Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Instalasi Listrik Di Rumah Disusun Secara Paralel

Instalasi Listrik (lampu) Di Rumah-Rumah Disusun Secara Pararel Tujuannya Adalah untuk memudahkan orang dalam mematikan satu perangkat listrik (barang elektronik) saja. Dalam artian ketika instalasi listrik dipasang paralel maka masing-masing barang elektronik (misalnya lampu) memiliki aliran listriknya tersendiri dan dapat dioperasikan dengan saklarnya.

Sehingga tujuan sebenarnya adalah untuk membagi 1 aliran listrik utama menjadi beberapa aliran listrik agar dapat digunakan ke masing-masing perangkat elektronik.

Jadi apabila kalian mengoperasikan saklar pada suatu instalasi maka yang akan berpengaruh hanya satu benda elektronik saja. Berbeda halnya apabila instalsi listrik di rumah kalian disusun secara seri maka satu saklar mempengaruhi semua benda elektronik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami ilustrasikan dengan menggunakan gambar instalsi yang disusun paralel dan disusun seri agar memudahkan kalian dalam memahaminya.

Instalasi Paralel

Instalasi Listrik (lampu) Di Rumah-Rumah Disusun Secara Pararel Tujuannya

Dari gambar terlihat sebuah instalasi dengan 3 buah saklar dan 3 buah lampu yang disusun paralel. Masing-masing saklar tersebut mengendalikan 1 buah lampu dan bersumber dari 1 aliran listrik utama (Sumber Listrik). Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam mengoperasikan satu buah lampu saja. 

Kalian bisa mematikan lampu satu dengan menggunakan saklar 1 dan begitu pun dengan lampu-lampu lainnya. Sehingga dengan kata lain aliran listrik utama (sumber listrik) dibagi / dipecah menjadi beberapa bagian untuk masing-masing lampu (benda elektronik).


Instalasi Seri

Instalasi Listrik (lampu) Di Rumah-Rumah Disusun Secara Pararel Tujuannya

Dari gambar terlihat sebuah instalasi yang disusun seri dengan 1 buah saklar disertai 3 buah lampu. Instalsi yang disusun seri ini hanya memiliki satu buah saklar sehingga untuk mengoperasikan ketiga lampu cukup menggunakan satu saklar saja. 

Namun instalasi listrik susun seri ini tidak bisa mengoperasikan satu buah lampu saja melainkan kedua lampu lainnya juga akan berperngaruh.

Namun jika kalian bertanya / berspekulasi “Kan tinggal ditambahkan saklar saja untuk masing-masing lampu”. Baik, untuk menjawab tanggapan kalian itu, kami akan memberikan ilustrasi dalam bentuk gambarnya juga berikut ini.

Instalasi Listrik (lampu) Di Rumah-Rumah Disusun Secara Pararel Tujuannya

Dari gambar terlihat sebuah instalasi yang disusun seri dengan 3 buah saklar beserta lampunya masing-masing. Instalsi ini akan memberikan beberapa kondisi :

Kondisi 1 : Apabila saklar 3 ditekan maka lampu 3 akan beroperasi.

Kondisi 2 : Apabila Saklar 2 ditekan maka lampu 2 beroperasi namun saklar 3 tidak berfungsi apabila saklar 2 off. Hal tersebut dikarenakan saklar 2 memutus aliran listrik ke saklar 3 dan lampu 3.

Kondisi 3 : Apabila Saklar 1 ditekan maka lampu 1 beroperasi namun saklar 2 dan 3 tidak berfungsi apabila saklar 1 off. Hal tersebut dikarenakan saklar 1 memutus aliran listrik ke saklar 2,3 dan lampu 2,3.

Dari ketiga kondisi tersebut dipenaruhi oleh satu aliran listrik saja sehingga apabila aliran listrik di depannya terputus maka perangkat listrik di belakangnya juga akan terputus.


Kesimpulan :

1. Instalasi Listrik Di Rumah Rumah Disusun Secara Pararel Tujuannya Adalah untuk membagi beberapa aliran listrik ke masing-masing barang elektronik.

2. Instalasi Listrik Paralel adalah suatu instalasi yang mebagi satu aliran listrik utama menjadi beberapa bagian untuk diteruskan ke masing-masing peralatan listrik.

3. Instalasi Listrik Seri Adalah suatu instalasi dengan menggunakan satu aliran listrik utama saja dan aliaran listrik tersebut mengendalikan semua komponen listrik yang terhubung.


Jadi itulah penjelasan mengenai Tujuan instalasi listrik (lampu) di rumah disusun secara paralel, penjelasan mengenai instalasi listrik paralel dan seri. Semoga apa yang telah kami bagikan dapat menambah ilmu dan wawasan kalian, sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Tujuan Instalasi Listrik Di Rumah Disusun Secara Paralel"