Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

16 Jenis Gardu Induk Beserta Penjelasannya

Di dalam artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian gardu induk, macam macam atau jenis jenis gardu induk. Untuk lebih jelasnya silahkan simak materi berikut ini.

Apa Itu Gardu Induk

Gardu Induk (GI) adalah suatu sistem kelistrikan yang berfungsi untuk melakuakan pengendalian dan proteksi sistem tenaga listrik. Gardu Induk pada umumnya digunakan untuk menaikkan tegangan listrik sebelum ditransmisikan.

Selain itu GI juga digunakan untuk menurunkan tegangan tinggi dari transmisi menjadi tegangan menengah untuk distribusi (20 kVatau 11 kV).

Jenis Jenis Gardu Induk

macam macam gardu induk

Secara umum gardu induk (GI) dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu

  1. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Level tegangannya
  2. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Pemasangan Perlatan
  3. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Fungsinya
  4. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Isolasi Yang Digunakan
  5. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Berdasarkan Rel (Busbar)

Masing masing klasifikasi gardu induk di atas terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Nah berikut ini kami akan jelaskan macam macam atau jenis jenis Gardu Induk.

1. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Level tegangannya

Berdasarkan level tegangannya, Gerdu induk terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut

Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET), yang berfungsi untuk mentransformasikan energi listrik dengan rating tegangan 275 kV dan 500 kV.

Gardu Induk Tegangan Tinggi (GI), yang berfungsi untuk mentransformasikan energi listrik dengan rating tegangan 150 kV dan 70 kV.


2. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Pemasangan Perlatan

Selanjutnya, berdasarkan pemasangan peralatan, Gardu induk terbagi menjadi  lima jenis, yaitu sebagai berikut.

Gardu Induk Pasangan Dalam

Gardu induk pasangan dalam adalah jenis gardu induk yang hampir semua komponennya berada dan dipasang di dalam ruangan. Beberapa komponen yang terpasang di dalam adalah isolator, switchgear, kubikel, alat pengendali, dll.

Namun  ada juga beberapa komponen yang terpasang di dalam seperti transfromator daya. Jenis gardu induk ini biasa disebut sebagai Gas Insulated Substation (GIS).

Gardu Induk Pasangan Luar

Gardu induk pasangan luar merupakan jenis gardu induk yang komponennya diletakkan dan dipasang di luar ruangan (outdoor). Beberapa komponennya yang terpasang di luar adalah busbar, isolator dll. 

Sedangkan komponen yang terpasang di dalam hanya komponen pengendali, sistem proteksi dan beberapa komponen bantu lainnya. Jenis gardu induk ini biasa disebut dengan gardu induk konvensional dan di Indonesia kebanyakan menggunakan jenis gardu induk ini.

Gardu Induk Kombinasi Pasang Dalam Dan Pasang Luar

Jenis gardu induk ini memiliki peralatan tegangan tinggi yang sebagian terpasang di dalam dan sebagian terpasang di luar, seperti komponen switchgear. Beberapa komponen yang terpasang di luar seperti transformator daya, saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dll.

Gardu Induk jenis pasang bawah Tanah

Jenis gardu induk ini memiliki komponen dan peralatan yang dipasang di ruangan bawah tanah. Untuk sistem pendinginnya diletakkan di atas tanah. Jenis gardu induk ini biasnya ada di suatu pusat kota padat penduduk yang minim lahan.

Gardu Induk jenis Mobil

Jenis gardu induk ini bisa dikatakan sebagai gardu induk sementara yang digunakan untuk backup gardu induk lain yang mengalami masalah. Selain itu GI ini biasa digunakan untuk keperluan pembangunan suatu sistem tenaga listrik. Sehingga gardu induk ini tidak dapat dijadikan GI utama. 


3. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Fungsinya

Berdarakna fungsinya, gardu induk dibagi menjadi tiga jenis yaitu sebagai berikut.

Gardu Induk Step Up

Jenis gardu induk ini berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik yang dihasilkan oleh pembangkit pada rating tegangan tertentu. Gardu induk ini berada dekat di lokasi pembangkit.

Perlu diketahui bahwa tegangan listrik yang dihasilakan oleh pembangkit tidak begitu besar dan apabila langsung ditransmisikan tanpa dinaikkan tegangannya terlebih dahulu maka akan terjadi rugi rugi daya saat proses transmisi.

Oleh karena itu Gardu step up ini berguna untuk menaikkan tegangan listrik sebelum ditransmisikan.

Gardu Induk Step Down

Jenis gardu induk ini berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik yang telah ditransmisikan ke nilai tegangan tertentu. Nilai tagangan yang biasa ditransformasikan adalah 20 kV atau 11 kV yang merupakan tegangan menengah untuk sistem distribusi.

Lokasi gardu induk ini biasanya jauh dari pusat pembangkit dan hanya digunakan untuk menurunkan tegangan ke nilai tegangan menengah untuk keperluan distribusi listrik.

Gardu Induk Pengatur Tegangan

Jenis gardu induk ini biasanya berada jauh dari pusat pembangkit tenaga listrik dan berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik yang mengalami voltage drop (jatuh tegangan). Di dalam sistem GI ini terdapat kapasitor bank yang berguna untuk mengatur faktor daya dan memperbaiki tegangan.


4. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Isolasi Yang Digunakan

Jenis gardu induk yang selanjutnya adalah berdasarkan isolasi yang digunakan dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

Gardu Induk Isolasi Udara

Jenis gardu induk ini menggunakan media udara sebagai isolasi antara satu bagian yang bertegangan dengan bagian lain yang bertegangan juga. Karena menggunakan media udara maka gardu induk ini ditempatkan di luar ruangan. Jenis gardu induk ini adalah tipe konvensional.

Gardu Induk Isolasi Gas SF6

GI jenis ini menggunakan media gas SF6 sebagai isolasi antara bagian yang bertengan dengan bagian yang bertegangan dan juga antara bagian bertegangan dengan yang tidak bertegangan.

Jenis GI ini biasa disebut sebagai Gas Insulated Substation atau Gas Insulated Switchgear. GI ini tidak memerlukan tempat yang begitu luas sehingga ditempatkan di dalam ruangan.


5. Jenis Gardu Induk Berdasarkan Berdasarkan Rel (Busbar)

Berdarakan Rel atau busabarnya maka Gardu Induk dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut.

Gardu Induk Sistem Rel Busbar

Gardu induk ini memiliki busbar yang terhubung satu dengan lainnya dan berbentuk seperti cincin.

Gardu Induk Sistem Single Busbar

sistem single busbar
Gambar Diagram Sistem single Busbar Gardu Induk

Gardu induk ini memiliki satu busbar saja dan umumnya berada pada ujung (akhir) sistem transmisi. Gambar di atas memperlihatkan bagaiman single line diagram gardu induk degan single busbar.

Gardu Induk Sistem Double Busbar

sistem double busbar
Gambar Diagram Sistem Doubel Busbar Gardu Induk

Jenis Gardu Induk ini memiliki dua rel (busbar) sehingga efektif dalam mencegah terjadinya pemadaman saat ada gangguan. Sistem double busbar ini mampu membackup pasokan listrik meskipun saat perubahan sistem (manuver sistem) atau ada bagian sistem yang lain mengalami gangguan.

Gardu Induk Satu Setengah (One Half) Busbar

sistem one half busbar
Gambar Diagram Sistem One Half Busbar Gardu Induk

Jenis sistem distribusi ini memiliki dua busbar dan umumnya dipasang di dekat lokasi pembangkit atau pada gardu induk dengan kapasitas besar.

Gardu induk ini dapat mengurangi resiko pemadanman ketika dilakukan perubahan sistem (manuver system). Sistem GI ini menggunakan 3 buah PMT (Pemutus Tenaga) dalam satu diagonal yang terhubung secara seri.


Baca Juga : 12 Komponen Gardu Induk Beserta Fungsinya

Jadi itulah materi mengenai jenis jenis gardu induk dan macam macam gardu induk. Semoga materi yang telah kami bagikan dapat bermanfaat bagi anda sekalian, sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "16 Jenis Gardu Induk Beserta Penjelasannya"