Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah 7 Perbedaan Motor Listrik Dan Generator

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai perbedaan antara motor listrik dan generator, fungsi motor listrik, fungsi generaror, prinsip kerja generator, prinsip kerja moor listrik.  

Motor listrik dan generator merupakan dua alat kelistrikan yang sangat berguna untuk keperluan industri. Motor listrik digunakan untuk menggerakkan benda-benda yang besar seperti, milling, lift, eskalator, conveyor dll. Untuk skala kecil, motor listrik digunakan pada kipas angin, blender, mesin cuci dll.

Sedangkan generator biasa digunakan untuk membangkitkan energi listrik seperti pada PLTS, PLA, PLTB, PLTMH dll. Ketika dilihat dari luar, generator dan motor listrik memiliki konstruksi yang tampak sama saja. Namun untuk fungsinya, kedua alat ini ternyata memiliki perbedaan yang mendasar.

Ada beberapa orang yang tidak dapat membedakan yang mana generator dan yang mana motor listrik, sebab kedua alat ini memilki fungsi yang berkebalikan. Oleh sebab itu, diartikel ini kami akan membahas pengertian dari generator dan motor listrik, perbedaan motor listrik dan generator, cara kerja motor induksi serta cara kerja generator.

Apa Itu Motor Listrik (Induksi)?

Motor listrik atau biasa disebut sebagai motor induksi adalah alat yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak dalam hal ini putaran.


Apa itu Generator?

Generator adalah sebuah alat listrik yang berfungsi untuk mengubah energi gerak (mekanik) menjadi energi listrik. Energi gerak yang memutar rotor generator berasal dari turbin air, turbin angin, motor listrik, dll.


Perbedaan Motor Listrik Dan Generator

perbedaan generator dan motor listrik

Hal yang mendasar yang membedakan motor listrik dan generator adalah fungsinya. Motor listrik merupakan alat yang berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi gerak (mekanik). Sedangkan Generator merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah energi gerak (mekanik) menjadi energi listrik.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel perbedaan generator dan motor listrik di bawah ini.

Perbedaan Motor Listrik Dan Generator

Motor Listrik

Generator

Mengubah energi listrik menjadi energi gerak (mekanik)

Mengubah energi gerak (mekanik) menjadi energi listrik

Mengomsumsi (menggunakan) energi listrik saat beroperasi

Menghasilkan energi listrik saat beroperasi

Diperlukan suplai listrik untuk mengoperasikannya

Diperlukan energi mekanik (gerak) untuk mengoperasikannya

Motor digunakan sebagai alat penggerak (Conveyor, Lift, Eskalator)

Generator digunakan untuk membangkitkan energi listrik ( PLTA, PLTB, PLTS)

Arah gearak dapat diketahui dengan menggunakan kaidah tangan kiri Fleming

Arah listrik yang dihasilkan dapat diketahui dengan menggunakan kaidah tangan kanan Fleming

Ketersediaan motor listrik lebih banyak di pasaran dan memiliki kapasitas daya yang beragam

Ketersediaan generator listrik tidak sebanyak motor listrik dan juga memiliki kapasitas daya dengan nilai tertentu saja

Harga motor listrik lebih murah

Harga Generator lebih mahal


Prinsip Kerja Motor Induksi

Ketika motor induksi disuplai enegi listrik kemudian masuk ke dalam lilitan / kumparan motor maka menghasilkan medan magnet disekitarnya. Stator yang merupakan salah satu komponen motor mempunyai medan magnet permanen. 

Sehingga membuat rotor pada motor mengalami tarik menarik. Gaya tarik menarik tersebut membuat rotor berputar dengan kata lain motor listrik telah berputar.


Prinsip Kerja Gnerator

Ketika energi gerak (mekanik) memutar rotor generator maka terjadi gaya medan magnet yang berputar di sekitar kumparan akibat dari magnet permanen atau coil, di saat itu juga terjadi perpotongan garis gaya magnet terhadap kumparan. 

Sehingga akan dihasilkan beda potensial antara dua kutub kumparan dan hal tersebutlah yang menyebabkan adanya energi listrik.


Baca Juga : Prinsip Kerja Dan Konstruksi Generator Sinkron

Jadi itulah penjelasan mengenai perbedaan motor listrik dan generator, pengertian motor listrik (induksi), pengertian generator, cara kerja motor listrik serta cara kerja generator. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi pada kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Inilah 7 Perbedaan Motor Listrik Dan Generator"