Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Tegangan Rangkaian Paralel Sama Dan Arus Rangkaian Seri Sama

Di dalam dunia kelistrikan dikenal dua macam rangkaian listrik, yaitu rangkaian listrik tersusun seri dan terusun paralel. Masing-masing jenis rangkaian tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

Nah tahukah kalian karakteristik pada rangkaian seri dan paralel? Ternyata untuk rangkaian seri arus masing-masing hambatan memiliki nilai yang sama sedangkan untuk tegangannya memiliki nilai yang berbeda-beda pada setiap hambatannya.

Di sisi lain untuk rangkaian paralel memiliki karakteristik bahwa arus pada masing-masing hambatan memiliki nilai yang berbeda-beda namun nilai tegangannya sama pada masing-masing hambatan.

Nah pertanyaannya adalah mengapa arus pada rangkaian seri nilainya sama dan tegangan (beda potensial) pada rangkaian paralel nilainya sama? 

Rangkaian Seri Dan Paralel

mengapa arus rangkaian seri sama

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan menjawab pertanyaan mengapa rangkaian seri arusnya sama dan rangkaian paralel tegangannya sama.

Selain itu kami akan membahas pengertian rangkaian seri, rangkaian paralel. Gambar rangkaian seri dan gambar rangkaian paralel. Kelebihan dan kekurangan pada rangkaian seri dan rangkaian paralel.


Pengertian Rangkaian Seri

Rangkaian seri adalah suatu rangkaian listrik yang komponennya dipasang secara berurutan atau berderet. Sehingga semua komponen listrik yang ada terpasang pada satu jalur (kabel) yang sama.


Pengertian Rangkaian Paralel

Rangkaian seri adalah suatu rangkaian listrik yang komponennya dipasang secara berjajar atau bersusun. Sehingga setiap komponen listrik yang terpasang memiliki jalur (kabel) nya sendiri.

Oleh karena itu rangkaian paralel sering disebut sebagai rangkaian bercabang yang setiap cabangnya terhubung pada suatu catu daya seperti baterai.


Karakteristik Rangkaian Seri

Seperti yang telah disinggung di awal artikel ini bahwa rangkaian seri memiliki karakteristik arus yang sama pada setiap hambatannya (komponen seperti resistor) namun memiliki nilai tegangan yang berbeda pada setiap hambatannya.


Mengapa Rangkaian Seri Memiliki Arus Yang Sama?

mengapa tegangan pada rangkaian seri berbeda

Rangkaian Seri

Telah diketahui bersama bahwa semua komponen pada rangkaian seri dipasang berderet pada satu jalur yang sama. Sehingga arus yang mengalir hanya pada satu jalur itu saja.

Oleh karena itu semua komponen yang terpasang pada satu jalur itu memiliki nilai arus yang sama (perhatikan gambar).

mengapa tegangan listrik rangkaian paralel sama

Rangkaian Paralel

Berbeda halnya dengan rangkaian paralel yang setiap komponennya memiliki jalur tersendiri (bercabang) sehingga membuat arus terbagi-bagi dan menyebabkan nilai arus pada setiap komponen berbeda-beda (perhatikan gambar).


Karakteristik Rangkain Paralel

Rangkaian paralel memilki karakteristik nilai tegangan sama pada setiap hambatan (komponen seperti resistor) namun memiliki nilai arus yang berbeda-beda pada setiap hambatannya.


Mengapa Rangkaian Paralel Memiliki Tegangan Yang Sama?

Telah kita bahas bahwa komponen-komponen pada rangkaian paralel dipasang secara bersusun sehingga setiap komponennya memiliki cabang tersendiri yang terhubung pada catu daya.

Nah sebelum itu kalian harus paham apa itu “Tegangan Listrik”. Tegangan listrik atau beda potensial adalah perbedaan jumlah elektron yang berada pada suatu arus listrik.

Perbedaan tersebut sangat erat kaitannya dengan sisi positif dan negatif listrik.

mengapa arus rangkaian paralel berbeda

Rangkaian Paralel

Jika dilihat pada rangkaian paralel terlihat bahwa masing-masing komponen terhubung pada sisi positif dan negatif catu daya. Hal tersebut membuat setiap cabang atau jalur memiliki perbedan jumlah elektron (tegangan listrik) yang sama dengan cabang lain.

Sehingga nilai tegangan pada setiap komponen rangkaian paralel adalah sama.

mengapa arus listrik rangkaian seri sama

Rangkaian Seri

Berbeda halnya dengan rangkaian seri yang terpasang berderet satu sama lain pada satu jalur. Hal tersebut membuat elektron yang ada pada masing masing komponen berbeda-beda dan membuat nilai tegangan listrik pada setiap komponennya juga berbeda-beda atau tidak sama.


Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan jika menggunakan rangkaian seri.

Kelebihan Rangkaian Seri :  

1. Hemat biaya karena hanya menggunakan satu jalur kabel saja

2. Nilai arus akan tetap sama pada masing-masing komponennya.

3. Biaya pemasangan murah karena hanya menggunakan satu jalur saja.


Kekurangan Rangkaian Seri :

1. Karena berada salam satu jalur maka ketika kabel terputus akan membuat semua komponen tidak berfungsi (kalau komponennya adalah lampu maka semua lampu akan padam).

2. Nilai tegangan yang berbeda-beda pada setiap komponennya membuat komponen tersebut tidak bekerja optimal (jika komponennya adalah lampu maka ada beberapa lampu yang tidak menyala dengan terang).


Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Paralel

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan jika menggunakan rangkaian Paralel.

Kelebihan Rangkaian Paralel :

1. Komponen lain tidak akan terpengaruh jika salah satu jalur kabel terputus.

2. Jika komponennya adalah lampu maka semua lampu akan menyala dengan terang karena memiliki tegangan yang sama pada setiap jalurnya.


Kekurangan Rangkaian Paralel : 

1. Biaya kabel dan pemasangan akan lebih mahal karena rangkainnya bercabang-cabang.

2. Memiliki nilai arus yang berbeda-beda pada setiap komponennya (hamabatannya).


Baca Juga : Contoh Soal Menghitung Arus, Tegangan dan Daya Listrik Pada Rangkaian Seri, Paralel dan Campuran Seri-Paralel


Jadi itulah materi tentang pengertian rangkaian seri dan rangkaian paralel, penjelasan mengenai karakteristik rangkaian seri dan paralel, beberapa kelebihan dan kekurangan jika menggunakan rangkaian seri atau paralel.

Selain itu telah dijawab mengenai pertanyaan mengapa arus listrik pada rangkaian seri nilainya sama dan mengapa tegangan listrik (beda potensial) pada rangkaian paralel sama.

Sekian dulu penjelasan dari kami mengenai rangkaian listrik seri dan listrik paralel, semoga dapat menambah wawasan kalian di bidang kelistrikan, terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Mengapa Tegangan Rangkaian Paralel Sama Dan Arus Rangkaian Seri Sama"