impuls, staircase, limit switch dan masih banyak lagi.

Penggunaan limit switch dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari contohnya saja pada kulkas, ketika pintu kulkas dibuka maka lampunya akan menyala namun ketika pintu kulkas ditutup maka lampunya akan mati (padam). Adanya limit switch pada kulkas berperan penting dalam mematikan atau menyalakan lampu.

cara kerja limit switch

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang “pengertian limit switch, simbol limit switch, konstruksi limit switch, prinsip dan cara kerja limit switch dan contoh pemasangan limit switch.

Apa Itu Limit Switch?

Limit switch merupakan salah satu jenis saklar yang dilengkapi dengan katup yang berfungsi sebagai pengganti tombol. Suatu limit switch memiliki katub / tombol yang ketika tertekan maka akan berfungsi untuk memutuskan / menghubungkan arus listrik.


Bagaimana Prinsip Kerja Limit Switch?

Ada dua jenis limit switch, yaitu limit switch NO (Normally Open) dan limit switch NC (Normally Closed). 

Prinsip kerja limit switch NO adalah saklar akan menghubungkan arus listrik ketika katup / tombolnya tertekan pada batas penekanan tertentu yang telah ditentukan dan akan memutuskan arus listrik ketika katup / tombolnya terlepas dari tekanan (tidak tertekan lagi).

Prinsip kerja limit switch NC adalah saklar akan memutuskan arus listrik ketika katup / tombolnya tertekan pada batas penekanan tertentu yang telah ditentukan dan akan menghubungkan arus listrik ketika katup / tombolnya terlepas dari tekanan (tidak tertekan lagi).


Simbol Limit Switch


Konstruksi Limit Switch

bagian-bagian limit switch

simbol limit switch

Berikut ini merupakan gambar konstruksi dan simbol pengawatan dari limit 

1. Ada COM sebagai input phasa untuk limit swtch. 

2. Ada keluaran NC yang ketika tidak ada tekanan pada katup maka phasa langsung menuju ke keluaran NC (arus listrik terhubung), namun ketika ada tekanan ke katup maka limit switch akan memutus.

3. Ada keluaran NO yang ketika tidak ada tekanan pada katup maka phasa terputus menuju keluaran NC (arus listrik terputus), namun ketika ada tekanan ke katup maka limit switch terhubung.  


Contoh Pemasangan (Penggunaan) Limit Switch

contoh pemasangan limit switch

Penjelasan :

Ketika pintu terbuka maka akan menekan katub limit switch NO sehingga membuat arus listrik dari phasa terhubung ke beban (lampu). 


Jadi itulah materi tentang “pengertian limit switch, simbol limit switch, konstruksi limit switch, prinsip dan cara kerja limit switch dan contoh pemasangan limit switch. Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan teman-teman sekalian, sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Pengetian, Simbol, Konstruksi dan Cara Kerja Limit Switch"