Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi, Kelebihan Dan Contoh HMI PLC

HMI PLC - Dewasa ini telah banyak teknologi-terknologi canggih yang dapat memudahkan pekerjaan manusia salah satunya adalah HMI (Human Machine Interface).

Melalui alat tersebut seorang user mampu memonitoring kerja sebuah mesin dan mampu mengontrol mesin dengan mudah.


HMI (Human Machine Interface)

pengertian fungsi kelebihan contoh hmi

Nah di artikel keli ini kami akan membahasa mengenai HMI (Human Machine Interface) mulai dari apa itu HMI? Apa itu HMI pada PLC? HMI listrik, fungsi HMI, kelebihan HMI dan contoh penggunaan Human Machine Interface (HMI).


Apa itu HMI Human Machine Interface?

Human Machine Interface (HMI) adalah sebuah perangkat atau teknologi antarmuka yang menjadi penghubung antara pengguna (manusia) dan mesin. 

HMI  menjadi alat control (pengendali) dan juga menjadi alat yang menunjukkan data dan proses yang digunakan pengguna dalam mengatur dan memonitoring kerja mesin. 

Untuk saat ini, penggunaan HMI di lingkungan industri telah menerapkan terknologi layar sentuh (Touch Screen) sehingga lebih memudahkan user dalam menggunakannya.

Meskipun sebelumnya penggunaan HMI masih terbatas pada layar komputer saja sehingga dalam penggunaannya harus terhubung dengan komputer tersebut.


Apa Itu HMI Pada PLC?

Human Machine Interface (HMI) pada PLC adalah sebuah perangkat antarmuka yang menjadi alat kontrol dan monitoring terhadap kerja PLC yang digunakan oleh pengguna.

PLC terhubung dengan HMI dan mesin yang dikontrol sehingga urutan pengendaliannya (control) adalah User > HMI > PLC > Mesin. Sedangkan urutan monitoring data dan proses kerja mesin adalah Mesin > PLC > HMI > User.


Fungsi HMI (Human Machine Interface)

Dalam sebuah industri HMI sangat berperan dalam otomatisasi kerja mesin sehingga dapat mengurangi dan memudahkan kerja manusia. Nah berikut ini merupakan fungsi HMI.

1.    Memonitoring kondisi plant (mesin) secara real time dengan menunjukkan data-datanya kepada user (operator). Data plant diperoleh dari hasil input dan output   yang sedang berlangsung pada plant.

2.    Mengumpulkan dan menyimpan data sistem / plant yang berupa data pengukuran, status alarm, status sistem yang diwakili oleh status valve sebagai actuator, penyimpanan data, serta tanggal pengumpulan.

3.    Pengaturan level keamanan pada sistem sehingga bisa ditentukan pengaturan alarm untuk high priority dan low priority.

4.    Menyimpan history dan summary alarm sehingga dari data tersebut dapat diketahui alarm apa saja yang bekerja ketika sistem mengalami gangguan atau bahkan trip.

5.    Menyajikan grafik dari sebuha proses yang terjadi pada sistem / plant seperti grafik kenaikan atau penurunan suhu pada sistem, grafik kenaikan dan penurunan beban pada sistem.


Kelebihan Menggunakan HMI

Berikut ini manfaat, keuntungan dan kelebihan yang akan diperoleh ketika menggunakan HMI pada sietem otomasi.

1.    Monitoring Plant Lebih Mudah

Dengan adanya HMI maka data dan informasi  yang terjadi pada sistem / plant akan lebih mudah diketahui sehingga proses monitoring sistem akan lebih mudah.

2.    Pengontrolanm Plant Lebih Mudah

Dengan adanya HMI maka pengontrolan plant dapat dilakukan dengan mudah yaitu melalui HMI saja. Berbeda halnya jika tidak ada HMI maka pengontrolan plant akan sedikit rumit sebab harus mengontrol plant satu per satu (tombol demi tombol).

3.    Pengurangan Biaya Kabel

Dengan adanya HMI maka penggunaan kabel dapat dikurangi. Hal tersebut dikarenakan, rangkaian yang sebelumnya harus menggunakan kabel kini bisa dijalankan melalui pengaturan software.

4.    Pengurangan Alat Kontrol

Sebelum adanya HMI maka sistem / plant membutuhkan alat kontrol yang beragam seperti (selector, push button dll) dan hal tersebut membuat panel kontrol penuh. Nah dengan menggunakan HMI maka pengontrolan mesin dapat melalui HMI saja sehingga mengurangi penggunaan alat kontrol.

5.    Standardisasi Panel Kontrol

HMI  memungkinkan melakukan standardisasi panel kontrol karena pengaturan data dan tampilan layar dapat diubah menggunakan software, meskipun ada perubahan spesifikasi.


Contoh HMI (Human Machine Interface)

Penggunaan HMI dapat ditemukan pada sebuah indiustri modern dan bahkan pada kehidupan sehari-hari. Nah berikut ini merupakan contoh penggunaan Human Machine Interface (HMI).

1.    Pengontrolan Tandon Air

fungsi dan kelebihan hmi

Terlihat pada gambar, sebuah HMI sederhana yang menunjukkan level dari 3 tandon / tanki air. HMI tersebut menunjukkan informasi data mengenai level masing-masing tandon air.

2.    Mesin ATM

fungsi dan kelebihan kekurangan hmi

Salah satu contoh penggunaan HMI yang mudah ditermukan adalah mesin ATM. Pada sebuah mesin atm terdapat layar yang memiliki banyak pilihan. Mesin tersebut dapat melakukan beberapa perintah seperti pengecekan saldo, penarikan uang, merubah pin atau password, transfer uang dll.


Baca Juga : Penjelasan Dan Contoh Input Output Digital Analog PLC


Jadi itulah materi dan pembahasan tentang HMI (Human Machine Interface), mulai dari apa itu HMI? Apa itu HMI pada PLC? HMI listrik, fungsi HMI, kelebihan HMI dan contoh penggunaan Human Machine Interface (HMI).

Referensi : 

Jagootomasi    Misel

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Pengertian, Fungsi, Kelebihan Dan Contoh HMI PLC"