Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

15 Jenis Peralatan Listrik DC Dan Contoh Sumber Listrik DC

Perangkat Listrik DC Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai listrik DC (direct Current) yang umum digunakan pada rangkaian elektronika di rumah.

Pembahasan dimulai dari pengertian arus listrik DC, perangkat listrik DC yang digunakan sehari-hari, jenis jenis peralatan listrik yang menggunakan arus listrik DC, apa saja yang termasuk sumber listrik DC.


Apa Itu DC Pada Listrik?

DC (Direct Current) atau dikenal dengan arus listrik searah merupakan arus listrik  yang mengaliri sebuah penhantar dengan potensial tegangannya tetap atau tidak berubah – ubah.

Listrik DC sering digunakan pada rangkaian elektronika karena listrik DC memberikan supply listrik yang stabil, halus dan nilai tegangannya rendah sehingga cocok untuk komponen elektronika yang kecil.


Jenis Jenis Peralatan Yang Menggunakan Listik DC

perangkat listrik dc

Ada berbagai macam perangkat dan peralatan di rumah yang menggunakan listrik DC dan biasa digunakan sehari-hari, entah itu untuk keperluan suara, gambar, penguat sinyal dan fungsi lainnya. Nah berikut ini merupakan contoh peralatan yang menggunakan listrik arus searah (DC).

1.    HP

Handphone atau smartphone termasuk peralatan yang menggunakan listrik DC karena sumber listriknya adalah baterai yang mana itu merupakan sumber listrik DC. Selain itu rangkaian elektronikanya juga menggunakan arus listrik DC untuk beroperasi.

2.    Laptop

Sama halnya dengan HP, laptop juga menggunakan sumber listrik DC berupa baterai dan rangkaian elektronikanya pun juga menggunakan arus listrik DC. 

Nah jika kalian bertanya mengapa laptop dihubungkan ke sumber listrik AC padahal menggunakan listrik DC jawabannya adalah karena pada charger laptop terdapat adapter yang berfungsi mengubah listrik AC ke DC sehingga listrik yang masuk ke baterai laptop adalah listrik DC.

3.    CPU

Central processing unit (CPU) juga termasuk perangkat yang menggunakan listrik DC. Sumber listrik yang masuk ke CPU awalnya adalah listrik AC namun karena adanya converter listrik (AC ke DC) pada kabel power atau yang ada di dalam CPU membuat listrik yang digunakan CPU adalah listrik DC. 

Di sisi lain komponen dan rangkaian elektronika CPU juga menggunakan komponen listrik DC.

4.    Monitor

Di dalam rangkaian monitor juga terdapat converter listrik (AC ke DC) sehingga sumber listrik AC dari stop kontak diubah menjadi listrik DC di dalam monitor. Dengan listrik DC tersebut membuat rangkaian elektronika monitor dapat bekerja.

5.    Mouse

Terdapat dua jenis mouse yaitu mouse tanpa kabel dan mouse dengan kabel. Meskipun begitu, kedua jenis mouse tersebut menggunakan listrik DC. 

Mouse dengan kabel mendapatkan supply listrik dari laptop / komputer sedangkan mouse tanpa kabel mendapatkan supply listrik dari baterai.

6.    Keyboard

Sama halnya seperti mouse, keyboard juga terbagi menjadi keyboard tanpa kabel (wireless) dan dengan kabel. Keyboard wireless mendapatkan supply listrik dari baterai sedangkan keyboard dengan kabel mendapatkan supply dari laptop / komputer.

7.    Router Wifi

Jika kalian memperhatikan adapter daya atau kabel daya pada wifi maka pada bagian ujung terdapat converter listrik AC ke DC. Hal tersebut membuat listrik yang digunakan wifi adalah listrik DC.

8.    Televisi

Pada sebuah televisi terdapat komponen atau bagian bernama converter yang berfungsi untuk mengubah listrik AC menjadi DC. Oleh karena itu dengan adanya converter maka rangkaian listrik TV menggunakan listrik DC.

9.    Charger HP dan Laptop

Jika kalian memperhatikan dengan baik maka kalian dapat melihat bahwa pada charger (casan) HP atau laptop terdapat converter yang mengubah listrik AC menjadi DC. Converter tersebut biasanya berbentuk kotak atau persegi panjang.

Dengan converter tersebut maka listrik yang masuk ke HP atau laptop adalah listrik DC yang sesuai dengan baterai dan rangkaian elektronik.

10.    Remote

Sebuah remote menggunakan baterai sebagai sumber listriknya. Hal tersebut dikarenakan pada sebuah remote memuat rangkaian dan komponen elektronika yang memerlukan arus DC. Oleh karena itu digunakan baterai sebagai supply listriknya.

11.    Lampu LED

Lampu LED termasuk jenis alat yang menggunakan listrik searah. Lampu ini dapat dihubungkan langsung menggunakan sumber listrik DC. Namun jika ingin digubungkan ke sumber listrik AC maka perlu converter listrik AC ke DC.

12.    Senter

Sebuah senter menggunakan daya listrik yang bersumber dari baterai. Selain itu lampu yang digunakannya pun termasuk lampu DC seperti lampu LED. Oleh karena itu senter termasuk contoh perlatan yang menggunakan listrik searah.

13.    Drone

Drone atau kamera terbang menggunakan beterai sebagai daya listriknya. Di dalam drone pun memuat komponen elektronika yang menggunakan arus listrik DC.

14.    Kendaraan Listrik

Untuk saat ini ada beberapa kendaraan seperti sepeda, motor dan mobil yang menggunakan listrik sebagai sumber dayanya. Baterai menjadi sumber listrik untuk menggerakkan dinamo kendaraan listrik. 

Baterai berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur daya listrik DC sedangkan dinamo berfungsi sebagai penggerak kendaraan listrik dengan menggunakan daya listrik DC dari baterai.

15.    Mobil Tamiya

Salah satu mainan yang menggunakan listrik DC adalah mobil Tamiya. Mobil ini menggunakan baterai sebagai sumber listriknya dan menggunakan dinamo sebagai penggeraknya.


Sumber Litrik DC

Arus listrik DC dapat dihasilkan pada sebuah pembangkit dan juga dapat disimpan pada sebuah baterai. Berikut ini merupakan peralatan atau alat yang termasuk sumber listrik DC.

1.    Baterai

Baterai termasuk sumber listrik DC yang berfungsi untuk menampung dan menyalurkannya listrik.

2.    Akumulator (Aki)

Akumulator atau aki merupakan sumber listrik DC yang mampu menyimpan dan menyalurkan daya. Aki biasana digunakan untuk supply listrik pada kendaraan.

3.    Panel Surya

Panel surya termasuk jenis pembangkit yang menghasilkan listrik arus DC. Alat ini mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik DC.

4.    Generator DC

Selain geenerator AC juga terdapat generator DC yang berfungsi untuk membangkitkan listrik arus DC.

5.    PLTMH

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) termasuk pembangkit listrik tenaga air skala kecil yang menggunakan generator DC sehingga listrik yang dihasilkannya adalah listrik DC.


Baca Juga : Listrik AC Vs Listrik DC Mana Yang Paling Berbahaya


Jadi itulah pembahasa mengenai apa itu DC pada listrik, perangkat listrik DC, jenis jenis peralatan listrik yang menggunakan arus listrik DC, contoh sumber listrik DC dan apa saja yang termasuk sumber listrik DC. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "15 Jenis Peralatan Listrik DC Dan Contoh Sumber Listrik DC"