Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Kode Informasi Pada Name Plate Dan Cara Membacanya

Cara baca simbol pada namplate. Bagaimana cara membaca nameplate? Apa saja simbol pada nameplate? Penjelasan simbol yang ada pada nameplate? Keterangan tulisan pada nameplate. Cara membaca keterangan pada nameplate. Cara membaca keterangan pada name plate motor atau generator. Informasi apa saja yang tercetak pada name plate mesin listrik?

Motor listrik merupakan salah satu alat yang sering digunakan pada suatu industri. Ada banyak jenis motor listrik yang dapat dijumpai di suatu pabrik ataupun industri yang tentu saja berskala besar, seperti conveyor, blower, milling, elevator dll. 

Selain motor dengan tenaga besar tersebut, nyatanya ada juga motor listrik yang berskala kecil. Motor listrik tersebut dapat dijumpai pada peralatan elektronik misalnya, pada kipas angin, blender, pompa air, dll.  

Cara Membaca Name Plate Motor Listrik

Begitu pentingnya motor listrik maka para produsen membuat berbagai macam jenis motor listrik yang dibedakan berdasarkan ukuran, kegunaan, pemakaian daya / tegangan / arus, kecepatan, frekuensi dll. 

Oleh karena itu masing-masing motor listrik memiliki spesifikasi tersendiri. Spesifikasi motor listrik biasanya tertulis pada bagian body yang biasa disebut name plate.


Pengertian Name Plate

Name plate motor listrik merupakan informasi mengenai spesifikasi dari sautu motor listrik sehingga memudahkan konsumen dalam mengidentifikasinya. Informasi pada name plate motor listrik memuat kode-kode atau singkatan tidak semua orang tahu informasi tersebut. 

Nah berikut ini kami akan membagikan bagaimana cara membaca informasi pada name plate motor listrik beserta penjelasan dan keterangannya.


Simbol / Kode Pada Name Plate

informasi yang tercetak pada name plate mesin listrik

Dari contoh gambar name plate di atas akan dijelaskan masing-masing simbol beserta dengan cara membacanya dan penjelasan lengkapnya.

3-PHASE INDUCTION MOTOR

Tulisan “3-PHASE INDUCTION MOTOR” yang berada pada bagian atas name plate menginformasikan bahwa motor listrik tersebut merupakan motor listrik induksi yang menggunakan listrik 3 phasa.

CODE

Tulisan “CODE” menginformasikan tentang tipe atau model dari motor listrik tersebut, yakni bertipe ZENNSS

4 POLE

Tulisan “4 POLE” pada name plate menginformasikan tentang gulungan motor listrik tersebut memiliki empat (4) kutub (Pole).

15 HP

Tulisan “20 HP” pada name plate menginformasikan tentang daya yang dikomsumsi / dipakai oleh motor listrik tersebut sebesar 20 HP. Satuan daya HP adalah (Horse Power) atau biasa disebut dengan power kuda (PK).

15 KW

Sama dengan keterangan sebelumnya bahwa Tulisan “15 KW” menginformasikan tentang daya yang dikomsumsi / dipakai oleh motor listrik tersebut sebesar 15 KW, namun dalam satun KW (Kilo Watt).

50 HZ

Tulisan “50 HZ” name plate menginfromasikan tentang besaran frekuensi yang digunakan pada motor listrik tersebut.

1500 RPM

Tulisan “1500 RPM” pada name plate menginformasikan tentang kecepatan putaran motor dalam dalam satu menit (RPM atau Radian Per Minute). Sehingga motor listrik tersebut memiliki kecepatan putaran sebesar 1500 RPM.

INS. CLASS H

Tulisan “INS. CLASS H” pada name plate menginformasikan tentang kelas isolasi (Insulation Class) pada motor listrik, yaitu kelas H. Kelas isolasi H menandakan motor listrik mampu bekerja pada suhu maksimum 180 derajat celcius. Untuk lebih jelasnya bisa lihat penjelasn Class Insulation Ini.

AMB. 40o C

Tulisan “AMB. 40o C” pada name plate menginformasikan tentang suhu ruangan yang diperbolehkan untuk dijadikan tempat motor listrik dipasang, yaitu sebesar 40o C. AMB. Merupakan singkatan dari Ambient atau suhu ruangan yang diperbolehkan untuk motor listrik.

CONT. RATING

Tulisan “CONT RATING” pada name plate menginformasikan tentang motor listrik yang dapat dioperasikan terus menerus (Countinuous Rating) dengan sayarat seluruh parameter yang ada pada name plate telah terpenuhi.

BRG 7671ZZ  7670ZZ

Tulisan  “BRG 7671ZZ  7670ZZ” pada name plate menginformasikan tentang nomor atau tipe bearing yang digunakan sebagai bantalan shaft motor listrik. Pada motor listrik tersebut menggunakan bearing tipe 7671ZZ untuk bantalan shaft depan dan menggunakan bearing tipe 7670ZZ untuk bantalasn shaft belakang.  

SER. NO 987654

Tulisan “SER. NO 987654” menginfromasikan tentang serial number dari motor listrik tersebut yang dikeluarkan dari pabrikannya.

IP 54

Tulisan “IP 54” menginfrormasikan tentang Ingress Protection atau tingkat perlindungan dari motor listrik tersebut. Kode angka pertama merupakan perlindungan dari benda padat dan kode angka kedua merupakan perlindungan dari benda cair. 

Sehingga arti IP name plate adalah Kode angka pertama, yaitu 5 berarti memiliki perlindungan dari masuknya debu dan kontak langsung. Sedangkan kode angka kedua, yaitu 4 memiliki perlindungan terhadap percikan airyang datang dari segala arah.

Lambang BINTANG (Star)

Lambang “BINTANG (seperti Y terbalik)”pada name plate menginformasikan tentang motor listrik yang dapat dioperasikan dengan sambungan bintang (star)

Lambang SEGITIGA (Delta)

Lambang “SEGITIGA” pada name plate menginformasikan tentang motor listrik yang juga dapat dioperasikan dengan sambungan segiiga (delta).

Catatan :

Apabila pada name plate terdapat lambang bintang dan segitiga maka motor listrik tersebut dapat dioperasikan dengan sambungan segitiga atau delta bahkan bisa juga dengan sambungan segitiga-bintang. Sedangkan apabila hanya terdapat satu lambang saja misal bintang maka motor listrik tersebut hanya bisa menggunakan sambungn bintang.

220 - 240 V

Tulisan “220 – 240 V” berkaitan dengan lambang yang ada diatasnya, yaitu BINTANG yang berarti tegangan yang mengalir melalui gulungan motor listrik ketika menggunakn sambungan BINTANG. Toleransi (naik atau turunnya) tegangan sebesar 10 % ( 220 – 240 V).

380 - 415 V

Tulisan “380 - 415 V” berkaitan dengan lambang yang ada diatasnya, yaitu DELTA yang berarti tegangan yang mengalir melalui gulungan motor listrik ketika menggunakn sambungan DELTA. Toleransi (naik atau turunnya) tegangan sebesar 10 % (380 - 415 V).

Rangkaian STAR dan DELTA

Pada name plate terdapat rangkaian dari star dan delta. Rangkaian STAR tepat berada pada di bawah lambang STAR sedangkan Rangkaian BINTANG tepat berada pada di bawah lambang BINTANG.

WT. 75 KG

Tulisan “WT. 75 KG” pada name plate menginformasikan tentang berat atau bobot dari motor listrik tersebut, yaitu 75 kg.


Jadi itulah materi mengenai cara membaca simbol / kode / keterangan pada name palet mesin listrik. Dan juga sudah dijelaskan informasi apa saja yang tercetak pada name plate mesin listrik. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "19 Kode Informasi Pada Name Plate Dan Cara Membacanya"