Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Contoh Gambar Proyeksi Ortogonal Amerika dan Eropa

Gambar proyeksi adalah gambar bayangan (imajiner) atau konstruksi suatu benda yang dapat diketahui secara matematis. Gambar proyeksi menjadi dasar mengambar teknik untuk menyatakan bentuk dan ukuran suatu objek/benda.

Gambar proyeksi berfungsi untuk mendapatkan ukuran garis yang sama dengan aslinya, untuk mendapatkan bentuk gambar yang sama dengan aslinya dan untuk membuat gambar kerja.

Secara umum, gambar proyeksi memerlukan 3 pandangan yaitu pandangan depan, atas dan samping (kanan/kiri). Gambar proyeksi dibedakan menjadi dua kelompok yaitu proyeksi sentral dan proyeksi ortogonal.

Proyeksi Sentral (teknik perspektif) adalah proyeksi benda/objek dengan menggunakan garis-garis yang berpusat pada satu titik.

Proyeksi Ortogonal adalah gambar proyeksi suatu benda/objek yang menggunakan garis-garis sejajar dan tegak lurus.

Di dalam artikel kali ini, kami lebih khusus membahas proyeksi ortogonal mulai dari apa yang dimaksud proyeksi ortogonal, jenis-jenis proyeksi ortogonal, proyeksi Amerika dan Eropa dan contoh gambar proyeksi ortogonal Amerika dan Eropa. 


Proyeksi Ortogonal

Proyeksi ortogonal merupakan suatu metode gambar teknik yang dilakukan dengan cara menggambar berbagi sisi objek dengan menarik garis lurus pada setiap bidang sehingga didapatkan bentuk dan ukuran yang sama dengan objek aslinya.

Proyeksi ortogonal memiliki nama atau sebutan lain yaitu gambar proyeksi dan gambar tampak. Dikatakan gambar proyeksi karena untuk menggambar bagian bidang suatu objek diperlukan garis proyeksi dari objek aslinya. Selain itu proyeksi ortogonal juga disebut sebgai gambar tampak karena menampakkan 3-6 bidang suatu objek (tampak depan, atas, bawah, kanan, kiri, bekalang).


Jenis-Jenis Proyeksi Ortogonal

Proyeksi ortogonal dibagi menjadi dua jenis yaitu proyeksi Amerika dan proyeksi Eropa. Nah berikut ini merupakan penjelasan dan perbedaan dari masing-masing proyeksi.

Proyeksi Amerika (Kuadran III)

Pada proyeksi Amerika, objek/benda yang akan digambar seolah-olah berada di luar suatu kubus. 

proyeksi ortogonal amerika

Jika bidang-bidang proyeksi dibuka, pandangan depan akan terletak di depan, pandangan atas terletak di atas, pandangan samping kanan terletak di kanan, pandangan samping kiri terletak di samping kiri, pandangan bawah terletak dibawah, serta pandangan belakang terletak di sebelah kanan samping kanan. 

Dengan kata lain, Proyeksi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya.


Terlihat pada gambar bahwa tampak depan pada proyeksi Amerika ini berada pada kuadran III dan hal tersebut menjadi alasan mengapa proyeksi Amerika dikatakan proyeksi kuadran 3.


Proyeksi Eropa (Kuadran I)

Pada proyeksi Eropa, objek/benda yang akan digambar seolah-olah berada dalam suatu kubus.

proyeksi ortogonal eropa

jika bidang proyeksi dibuka maka pandangan depan tetap, pandangan samping kanan terletak disebelah kiri, pandangan samping kiri terletak di sebelah kanan, pandangan atas terletak di sebelah bawah, pandangan bawah terletak di atas, dan pandangan belakang terletak di sebelah kanan pandangan samping kiri. 

Dengan kata lain, Proyeksi Eropa ini merupakan proyeksi yang letak bidangnya terbalik dengan arah pandangannya.


Terlihat pada gambar bahwa tampak depan pada proyeksi Eropa ini berada pada kuadran I dan hal tersebut menjadi alasan mengapa proyeksi Eropa dikatakan proyeksi kuadran 1.


Contoh Gambar Proyeksi Amerika

Berikut ini merupakan 3 contoh proyeksi Amerika yang terbentuk dari suatu objek/benda.

Gambar Proyeksi Amerika 1

contoh proyeksi amerika

Gambar Proyeksi Amerika 2

gambar proyeksi amerika

Gambar Proyeksi Amerika 3

proyeksi amerika


Contoh Gambar Proyeksi Eropa

Berikut ini merupakan 3 contoh proyeksi Eropa yang terbentuk dari suatu objek/benda.

Gambar Proyeksi Eropa 1

proyeksi ortogonal eropa

Gambar Proyeksi Eropa 2

contoh proyeksi eropa

Gambar Proyeksi Eropa 3

gambar proyeksi eropa


Baca Juga : Materi Proyeksi Ortogonal Lengkap Cara Menggambarnya


Jadi itulah penjelsasn mengenai proyeksi ortogonal, mulai dari pengertian, jenis-jenis, perbedaan dan contoh gambar proyeksi Amerika dan Eropa. Semoga artikel mengenai gambar teknik ini bisa bermanfaat.

Referensismkm11tapteng   Universitas Esa Unggul

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "6 Contoh Gambar Proyeksi Ortogonal Amerika dan Eropa"