Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Motor 3 Phase Menjadi 1 Phase 220 Volt

Motor litsrik merupakan suatu mesin yang sangat berperan penting dalam dunia industri. Ada dua jenis motor listrik berdasarkan suplainya yaitu motor 3 phase dan 1 phase.

Motor 3 phase banyak digunakan pada industri besar karena memiliki torsi dan ketahanan yang besar. Di sisi lain, motor 1 phase banyak digunakan pada industri kecil untuk keperluan sederhana saja.

Nah bagaimana jika motor 1 phase pada suatu industri mengalami kerusakan sedangkan motor cadangan hanya ada motor 3 phase? Apakah motor 3 phase tersebut bisa dioperasikan dengan suplai listrik 1 phase?

Jawabannya bisa tidak dan bisa ya. Mengapa tidak? Karena motor litsrik 1 phase dan 3 phase memiliki sudut dan gulungan yang berbeda. Mengapa ya? Karena motor litsrik 3 phase jika dilakukan modifikasi maka bisa menggunakan suplai listrik 1 phase.

motor 3 phase ke 1 phase

Jika demikian, bagaimana cara merubah  motor 3 phase menjadi 1 phase? Bagaimana bisa motor listrik 3 phase 380 volt dioperasikan dengan listrik 1 phase 220 volt? Pertanyaan tersebut akan terjawab dalam materi kali ini.

Syarat Merubah  Motor 3 Phase Menjadi 1 Phase

Untuk melakukan modifikasi pada motor listrik 3 phase agar dapat dioperasikan menggunakan listrik 1 phase maka harus memenuhi syarat berikut ini : 

1.    Terminal motor yang akan diubah harus berkoneksi Delta

2.    Sebelum mengubah motor listrik harus mengetahui ukuran kapasitor yang sesuai

3.    Menentukan arah putaran motor yaitu forward (ke kanan) atau reverse (ke kiri)

4.    Motor listrik yang dirubah nantinya hanya bisa beroperasi pada tegangan 220 Volt AC ke bawah


Koneksi Star Dan Delta Motor Listrik

Pada syarat pertama dikatakan bahwa terminal motor yang akan diubah harus berkoneksi delta, oleh karena itu harus mengetahui yang mana motor dengan koneksi delta da n yang mana dengan koneksi star.

Motor Koneksi Delta

motor belitan delta segitiga

Motor Koneksi Star

motor belitan star bintang

Setelah mengetahui perbedaan kedua koneksi tersebut maka kalian harus memilih motor yang berkoneksi delta.


Cara Mengubah Motor 3 Phase Menjadi 1 Phase

Untuk merubah motor listrik 3 phase agar dapat beroperasi dengan sumber tegangan 1 phase maka perlu dilakukan modifikasi pada motor berupa penambahan kapasitor pada terminal motor tersebut.

Arah Putaran Forward (Kanan)

motor 3 phase menjadi 1 phase

Dari gambar terlihat bahwa sebuah motor listrik 3 phase dengan koneksi delta dirubah menjadi 1 phase dengan cara penambahan kapasitor yang terhubung pada terminal U2 dan V2. Penambahan kapasitor pada titik tersebut membuat motor berputar forward (ke kanan).

Selain itu kalian bisa melihat pada bagian atas yang sebelumnya merupakan terminal 3 phase (U1 terhubung ke Phase R), (V1 terhubung ke Phase S), dan (W1 terhubung ke Phase T), namun setelah dimodifikasi maka menjadi motor 1 phase dengan (U1 terhubung ke phase L) dan (V1 terhubung ke Netral).

Arah Putaran Reverse (Kiri)

motor 3 phase menjadi 1 phase

Selain arah putaran ke kanan, motor yang diubah juga dapat berputar ke kiri (reverse). Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan kapasitor yang terhubung pada terminal W2 dan V2.

Untuk terminal suplai tegangan 1 phase nya masih sama dengan motor yang berputar ke arah kanan yaitu untuk U1 terhubung ke phase dan V1 terhubung ke netral.


Menentukan Ukuran Kapasitor

Untuk menentukan ukuran kapasior yang sesuai dengan motor listrik 3 phase yang telah diubah menjadi 1 phase maka dapat dilakukan perhitungan menggunakan persamaan atau rumus kapasior : 

rumus kapasior motor 3 phase menjadi 1 phase

Keterangan : 

C  = Kapasitor (πF)

P  = Daya (W)

V = Tegangan 1 phase  (V)

F   = Frequency (Hz)

π   = 3,14


Contoh perhitungan : 

Suatu motor 3 phase dengan daya 1 kW akan diubah menjadi motor 1 phase yang beroperasi pada tegangan 220 volt AC 50 Hz. Berapakah ukuran kapasitor yang cocok untuk merubah motor 3 phase menjadi 1 phase tersebut?

Jawaban =

Diketahui :   P = 1000 W

         V = 220 V

         F = 50 Hz

Ditanyakan C = …?

Penyelesaian : 

menghitung kapasior motor 3 phase menjadi 1 phase

Jadi ukura kapasitor yang sesuai untuk mengubah motor 3 phase menjadi 1 phase tersebut adalah 54,83 πF.


Catatan :

Cara termudah mengubah motor 3 phase agar dapat beroperasi pada listrik 1 phase adalah dengan menggunakan Inverter Variable Speed Drive (VSD). 

Sedangkan cara yang kami jelaskan di atas bisa dilakukan jika dalam keadaan mendesak atau darurat saja (sementara). Cara tersebut juga memiliki kekurangan seperti torsi yang tidak maksimal dan motor cepat panas.



Jadi itulah penjelasan bagaimana cara merubah  motor 3 phase menjadi 1 phase. Penjelasan bagaimana mengoperasikan motor 3 phase dengan listrik rumah tangga (1 phase) yang bertegagan 220 V. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for " Cara Mengubah Motor 3 Phase Menjadi 1 Phase 220 Volt"