Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

17 Pertanyaan Dan Jawaban Seputar PLTA

Begitu pentingnya energi listrik bagi kehidupan manusia membuat banyak perusahaan yang serius dalam menggarap proyek pembangkit listrik. Saat ini dunia telah memprioritaskan pembangkit listrik energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu pembangkit listrik energi terbarukan adalah PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). PLTA termasuk jenis pembangkit yang sangat cocok untuk Indonesia sebab potensi air yang dimiliki negara kita tercinta ini sangat besar.

Pertanyaan Jawaban Seputar Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

plta

Membahas soal PLTA, ternyata banyak beberapa diantara kita yang masih bertanya-tanya mengenai pembangkit satu ini. Oleh karena itu kami akan menyediakan pertanyaan beserta jawabannya terkait dengan PLTA.

Nah Berikut ini merupakan pertanyaan dan jawaban mengenai pembangkit listrik spesifik lagi mengenai pembagkit listrik tenaga air.

1. Pembangkit Listrik Tenaga air disingkat menjadi...

Jawaban :

Pembangkit Listrik Tenaga air dapat disingkat menjadi PLTA


2. Pembangkit listrik dengan skala kecil yang menggunakan tenaga air disebut pembangkit listrik

Jawaban : 

Pembangkit listrik tenaga air skala kecil disebut sebagai pembangkit listrik mikrohidro (PLTMH)


3. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik

Jawaban : 

Sumber daya alam yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik dibagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam energi terbarukan (tidak akan habis), seperti air, angin, sinar matahari, panas bumi, arus laut, gas alam. Sedangkan satunya adalah sumber daya alam yang dapat habis seperti batu bara dan minyak bumi.


4. Apa saja sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik

Jawaban : 

Sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dibagi menjadi sumber daya alam dan sumber daya buatan. Contoh sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik adalah air, sinar matahari, panas bumi, angin, gas alam, batu bara minyak bumi.

Sedangkat contoh sumber daya buatan yang dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik adalah energi yang dimanfaatkan manusia seperti gas metana yang dikelola agar dapat diubah menjadi energi listrik.


5. Pembangkit listrik tenaga air biasanya dibangun di daerah mana?

Jawaban : 

Pembangkit listrik tenaga air biasa dibangun di daerah yang memiliki potensi air yang besar dan tetap masih ada meskipun saat musim kemarau. Untuk pembangkit listrik tenaga air skala besar biasa dibangun sebuah bendungan agar dapat mengontrol debit air yang menggerakkan turbin pembangkit.

Sedangkan untuk pembangkit listrik tenaga air skala kecil, seperti mikro hidro biasa dibangun pada sungai-sungai kecil dengan arus yang deras.


6. Hak yang didapatkan penduduk yang tinggal di sekitar pembangkit listrik tenaga air plta adalah

Jawaban : 

Hak yang didapatkan penduduk yang tinggal di sekitar pembangkit listrik tenaga air plta adalah mendapatkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air. Catatan bahwa tidak semua perusahaan PLTA bersedia melakukan hal tersebut sebab ada kontrak antara masyarakat dengan perusahaan PLTA.

Apabila perusahaan PLTA sepakat dengan kontrak bahwa masyarakat mendapatkan energi listrik gratis maka barulah hak tersebut dapat diambil. Namun masyarakat juga harus menjaga lingkungan yang berada dekat dengan lokasi PLTA.


7. Komponen utama dalam sebuah pembangkit listrik tenaga air adalah berupa

Jawaban : 

Komponen utama pada pembangkit listrik tenaga air adalah generator, turbin / kincir air, pipa pesat (penstock) dan tangki peredam.


8. Sebutkan jenis-jenis pembangkit listrik

Jawaban : 

Setidaknya ada 13 macam jenis pembangkit listrik yang ada di dunia.

a. PLTA (Pembangkit Litrik Tenaga Air)

b. PLTMH (Pembangkit Litrik Mikro Hidro)

c. PLTB (Pembangkit Litrik Tenaga Bayu / Angin)

d. PLTS (Pembangkit Litrik Tenaga Surya)

e. PLTP (Pembangkit Litrik Tenaga Panas Bumi)

f. PLTBM (Pembangkit Litrik Tenaga Bio Massa)

g. PLTO (Pembangkit Litrik Tenaga ombak)

h. PLTSa (Pembangkit Litrik Tenaga Sampah)

i. PLTN (Pembangkit Litrik Tenaga Nuklir)

j. PLTD (Pembangkit Litrik Tenaga Diesel)

k. PLTU (Pembangkit Litrik Tenaga Uap)

l. PLTG (Pembangkit Litrik Tenaga Gas)

m. PLTGU (Pembangkit Litrik Tenaga Gas dan Uap)


9. Apa manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari

Jawaban : 

Manfaat Energi listrik dalam kehidupan sehari hari tentunya sangat banyak namun pada umunya digunakan sebagai sumber daya alat-alat elektronik, seperti meyalakan pompa untuk kebutuhan air, menyalakan tv untuk sumber informasi dan hiburan dan masih banyak manfaat lainnya.


10. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk

Jawaban : 

Proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk melalui 6 tahap, yaitu sebagai berikut

a. Pembangkitan Energi Listrik

Tahap ini merupakan proses dimana listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik.

b. Gardu Induk (GI) Step Up

Lisrik yang dihasilkan dari pembangkit dinaikkan tegangannya terlebih dahulu pada gardu induk. Tujuan tegangan listrik dinaikkan sebelum ditransmisikan adalah untuk mengurangi rugi-rugi daya.

c. Transmisi

Energi listrik yang telah dinaikkan di Gardu Induk selanjutnya disalurkan menggunakan jaringan transmisi dan akan diteruskan ke Gardu Induk yang lain.

d. Gardu Induk (GI) Step Down

Energi listrik yang telah ditransmisikan akan diturunkan tegangannya sebelum dilakukan pendistribusian energi listrik

e. Distribusi Primer

Tegangan dari GI sebesar 20 kV kemudia didistribusikan menggunakan jaringan tegangan menengah (JTM) menuju ke transformator distribusi (distribusi sekunder).

f. Distribusi Sekunder

Tegangan 20 kv dari JTM diturunkan menjadi 380/220 V menggunakan transformator daya yang ada di gardu distribusi. Energi listrik 380/220 V tersebut didistribusikan ke rumah penduduk melalui jaringan tegangan rendah (JTR).


11. Tuliskan proses dihasilkannya energi listrik oleh pembangkit listrik mikrohidro

Jawaban : 

Proses dihasilkannya energi listrik oleh pembangkit listrik mikrohidro dimulai ketika air menggerakkan turbin air. Turbin air yang berputar membuat rotor pada generator juga ikut berputar.

Dengan prinsip elektromagnetik yang tercipta antara rotor dan stator menghasilkan Gaya Gerak Listrik (GGL) sehingga terciptalah energi listrik.


12. Apa fungsi sutet pada sistem transmisi energi listrik

Jawaban : 

SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi) berfungsi untuk menyalurkan (mentransmisikan) energi listrik dari suatu Gardu Induk (GI) ke gardu induk lainnya. Seperti namanya Sutet memiliki tegangan yang sangat tinggi yaitu 500 kV atau 500.000 Volt.


13. Pembangkit litrik tenaga air PLTA dapat berfungsi dengan baik apabila berada pada lokasi perairan yang berarus tujuannya untuk

Jawaban : 

Pembangkit litrik tenaga air PLTA dapat berfungsi dengan baik apabila berada pada lokasi perairan yang berarus tujuannya untuk menggerakkan turbin / kincir air pada pembangkit. Semakin kencang arus maka putaran turbin juga semakin kencang dan membuat energi listrik yang dihasilkan menjadi optimal.


14. Fungsi kincir air pada plta adalah

Jawaban : 

Pada konstruksi PLTA, kincir air dihubungkan dengan rotor generator. Apabila kincir air berputar akibat dorongan air maka rotor generator juga ikut berputar. Sehingga Kincir air pada PLTA berfungsi untuk menggerakkan rotor pada generator.

Apabila rotor berputar maka terjadi Gaya Gerak Listrik pada generator yang membuatnya dapat menghasilkan energi listrik.


15. Bagaimana cara kerja pembangkit listrik tenaga air

Jawaban : 

Cara kerja pembangkit listrik tenaga air adalah mengubah energi kinetik (gerak) menjadi energi listrik. Energi kinetik di dapat dari putaran turbin yang didorong oleh arus air. Sedangkan energi listrik dihasilkan dari generator yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan memanfaatkan prinsip elektromagnetik.


16. Apa saja manfaat PLTA bagi manusia

Jawaban : 

Pembangkit Litrik Tenaga Air (PLTA) memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Menghasilkan Energi Listrik

b. Bendungan pada PLTA dapat dimanfaatkan sebagai penampungan air

c. Bendungan pada PLTA dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memilihara ikan, udang, kepiting dll.


17. PLTA terbesar di dunia dan di Indonesia?

Jawaban : 

PLTA terbesar di dunia adalah Tiga Ngarai yang berlokasi di daerah Ngarai Xilingxia, China. PLTA ini memiliki 32 generator pembangkit listrik dengan 2 generator yang berkapasitas yang lebih kecil. PLTA ini memiliki kemampuan daya sebesar 8.460 Megawatt (MW).

PLTA terbesar di Indonesia adalah PLTA Waduk Cirata yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. PLTA ini memiliki kemampuan daya 1,008 Megawatt (MW) dengan rata rata kemampuan energi listrik 1,428 Giga Watt Hour (GWH) pertahun.


Baca Juga : Bagian Bagian PLTA & Prinsip Kerja PLTA

Jadi itulah 18 pertanyaan dan jawaban seputar pembangkit listrik yang lebih spesifik mengenai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Semoga jawaban yang kami berikan dapat menambah ilmu dan wawasan kalian. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "17 Pertanyaan Dan Jawaban Seputar PLTA"