Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

12 Komponen Dan Peralatan Gardu Induk Beserta Fungsinya

Salah satu sistem penyaluran tenaga listrik adalah gardu induk atau disingkat dengan GI. Gardu Induk merupakan sistem penyaluran tenaga listrik yang berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik sebelum ditransmisikan, menurunkan tegangan listrik sebelum didistribusikan dan melindungi sistem kelistrikan ketika terjadi gangguan (khusunya di GI itu sendiri).

Suatu gardu induk terdiri dari berbagai macam peralatan, ada yang berfungsis sebagai proteksi, sebagai transformator, penghubung dll. Beberapa perlatan atau komponen yang ada di gardu induk adalah, transformator (daya, arus, tegangan dana Auxilliary), CB, DS, LA, rele proteksi, busbar, NGR, kompensator dll.

Komponen Komponen / Peralatan Gardu Induk

peralatan gardu induk dan fungsinya

Di dalam artikel ini kami akan membahas mengenai komponen gardu induk beserta fungsinya, bagian bagian, gardu induk beserta fungsinya, peralatan gardu induk beserta fungsinya, alat proteksi gardu induk, transformator gardu induk.

1. Transformator Daya

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya
Source Image : materiselamasekolah.wordpress

Transformator daya merupakan komponen gardu induk yang berfungsi untuk mentransformasikan energi listrik khususnya tegangan listrik. Ada dua macam transformator di Gardu Induk, yaitu transformator step up dan step down. Transformator daya hanya mengubah nilai tegangan listrik dan tidak mengubah nilai frekuensi.

Transformator step up terpasang pada gardu induk dekat pembangkit yang berfungsi untuk menaikkan tegangan sebelum ditransmisikan. Sedangkan transformator step down terpasang pada gardu induk jauh dari sistem pembangkit yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik yang telah ditransmisikan menjadi 20 kV.

Sebuah transformator daya yang terpasang pada switchyard GI dilengkapi dengan transformator pentanahan atau disebut Neutral Current Transformer (NCT). NCT berfungsi untuk mendapatkan titik netral dari transformator daya.

Selain itu, transformator daya dilengkapi dengan Neutral Grounding Resistance (NGR) yang berfungsi sebagai pentanahan transformator.


2. Current Transformer (CT)

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya

Current transformer (CT) atau transformator arus merupakan komponen yang ada pada gardu induk yang berfungsi untuk menurunkan nilai arus dari sistem menjadi arus pengukuran untuk relay proteksi.

Apabila relay proteksi membaca nilai arus yang tidak normal (melewati arus nominalnya) maka relay memerintahkan CB untuk melakukan pemutusan. Setelah relay proteksi membaca arus yang kembali normal maka relay akan memerintahkan CB untuk melakuakn penghubungan.


3. Potential Transformer (PT)

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya

Potential transformer (PT) atau transformator tegangan merupakan komponen yang ada pada gardu induk yang berfungsi untuk menurunkan nilai tegangan dari sistem menjadi tegangan pengukuran untuk relay proteksi.

Apabila relay proteksi membaca nilai tegangan yang tidak normal (melewati tegangan nominalnya) maka relay memerintahkan CB untuk melakukan pemutusan. Setelah relay proteksi membaca tegangan yang kembali normal maka relay akan memerintahkan CB untuk melakuakn penghubungan.


4. Transformator Bantu (Auxilliary Transformator)

Transformator bantu digunakan untuk melayani pengoperasian keseluruhan yang ada pada gardu induk. Transformator bantu ini menjadi pasokan daya utama untuk melayani beberapa peralatan yang ada di gardu induk.

Contoh peralatan yang dimaksud adalah motor 3 phasa yang berfungsi sebagai motor pompa sirkulasi minyak trafo beserta motor motor kipas pendingin. Juga sebagai pemasok daya utama (pengecasan) catu daya (power supply) yang digunakan sebagai sumber tenaga dari sistem proteksi.


5. Neutral Grounding Resistance (NGR)

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya
Source Image : Alibaba

Neutral Current Transformer atau NGR adalah salah satu komponen GI berupa tahanan yang dipasang serial dengan netral sekunder transformator sebelum terhubung ke tanah. NGR berfungsi untuk mengurangi / memperkecil arus gangguan yang mengalir ke tanah.


6. Circuit Breaker (CB) atau Saklar Pemutus Tenaga (PMT)

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya

Circuit Breaker atau CB pada gardu induk juga disebut dengan saklar pemutus tenaga (PMT) yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan rangkaian listrik baik dalam keadaan normal atau ketika terjadi gangguan.

Ketika memutus atau menghubungkan rangkaian listrik, operasi PMT akan menimbulkan busur api sehingga alat ini harus dilengkapi dengan pemadam busur api. 

Berdasarkan medianya, pemadam busur api untuk PMT adalah minyak (Oil Circuit Breaker), udara (Air Circuit Breaker), ruang hampa (Vacum Circuit Breaker) dan gas SF6 (Sulfur Circuit Breaker).


7. Disconnecting Switch (DS) Atau Saklar Pemisah  (PMS)

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya
Source Image : Alibaba

Disconnecting Switch (DS) pada gardu induk biasa disebut dengan saklar pemisah yang berfungsi untuk memisahkan perangkat listrik yang mengalami gangguan dengan yang tidak mengalami gangguan.

Dengan kata lain PMS berfungsi mengisolasi bagian sistem yang mengalami gangguan agar tidak menyebar ke sistem yang normal. PMS hanya boleh dioperasikan untuk memutus dan menghubungkan rangkaian ketika dalam keadaan tidak berbeban.


8. Rele Proteksi

Rele atau relay proteksi merupakan komponen gardu induk yang berfungsi untuk memerintahkan CB melakukan pemutusan atau penghubungan rangkaian. Rele proteksi akan memerintahkan CB untuk memutus rangkaian ketika nilai arus atau tegangan yang terbaca tidak normal (melewati nominal).

Rele proteksi akan memerintahkan CB untuk menghubungkan rangkaian ketika nilai arus atau tegangan yang terbaca sudah normal kembali.

Nilai arus dan tegangan yang dibaca oleh relay proteksi berasal dari keluaran sekunder transformator arus (CT) dan transformator tegangan (PT).


9. Papan Alarm (Announciator)

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya
Source Image : Bukalapak

Papan alarm atau Announciator merupakan keterangan yang berisi sederetan jenis-jenis gangguan lengkap dengan lampu dan suara sirine ketika terjadi gangguan pada sistem. Dengan adanya papan alarm ini, memudahkan petugas dalam mengetahui jenis gangguan yang terjadi beserta dengan rele proteksi yang bekerja.


10. Lightning Arrester (LA)

komponen peralatan gardu induk dan fungsinya
Source Image : Pengadaan.web.id

Lightning Arrester atau LA merupakan bagian gardu induk yang berfungsi sabagai proteksi terhadap lonjakan tegangan (tegangan lebih) akibat adanya sambaran petir (ligthning Surge) maupun oleh surja hubung (switching surge).

Tegangan lebih yang diterima lightning arrester diteruskan (diamankan) menuju ke sistem pentanahan (grounding).


11. Kompensator

Kompensator merupakan perlatan di gardu induk yang berfungsi untuk mengatur jatuh tegangan (drop voltage) pada saluran transmisi atau pada transformator dengan cara mengatur daya reaktifnya.

Selain itu, dengan mengatur daya reaktifnya dapat digunakan sebagai alat untuk memperbaiki faktor daya dan menurunkan rugi-rugi daya.

Kompensator pada Gardu Induk terbagi dua macam, ada yang berputar dan ada yang diam. Kompensator yang berputar adalah kondensator sinkron dan kondensator asinkron, sedangkan yang diam adalah kondensator statis atau kapasitor shunt dan reaktor shunt.


12. Rel (Busbar)

Rel busbar pada gardu induk berfungsi sebagai titik hubung (connecting) dari beberapa perlatan gardu induk seperti transformator daya, saluran udara tegangan tinggi (SUTT), saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) dll.

Suatu rel atau busbar di gardu induk terdiri dari beberapa komponen diantaranya

  1. Penghantar : AAAC (All Aluminium Alloy Conductor),  BC (Bare Conductor)
  2. Insulator
  3. Insulator String 
  4. Tension Clamp
  5. Suspension Clamp
  6. Socket Eye
  7. Anchor Sackle
  8. Spacer


Baca Juga : Komponen Jaringan Tegangan Menengah Dan Fungsinya

Jadi itulah materi mengenai gardu induk, mulai dari komponen gardu induk, komponen yang ada pada switchyard gardu induk, fungsi komponen gardu induk, alat proteksi gardu induk, transformator yang ada pada gardu induk.

Sekian dulu pembahasan mengenai gardu induk. Semoga apa yang telah kami bagikan dapat bermanfaat bagi kalian, sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "12 Komponen Dan Peralatan Gardu Induk Beserta Fungsinya "