Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Bagian Bagian Setrika dan Prinsip Kerja Setrika Listrik

Apa bagian bagian setrika listrik? Apa komponen komponen setrika listrik?  Bagaimana prinsip dan cara kerja setrika listrik? Bagaimana pengaturan panas setrika listrik? Apa fungsi setrika listrik? Bagaimana gambar bagian-bagian setrika listrik? 

Setrika merupakan alat bantu yang digunakan untuk merapikan dan melicinkan kain, seperti baju, celana, jaket, sprei dll. Setrika sangat membantu terlebih lagi bagi mereka yang bekerja dengan seragam dan juga membantu dalam bisnis laundry.

Dulunya, setrika hanya menggunakan arang sebagai pemanasnya namun seiring berkembangnya zaman, serika kini menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas. Setrika terbagi menjadi beberapa jenis, ada setrika listrik standar, setrika uap laundry atau rumahan, setrika press, setrika philips, setrika roll dll.

Apakah kamu tahu bahwa di dalam sebuah setrika memuat komponen-komponen listrik yang berperan dalam menghasilkan panas? Yah setrika memiliki elemen pemanas, pengatur suhu, pemberat dan komponen lainnya.

Prinsip Kerja Setika Listrik Dan Bagian Bagiannya

prinsip kerja setrika listrik

Berikut ini kami akan membahas hal hal yang berkaitan setrika lebih spesifik ke bagian bagian setrika dan fungsinya, komponen setrika dan fungsinya, prinsip kerja setrika dan cara kerja setrika. Gambar setrika, gambar bagian bagian setrika.

Bagian Bagian Setrika Listrik

gambar bagian bagian setrika listrik

Sebuah setrika tersusun oleh bagian bagian atau komponen yang memiliki fungsinya masing-masing. Bagian-bagian setrika tersebut membentuk suatu sistem sehhingga bisa menghasilkan panas yang digunakan untuk merapikan pakaian.

Berikut ini kami berikan gambar bagian-bagian setrika litrik dan juga kami sebutkan bagian-bagian setrika listrik beserta penjelasan fungsinya.

1. Kabel

Kabel merupakan bagian setrika yang berfungsi sebagai penghantar listrik dari sumber tegangan menuju ke setrika tepatnya ke elemen pemanas (heater). Kabel setrika berisi kawat tembaga serabut yang dilapisi dengan isolasi berbahan karet dan bahan sejenis kain.

Dengan bahan tersebut membuat kabel menjadi fleksibel dan mudah untuk mengikuti pergerakan setrika. Dan dengan bahan isolasi tersebut membuatnya aman dari kebocoran arus listrik.

2. Selector Switch

Selector switch atau disebut sebagai saklar pilih merupakan bagian setrika listrik yang berfungsi sebagai saklar On dan saklar Off. Selain itu selector switch juga berfungsi untuk memilih tingkatan panas yang diinginkan.

Setrika pada umumnya memiliki selector switch yang dilengkapi dengan keterangan jenis kain dan tingkatan panas. Keterangan tersebut memudahkan pengguna untuk menyesuaikan panas yang pas terhadap jenis kain yang akan disetrika.

Apabila menginginkan suhu tinggi maka arahkan selector switch ke arah keterangan suhu panas, sehingga selector switch akan membuat arus listrik yang mengalir ke elemen pemanas semakin besar.

3. Lampu Indikator

Lampu indikator merupakan bagian setrika listrik yang berfungsi untuk menunjukkan kondisi setrika dalam keadaan On atau Off. Selain itu, lampu indikator juga berfungsi sebagai indikator yang menunjukkan setrika sedang malakukan proses pemanasan. Jika lampunya tiba-tiba mati maka suhu elemen pemanas setrika sudah sesuai / pas dengan suhu yang telah diatur di selector switch.

4. Elemen Pemanas (Heater)

Elemen pemanas atau heater merupakan bagian setrika yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas. Semakin lama arus listrik yang mengalir pada elemen pemanas maka suhunya pun juga semakin tinggi.

Maka dari itu sebuh komponen pengatur suhu sangat berperan penting dalam menjaga suhu yang tepat. Letak elemen pemanas pada konstruksi setrika listrik berada diantara alas dan pemberat setrika.

5. Pengatur Suhu

Pengatur suhu merupakan bagian setrika yang berfungsi untuk menjaga suhu pada nilai suhu yang telah diatur pada selector switch. Pengatur suhu pada setrika biasa menggunakan thermostat.

Prinsip kerja pengatur suhu (thermostat) pada setrika listrik adalah ketika setrika belum mencapai nilai yang diinginkan maka thermostat akan mengalirkan energi listrik ke elemen pemanas sehingga suhu setrika naik.

Namun ketika suhu naik melewati batas yang diinginkan maka thermostat akan memutus aliran listrik yang menuju ke elemen pemanas. Dengan terputusnya aliran listrik tersebut membuat suhu elemen pemanas perlahan turun.

6. Alas Setrika

Alas setrika merupakan bagian dari setrika listrik yang berfungsi untuk mengkonversi energi panas pada heater sehingga menjadi pelicin pakaian. Alat setrika inilah yang menghubungkan antara heater dengan kain.

Alas setrika listrik terbuat dari bahan logam anti karat, seperti bahan stainless steel bahan aluminium dan bahan lainnya. Bahan alas setrika harus kuat terhadap suhu panas yang lama dari heater. 

7. Pemberat Setrika

Pemberat setrika listrik merupakan bagian setrika yang terbuat dari logam yang seperti namanya berfungsi sebagai pemberat setrika. Kenapa harus ada pemberat? Karena dengan adanya pemberat maka penggunaan setrika menjadi lebih baik dalam artian setrika tidak begitu ringan.

8. Kap / Penutup Setrika

Penutup setrika / kap / casing merupakan bagian setrika yang berfungsi untuk menutup dan melindungi komponen setrika lainnya, seperti heater, kawat penghantar, pemberat dll. Dengan adanya penutup ini membuat setrika tampak lebih rapi dan membuat komponen di dalamnya tidak berhamburan keluar.

9. Tangkai Pemegang

Tangkai pemegang merupakan bagian setrika listrik yang berfungsi untuk pegangan setrika. Tangkai pemegang inilah yang digenggam / dipegang oleh tangan untuk mendorong setrika maju mundur. 

Tangkai setrika harus berbahan isolator (tidak menghantarkan arus) sehingga membuat pengguna tetap aman saat menggunakan setrika. Bahan tangkai pemegang setrika dapat berupa kayu, plastik atau PVC.

10. Reservoir Air

Resevoir air merupakan bagian setrika listrik uap yang berfungsi sebagai tempat (wadah) penampungan air. Air yang ada di dalam reservoir ini akan dipanaskan oleh elemen pemanas hingga menjadi uap yang dapat digunakan untuk merapikan pakaian.

Bagian setrika ini hanya dapat ditemui pada setrika listrik uap. Apabila tidak ingin menggunakan uap maka cukup kosongkan Reservoir ini. Ingat untuk selalu mengeringkan bagian ini setelah menggunakannya demi menghindari terjadinya korosi (karat). Kalian dapat melihat setrika jenis ini pada setrika uap laundry.


Prinsip Cara Kerja Setrika Listrik

Setrika terdiri dari banyak komponen dengan funsginya masing-masing. Komponen tersebut bekerja dalam satu sistem sertrika untuk menghasilkan suhu panas pada setrika. Nah berikut ini kami tuliskan dan jelaskan prinsip / cara kerja setrika listrik.

1. Apabila steker (colokan) setrika dihubungkan dengan sumber tegangan listrik maka arus listrik akan mengalir ke setrika.

2. Listrik yang mengalir ke setrika membuat lampu indikator menyala sehingga menandakan bahwa setrika sudah terhubung dengan listrik.

3. Selector switch diarahkan ke tingkat suhu tertentu dan membuat pengaur panas (thermostat bekerja).

4. Thermostat bekerja dengan mengukur suhu setrika, apabila suhunya belum mencapai nilai yang telah diatur maka thermostat akan mengalirkan aliran listrik menuju ke elemen pemanas untuk menaikkan suhunya (terjadi proses pemanasan).

5. Apabila suhu setrika naik melewati suhu yang telah diatur maka thermostat memutus arus listrik yang menuju ke elemen pemanas (dapat ditandai dengan off nya lampu indikator). Terputusnya aliran listrik ke elemen pemanas membuat suhunya perlahan turun.

6. Ketika suhu turun melewati batas suhu minimum yang telah diatur maka thermostat kembali menghubungkan aliran listrik menuju ke elemen pemanas untuk menaikkan suhunya.


Baca Juga : Jenis Jenis Setrika Listrik

Jadi itulah materi seputaran setrika listrik mulai dari komponen setrika listrik, bagian bagian setrika listrik, gambar bagian bagian setrika listrik, penjelasan cara kerja setrika listrik, penjelasn prinsip kerja setrika listrik, gambar setrika dan bagian bagiannya, fungsi komponen dan bagian bagian setrika, setrika uap laundry.

Semoga apa yang telah kami bagikan dapat bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih.

Referensi : kelistrikanku.com

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "10 Bagian Bagian Setrika dan Prinsip Kerja Setrika Listrik"