Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

17 Jenis Dan Macam TANG Beserta Fungsi Dan Harganya

Jenis Jenis dan Macam Macam Tang - Tang merupakan tools atau alat pertukangan yang biasa digunakan untuk pekerjaan bangunan, kelistrikan, pemipaan, mekanik (bengkel) dll. 

Pada umumnya tang memiliki fungsi untuk menjepit, memotong, menekan, dan  mengencangkan objek atau benda kerja. Oleh karena itu tidak heran tang memiliki banyak bentuk, fungsi, ukuran dan harga yang berbeda-beda.

Pada umumnya, tang terbuat dari bahan logam kuat seperti besi dan baja. Tang dilengkapi dengan pegangan (handle) yang terbuat dari bahan karet atau plastik sehingga nyaman untuk digenggam dan tidak menghantarkan arus listrik.


Jenis Jenis Dan Macam Macam TANG

Di dalam materi kali ini, kami akan menjelaskan mengenai jenis jenis dan macam macam tang beserta fungsinya. Ada juga penjelasan jenis-jenis tang yang digunakan untuk kelistrikan, pertukangan, pemipaan dan otomotif lengkap dengan harganya.

1.    Tang Kombinasi

tang kombinasi

Tang kombinasi merupakan salah satu jenis tang yang umum digunakan untuk kelistrikan dan di bengkel. Dikatakan “kombinasi” karena tang ini memiliki berbagai macam fungsi dari beberapa jenis tang.

Tang kombinasi berfungsi untuk memotong kabel dan kawat, mengupas isolasi kabel, membengkokkan kabel serta mengencangkan dan mengendurkan baut.

Tang kombinasi yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp50.000.


2.    Tang Cucut (Tang Lancip)

tang cucut lancip

Tang cucut merupakan salah satu jenis tang yang memiliki ujung berbentuk lancip. Dikatakan tang cucut karena tang ini memiliki bentuk seperti ikan cucut yang memiliki moncong runcing dengan gigi yang tajam.

Tang cucut berfungsi untuk menjepit kabel, memotong kawat, membengkokkan kabel serta mengencangkan dan mengendurkan baut pada bagian permukaan yang sulit dijangkau.

Tang cucut atau tang lancip yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp60.000.


3.    Tang Pembulat

tang pembulat

Tang pembulat merupakan salah satu jenis tang yang memiliki ujung lancip namun tidak bergerigi. Tang ini biasa digunakan oleh para pengrajin, instalatir listrik dan digunakan di bidang seni.

Tang pembulat berfungsi untuk membengkokkan, membuat lengkungan atau menjepit benda-benda kecil. Di bidang kelistrikan, tang pembulat berfungsi untuk membengkokkan dan membuat lengkungan kawat kabel yang biasa disebut “mata itik” agar mudah dipasang di komponen dan peralatan listrik.

Tang pembulat yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp25.000.


4.    Tang Potong

tang potong

Tang potong merupakan salah satu jenis tang yang memiliki bagian tajam untuk memotong objek kerja. Sesuai dengan namanya tang potong berfungsi untuk memotong kabel dan kawat serta digunakan untuk mengupas kabel.

Tang potong yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp50.000.


5.    Tang Pengupas Kabel

tang pengupas kabel

Tang pengupas kabel merupakan salah satu jenis tang yang memiliki beberapa pasang mata pisau dan bagian bulat yang tajam. Tang ini berfungsi untuk mengupas isolasi kabel dengan mudah dan dapat disesuaikan dengan ukuran kabel yang ada.

Tang pengupas kabel yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp110.000.


6.    Tang Snap Ring

tang snap ring

Tang snap ring atau disebut juga tang SPI merupakan jenis tang yang memiliki ujung lancip. Tang snap ring terbagi menjadi dua bentuk yaitu yang ujuangnya lurus dan yang ujungnya bengkok.

Tang snap ring berfungsi untuk memasang atau melepas snap ring yang ada pada kendaraan. Oleh karena itu tang ini biasanya dapat dijumpai pada bengkel.

Tang snap ring yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp55.000.


7.    Tang Crimping

tang crimping

Tang crimping merupakan salah satu jenis tang yang digunakan dalam kelistrikan arus lemah seperti pekerjaan kabel LAN dan telepon. Oleh karena itu tang ini wajib dimiliki oleh teknisi telekomunikasi.

Tang crimping berfungsi untuk mengupas, memotong serta menyambung kabel internet dan telepon menggunakan konektor RG45.

Tang crimping yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp55.000.


8.    Tang Krone

tang krone

Tang krone merupakan salah satu jenis tang yang digunakan pada bidang telekomunikasi untuk keperluan kabel telepon dan internet. Tang krone berfungsi sebgaian alat instalasi kabel telepon seperti memasang atau menghubungkan kabel telepon pada terminal LSA krone.

Tang krone yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp75.000.


9.    Tang Press Skun

tang press skun

Tang press skun merupakan salah satu jenis tang yang memiliki bentuk gerigi tidak tajam dan terdiri dari beberapa ukuran. Tang Press skun berfungsi untuk menghubungkan sebuah kabel dengan skun (cable lug).

Cara menggunakan tang press skun ini adalah dengan menjepit dan menekan (press) skun hingga terhubung dekan kabel. Tang ini biasa digunakan untuk ukuran kabel yang kecil.

Tang press skun yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp125.000.


10.    Tang Skun Hidrolik

tang skun hidrolik

Tang skun hidrolik merupakan salah satu jenis tang yang berukuran besar dan memanfaatkan tenaga hidrolik dalam menekan (press) skun agar terhubung dengan kabel.

Tang skun hidrolik ini digunakan untuk skun dan kabel yang berukuran besar seperti pada sistem jaringan tegangan listrik menengah. Oleh karena itu, alat ini memiliki banyak ukuran press untuk berbagai macam ukuran skun.

Tang press hidrolik yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp500.000.


11.    Tang Rivet

tang rivet

Tang rivet merupakan salah satu jenis tang yang digunakan dalam pekerjaan mabel, lemari, pintu yang berbahan aluminium, seng atau stainless.

Tang rivet berfungsi untuk menembakkan paku rivet ke permukaan logam (aluminium, seng atau stainless) agar terhubung satu sama lain.

Jenis tang yang berfungsi untuk memasang paku keling adalah tang rivet.

Tang rivet yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp80.000.


12.    Tang Kakatua (End Cutting Pilers)

tang kakatua

Tang kakatua merupakan salah satu jenis tang potong yang memiliki bentuk seperti paruh burung kakatua. Tang kakatua berfungsi untuk memotong kawat dan mencabut paku secara praktis. Oleh karena itu tang ini dapat dijumpai pada pekerja bangunan.

Tang kakatua yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp45.000.


13.    Tang Burung

tang burung

Tang burung merupakan salah satu jenis tang yang memiliki bentuk seperti paruh burung. Tang burung berfungsi untuk mencengkram, mengencangkan dan melepas pipa. Oleh karena itu tang ini banyak dipakai pada sistem pemipaan.

Tang kakatua yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp62.000.


14.    Tang Buaya

tang buaya

Tang buaya merupakan salah satu jenis tang yang memiliki bentuk seperti moncong buaya. Tang ini digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan baut atau mur.

Bukaan tang buaya dapat diatur dengan memutar setelan pengunci yang ada pada bagian bawahnya. Tang ini biaya digunakan oleh montir atau tukang bengkel.

Tang buaya yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp90.000.


15.    Tang Multi Fungsi

tang multi fungsi

Tang multi fungsi merupakan salah satu jenis tang yang memiliki fungsi yang beragam (multi-fungsi). Tang ini terdiri dari berbagai macam alat kerja yang memiliki fungsi tersendiri.

Tang multi fungsi berfungsi sebagai tang pada umumnya (seperti menjepit, membengkokkan, mengencangkan dan mengendurkan baut, press skun) namun dilengkapi dengan fungsi lain seperti pembuka botol, penggaris, obeng, pisau kecil dll.

Tang multifungsi yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp155.000.


16.    Tang Slip Joint

tang slip joint

Tang slip joint merupakan salah satu jenis tang yang paling umum digunakan. Tang ini memiliki bagian mulut yang datar dan bergerigi sehingga cocok untuk pekerjaan pada umumnya.

Tang split joint berfungsi untuk menjepit dan mencengkram benda kerja, mengencangkan dan mengenderkan baut, mur dan pipa.

Tang multifungsi yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp40.000.


17.    Tang Ampere

tang ampere

Tang ampere merupakan salah satu jenis tang yang banyak digunakan oleh instalatir listrik. Tang ini memiliki fungsi utama untuk mengukur nilai arus listrik yang mengalir pada suatu penghantar (kabel).

Selain itu tang ini memiliki fungsi lain yang sama dengan multimeter yaitu untuk mengukur tegangan listrik (volt), resistansi (ohm) pada listrik AC dan DC.

Tang multifungsi yang ada di pasaran dijual dengan harga ± Rp700.000.


Catatan : Harga yang ditampilkan merupakan harga dari E-commerce. Harga tersebut bisa berbeda tergantung dari merek dan spesifikasi masing-masing tang.


Jadi itulah penjelasan mengenai jenis jenis dan macam-macam Tang beserta fungsinya yang sering digunakan dalam pertukangan, pekerjaan listrik, pemipaan, mekanik dan pekerjaan lainnya.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "17 Jenis Dan Macam TANG Beserta Fungsi Dan Harganya"