Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

11 Manfaat Listrik Dalam Kehidupan Beserta Contohnya

Energi listrik merupakan suatu energi yang digunakan sebagai sumber daya dari berbagai peralatan listrik. Listrik menjadi kebutuhan primer sejak kemunculan berbagai peralatan listrik yang membantu pekerjaan sehari-hari.

Manfaat listrik bagi kehidupan sehari-hari menjadi topik yang penting untuk dibahas sebab energi satu ini menjadi kebutuhan sentral bagi kehidupan manusia di zaman modern ini. 

Kebayangkan jika seharian saja listrik tidak tersedia maka hampir seluruh kegiatan atau pekerjaan manusia akan terganggu. Oleh karena itu, para penyedia listrik baik swasta ataupun negeri selalu memperhatikan ketersediaan listriknya.

Mulai dari penambahan beberapa peralatan dan komponen sampai perawatan dan perbagian system tenaga listrik. Hal tersebut demi menjamin ketersediaan listrik bagi pelanggan.

Pada intinya, manfaat energi listrik adalah untuk digunakan sebagai sumber daya peralatan listrik.

Manfaat Energi Listrik Dalam Kehidupan

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Energi listrik bisa didapatkan langsung dari penyedia listrik seperti PLN maupun pada sebuah baterai / Aki. Untuk lebih jelas lagi, berikut ini merupakan manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia sehari-hari.

1. Manfaat Listrik Sebagai Penerangan

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Manfaat pertama energi listrik adalah sebagai sumber daya pada penerangan. Entah itu energi listrik 220 V yang berasal dari sumber PLN maupun energi listrik pada baterai dengan tegangan rendah.

Saat ini telah banyak jenis penerangan yang menggunakan energi listrik sebagai sumber dayanya. Seperti penerangan di rumah, kantor, tempat makan, tempat kerja, tempat hiburan, jalanan dll.

Penerangan tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas manusia sehari-hari. Oleh karena itu, harus dipastikan ketersediaan energi listrik untuk penerangan.


2. Manfaat Listrik Sebagai Daya Gerak

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Maksud dari daya gerak di sini adalah energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak. Sehingga diperlukan alat seperti motor listrik untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Energi listrik tersebut diubah dengan memanfaatkan prinsip elektromagnetik yang terjadi pada motor listrik. Nah contoh penggunan motor listrik dapat ditemukan pada kipas angin, AC, blender, mesin cuci, peralatan industri dll.


3. Manfaat Listrik Pada Industri

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Di zaman modern ini, energi listrik menjadi energi primer yang sangat dibutuhkan dalam operasional industri. Seperti pada industri makanan, maka digunakan listrik sebagai sumber daya bagi peralatannya.

Beberapa alat industri yang membutuhkan energi listrik sebagai sumber dayanya adalah conveyor, pemanas, penerangan dll. 

Begitu pentingnya energi listrik dalam sebuah industri membuat hampir semua perusahaan menyiapkan generataor sendiri sebagai pembangkit listrik cadangan. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kelancaran produksi meskipun listrik PLN padam.


4. Manfaat Listrik Pada Kesehatan

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Energi listrik juga dibutuhkan pada sektor Kesehatan. Beberapa peralatan medis membutuhkan energi listrik sebagai sumber dayanya. Seperti beberapa alat operasi, alat scan, alat rontgen, medical check up, alat pengukur suhu tubuh (thermo gun), tensimeter dll.

Selain itu ada beberapa alat bantu yang digunakan untuk menunjang keseharian seseorang di bidang kesehatan. Seperti alat bantu dengar, kursi roda elektrik dll. 


5. Manfaat Listrik Pada Transportasi

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Salah satu manfaat energi listrik adalah sebagai sumber energi yang menggantikan bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber dayanya. 

Saat ini, telah banyak perusahaan motor dan mobil yang beralih ke kendaraan listrik. Hal tersebut mereka lakukan demi kesehatan bumi dan juga keuntungan perusahaan. 

Selain bahan bakar, kendaraan konvensional lainnya juga membutuhkan energi listrik. Contohnya saja pada aki kendaraan sebagai sumber energi listrik yang digunakan untuk starting motor, klakson, lampu, mengecek indikator dll.


6. Manfaat Listrik Pada Perkantoran

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Dalam sebuah kantor atau perusahaan, energi listrik menjadi hal penting dalam menunjang aktivitas karyawan. Beberapa peralatan kantor membutuhkan energi listrik sebagai dayanya.

Beberapa alat kantor tersebut adalah, komputer, laptop, foto copy, printer, kamera telepon, proyektor, TV dll. 

Ada beberapa kantor yang menggunakan peralatan tersebut menyediakan sumber listrik cadangan dengan menggunakan genset atau generator set.


7. Menfaat Listrik Pada Pemberlajaran

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Dalam menunjang aktivitas pembelajaran, hampir semua sekolah atau kampus menggunakan piranti elektronik yang memudahkan siswa, mahasiswa, guru dan dosen dalam proses belajar mengajar.

Beberapa peralatan listrik yang digunakan di sekolah dan kampus adalah komputer, laptop, proyektor, lampu sebagai penerangan, peralatan praktik, gadget dll.


8. Manfaat Listrik Pada Tempat Ibadah

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Hampir semua tempat ibadah menggunakan listrik sebagai sumber daya dari perlatan listrik yang terpasang. Misalnya saja pada masjid yang menggunakan speaker, mixer, microphone, kipas angin, AC, CCTV, lampu dll.


9. Manfaat Listrik Pada Kuliner

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Energi listrik telah banyak membantu manusia dalam mengembangkan variasi makanan yang menggugah selerah. Sebenarnya listrik hanya digunakan sebagai sumber daya pada peralatan masak.

Namun peralatan tersebut tidak bisa digunakan ketika energi listrik tidak ada kan? Nah beberapa contoh perlatan listrik yang digunakan pada bidang kuliner adalah, kompor listrik, blender, oven, rice cooker dll.


10. Manfaat Listrik Pada Peternakan

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Di zaman modern ini, banyak para peternak telah beralih ke peternakan modern. Hal tersebut mereka lakukan untuk mempermudah pengerjaan dan meningkatkan efektivitas peternakan.

Beberapa peternak modern telah menggunakan mesin-mesin canggih yang membuat hewan ternak merasa nyaman. 

Misalnya saja pada peternakan ayam yang menggunakan pemanas untuk menjaga kehangatan tubuh ayam, alat pakan dan minum otomatis, pembersih kotoran otomatis.

Contoh lain pada peternakan ikan yang menggunakan aerator, pompa air, alat pakan otomatis, dll.


11. Manfaat Listrik Pada Pertanian

manfaat listrik bagi kehidupan masyarakat diantaranya untuk

Selain di bidang peternakan, rupanya manfaat energi listrik juga dirasakan pada bidang pertanian sistem modern. Sistem tersebut menggunakan beberapa alat yang mempu membuat proses pertanian menjadi lebih baik.

Beberapa alat yang digunakan dalam pertanian adalah pompa air, alat penyiram otomatis, alat ukur kondisi tanah, alat panen modern dll. 


Baca Juga : Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Jadi itulah pembahasan mengenai manfaat energi listrik dalam kehidupan manusia sehari-hari. Bagaimana menurut kalian mengenai betapa pentingnya energi listrik dalam menunjang aktivitas manusia? 

Meskipun energi listrik dapat diproduksi pada sistem pembangkit bukan berarti kita dapat menggunakan energi listrik secara boros yah. Oleh karena itu gunakanlah energi listrik dengan bijak kalau perlu dengan hemat agar mengurangi pengeluaran.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "11 Manfaat Listrik Dalam Kehidupan Beserta Contohnya"