Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kulkas 220 Volt Berapa Watt? Beginilah Cara Mengetahuinya

Kulkas 220 Volt Berapa Watt? - Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Hal tersebut karena fungsinya yang mampu mendinginkan, menyimpan dan mengawetkan makanan ataupun miniman.

Sebagian besar kulkas yang ada di Indonesia bertegangan 220 volt yang merupakan tegangan listrik normal dari PLN.  Hingga saat ini, Inovasi kulkas sangat beragam mulai dari tempat yang luas hingga ke fitur yang melimpah.

kulkas berapa watt

Salah satu faktor penting sebelum memilih kulkas adalah komsumsi daya listriknya , apakah hemat atau boros. Nah untuk itu di artikel kali ini kami akan membahas tentang kulkas berapa watt? Kulkas 220 volt berapa watt? Kulkas 220v 50hz berapa watt?


Berapa Daya Listrik Dari Kulkas 220 Volt?

Daya listrik pada setiap jenis / model kulkas beragam mulai dari daya puluhan watt hingga ratusan watt, oleh karena itu penting untuk mengetahui daya listriknya.

Nah cara untuk mengetahui daya listrik suatu kulkas adalah dengan melihat spesifikasinya. Spesifikasi kulkas dapat dilihat pada website brand ataupun pada nameplate (keterangan spesifikasi) yang tertempel pada kulkas.

Contoh Kulkas 220 Volt Dengan Spesifikasinya

Kulkas 1 Pintu Sharp Tipe SJ-M151T-UW

kulkas 220 volt berapa watt

Dari gambar terlihat informasi spesifikasi kulkas Sharp SJ-M151T-UW yang tertulis pada nameplatenya, adapun spesifikasinya sebagai berikut

Spesifikasi Kulkas Sharp SJ-M151T-UW

Tegangan

220 Volt

Frekuensi

50 Hz

Daya

74 Watt

Arus

0,5 Ampere

Refrigerant

HFC-134a

Berat Refrigerant

60 g

Kapasitas

136 liter

Beat Bersih

25 kg

Dari spesifikasi tersebut dapat terlihat bahwa kulkas Kulkas Sharp SJ-M151T-UW dengan tegangan 220 Volt memiliki daya listrik sebesar 74 Watt


Kulkas 2 Pintu Panasonic Tipe NR-B209N

kulkas 220 volt berapa watt

Dari gambar terlihat informasi spesifikasi kulkas Panasonic NR-B209N yang tertulis pada nameplatenya, adapun spesifikasinya sebagai berikut.

Spesifikasi Kulkas Panasonic NR-B209N

Tegangan

220 Volt

Berat Bersih

29 kg

Frekuensi

50 Hz

Isi Zat Pendingin

90 g

Daya

80 Watt

Daya Lampu

10 Watt

Arus

0.68 A

Zat Pendingin

HFC-134a

Kelas Iklim

T

Zat Pengembang

Cyclopentane

Kapasitas Kotor

153 liter

 

Dari spesifikasi tersebut dapat terlihat bahwa kulkas Kulkas Panasonic NR-B209N dengan tegangan 220 Volt memiliki daya listrik sebesar 80 Watt ditambah daya lampu 10 Watt. Lampu di kulkas tidak selalu ON sehingga total komsumsi dayanya tidak lebih dari 90 Watt


Kulkas 2 Pintu Samsung Tipe S-22ANS

kulkas 220 volt berapa watt

Dari gambar terlihat informasi spesifikasi kulkas Samsung S-22ANS yang tertulis pada nameplatenya, adapun spesifikasinya sebagai berikut.

Spesifikasi Kulkas Samsung S-22ANS

Kapasitas

219 liter

Berat

52 kg

Refrigerant

R-134a

Berat Refrigerant

130 g

Tegangan

220 Volt

Frekuensi

50 Hz

Arus

0,9 Ampere

Daya

114 Watt

Dari spesifikasi tersebut dapat terlihat bahwa kulkas Samsung S-22ANS dengan tegangan 220 Volt memiliki daya listrik sebesar 144 Watt.


Catatan : Dari tiga contoh kulkas di atas dapat dilihat bahwa semakin besar dan semakin banyak fitur suatu kulkas maka komsumsi dayanya juga semkain besar. Oleh karena itu pililah kulkas sesuai kebutuhan agar komsumsi listrik juga bisa disesuaikan.


Kulkas 220 Volt Berapa Watt?

Telah dijelaskan diatas bahwa masing-masing jenis kulkas memiliki daya (watt) yang berbeda, sehingga kulkas 220 volt tidak bisa dipastikan nilai dayanya. Dengan kata lain satuan volt tidak bisa dikonversikan ke satuan watt.

Mengapa demikian? Karena volt merupakan satuan dari besaran tegangan listrik sedangkan watt merupakan satuan dari besaran daya listrik. Sehingga Volt tidak bisa dikonversikan ke watt begitu pun sebaliknya.

Meskipun demikian kedua besaran memiliki hubungan jika dirumuskan dengan  besaran arus listrik (I) yang memiliki satuan Ampere.

Dengan begitu maka cara mengatahui daya listrik suatu kulkas apabila spesifikasi dayanya tidak diketahui dan yang diketahui hanya tegangan dan arusnya saja, bisa menggunakan persamaan daya berikut ini :

P = V x I

Keterangan  : 

P : Daya listrik (Watt)

V : Tegangan listrik (Volt)

I  :  Arus listrik (Ampere)


Contoh : Terdapat kulkas dengan tegangan 220 volt dan arus 1,5 A. Nah berapakah daya kulkas tersebut?

Jawaban : 

P = V x I

   = 220 x 1,5

   = 300 Watt

Jadi kulkas 220 volt tersebut memiliki daya listrik sebesar 300 Watt.


Baca Juga : 1 kWh Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya


Jadi itulah penjelasan mengenai daya listrik pada kulkas, cara mengetahui daya watt pada kulkas, kulkas berapa watt, kulkas 220 volt berapa watt, dan kulkas 220v 50hz berapa watt. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Kulkas 220 Volt Berapa Watt? Beginilah Cara Mengetahuinya"