Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Persamaan Dan Perbedaan Antara VSD Dan VFD

Salah satu motor listrik yang paling banyak digunakan adalah motor induksi. Nah motor tersebut banyak digunakan karena memiliki keunggulan dibandingkan motor jenis lain. Sayangnya, untuk mengatur kecepatan motor induksi tidaklah mudah.

Meskipun begitu ada kok alat yang berfungsi untuk mengatur kecepatan motor termasuk jenis motor induksi. Alat tersebut adalah Speed Drive. Tahukah kamu bahwa Speed Drive yang paling sering digunakan adalah VSD dan VFD. 

VSD (Variable Speed Drive) Dan VFD (Variable Frequency Drive)

persamaan perbedaan vsd dan vfd

Nah di materi kali ini kami akan membagikan pengertian VSD dan VFD, pesamaan dan perbedaan antara VSD dan VFD, cara kerja VSD dan VFD, fungsi VSD dan VFD.

Pengertian VSD

VSD atau singkatan dari Variable Speed Drive merupakan alat pengatur kecepatan motor dengan cara mengubah tegangan input ke motor sehingga didapatkan kecepatan motor yang diinginkan.

Untuk VSD terdapat pilihan AC drive dan DC drive sehingga bisa digunakan untuk motor AC dan DC.

Semakin tinggi tegangan input ke motor maka semakin cepat pula motor berputar. Hal tersebut dapat dibuktikan pada grafik hubungan tegangan input dengan kecepatan motor di bawah ini.

cara mengatur kecepatan putaran motor vsd dan vfd

(Sumber : Jurnal “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Phasa Dengan Merubah Frekuensi Menggunakan Inverter ALTIVAR 12P”)


Pengertian VFD

VFD atau singkatan dari Variable Frequency Drive merupakan alat pengatur kecepatan motor dengan cara mengubah nilai frekuensi input ke motor sehingga didapatkan kecepatan motor yang diinginkan.

Untuk VFD hanya terdapat pilihan AC drive saja sehingga hanya bisa digunakan pada motor AC.

Sama seperti tegangan pada VSD, frekuensi pada VFD juga berpengaruh. Semakin tinggi tegangan input ke motor maka semakin cepat pula motor berputar. Hal tersebut dapat dibuktikan pada grafik hubungan tegangan input dengan kecepatan motor di bawah ini.

cara mengatur kecepatan putaran motor vsd dan vfd

(Sumber : Jurnal “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Phasa Dengan Merubah Frekuensi Menggunakan Inverter ALTIVAR 12P”).


Prinsip Atau Cara Kerja VSD

VSD atau Variable Speed Drive bekerja dengan mengatur tegangan yang menyuplai motor sehingga didapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang diinginkan. Intinya sih terletak pada tegangan input ke motor.


Prinsip Atau Cara Kerja VFD

VSD atau Variable Frequency Drive bekerja dengan mengatur nilai frekuensi yang menyuplai motor sehingga didapatkan kecepatan putaran dan torsi motor yang diinginkan. Intinya sih terletak pada tegangan nilai frekuensi listik ke motor.


Persamaan VSD dan VFD

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa VSD dan VFD merupakan alat yang sama dengan alasan karena kedua alat tersebut berfungsi untuk mengatur kecepatan motor. 

Anggapan tersebut tidaklah salah karena kedua alat ini memang memiliki fungsi yang sama yaitu mengatur kecepatan putaran motor sesuai yang diinginkan.

Berdasarkan aturan penamaan dari badan kelistrikan internasional yaitu IEEE dan IEC, kedua alat ini diberi istilah yang tepat, yaitu ASD (Adjustable Speed Drive). Hal tersebut mengacu kepada fungsinya dalam mengatur kecepatan putaran motor.

Istilah lain dari alat pengatur kecepatan putaran motor adalah inverter.


Perbedaan VSD dan VFD

Meskipun sama-sama berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran motor namun VSD an VFD memiliki perbedaan. Nah berikut ini merupakan perbedaan antara VSD (Variable Speed Drive) dengan VFD (Variable Frequency Drive).

Perbedaan VSD dan VFD

VSD

VFD

Mengatur kecepatan putaran motor dengan memvariasikan nilai tegangan input yang menyuplai motor

Mengatur kecepatan putaran motor dengan memvariasikan nilai frekuensi listrik yang menyuplai motor

Ada dua pilihan yaitu AC drive dan DC drive

Hanya ada satu pilihan yaitu AC drive

Bisa digunakan untuk motor AC dan DC

Hanya bisa digunakan pada motor AC saja


Baca Juga : 4 Cara Mengatur Kecepatan Putaran Motor Induksi


Jadi itulah materi mengenai pengertian, prinsip atau cara kerja, persamaan dan perbedaan antara VSD (Variable Speed Drive) dengan VFD (Variable Frequency Drive).

Referensi :

Schneider

Sahnur, Elvy Nasution, Arnawan Hasibuan,. 2010. Jurnal Sistem Informasi ISSN P : 2598-599X; E: 2599-0330 Vol 2. No.1 April 2018 “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Phasa Dengan Merubah Frekuensi Menggunakan Inverter ALTIVAR 12P”

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Persamaan Dan Perbedaan Antara VSD Dan VFD"