Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lampu Tumblr : Jenis, Cara Pasang, Watt Dan Harga

Lampu Tumblr – Lampu merupakan piranti elektronik yang berfungsi untuk membuat cahaya buatan agar dapat menyinari sekelilingnya. Lampu digunakan untuk menyinari ruangan, meja kerja dan juga sebagai hiasan.

Begitu pentingnya lampu membuat banyak produsen lampu yang berinovasi mulai dari lampu hemat energi, cahaya terang, bentuk yang unik dan harga yang murah. 

Salah satu jenis lampu yang akan kami bahas adalah lampu tumblr. Lampu ini banyak digunakan untuk menghias dan mendekorasi ruangan atau objek tertentu.

Di dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan materi tentang pengertian lampu tumblr, fungsi, jenis, konsumsi listrinya (berapa watt), cara pasang, panjang lampu tumblr dan harganya.


Apa Itu Lampu Tumblr?

lamput tumblr adalah

Lampu Tumblr adalah salah satu jenis lampu hias yang digunakan untuk membuat dekorasi dan hiasan pada area indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan).

Lampu tumblr biasa disebut sebagai string lights karena memiliki konstruksi seperti beberapa lampu kecil yang menempel pada seutas tali. Seutas tali pada lampu tumbr merupakan kabel yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari sumber ke lampu.

Berdasarkan jenis lampunya, lampu tumblr terbagi menjadi lampu satu warna dan lampu dengan warna warni (rainbow). Kedua jenis lampu tersebut terkadang memiliki mode seperti kelap kelip dan monoton.

Lampu Tumblr terbagi menjadi dua berdasarkan sumber energi listriknya yaitu lampu tumblr yang menggunakan baterai dan lampu tumblr yang bisa langsung dicolok di listrik PLN.


Fungsi Lampu Tumblr

Lampu tumblr berfungsi sebagai lampu hias yang digunakan untuk mendekorasi ruangan dan objek tertentu. Lampu tumblr tidak digunakan sebagai lampu utama karena intensitas cahaya yang dipancarkan tidak begitu terang.

Dengan adanya lampu tumblr maka suatu ruangan atau objek (seperti plang toko) akan menjadi lebih indah dan membuat orang lain tertarik.


Jenis Lampu Tumblr

Lampu tumblr memiliki berbagai macam varian bentuk, warna dan jenis lampu. Nah berikut ini merupaka jenis lampu tumblr berdasarkan tipe lampu yang digunakan.

1. Lampu Tumblr LED

Lampu tumblr LED merupakan jenis lampu Tumblr yang menggunakan lampu jenis LED. Lampu ini memiliki kelebihan yaitu hemat daya listrik, watt rendah dan cahaya lebih terang.

2. Lampu Tumblr Bohlam

Lampu tumblr bohlam merupakan jenis lampu tumblr yang menggunakan lampu jenis bohlam. Jenis lampu ini memiliki ukuran yang lebih besar namun sedikit lebih boros dibandingkan lampu LED.


Jenis Hiasan Lampu Tumblr

Berikut ini merupakan jenis hiasan dan dekorasi lampu tumblr yang bisa kalian contoh untuk mendekorasi ruangan atau daerah tertentu agar menjadi lebih indah. (Gambar diambil dari Shopee).

1. Lampu Tumblr Tirai

lampu tumblr

Lampu tumblr tirai merupakan salah satu bentuk dekorasi lampu hias yang menyerupai tirai. Lampu ini terdiri dari beberapa buah lampu kecil yang menempel pada kabel dan menggantung layaknya tirai.

Ada beberapa utas kabel yang menggantung sehingga membentuk dekorasi yang menarik seperti sebuah tirai. Lampu tumblr tirai ini memiliki berbagai macam varian warna dan bentuk yang cocok sebagai hiasan.

2. Lampu Tumblr Di Dinding

lampu tumblr 10 meter berapa watt

Lampu Tumblr di dinding merupakan salah satu bentuk dekorasi lampu yang dipasang di dinding. Ada berbagai macam bentuk pemasangannya seperti dipasang pada sudut dinding, dipasang horizontal, dipasang vertikal, dipasang membentuk love dll.

3. Lampu Tumblr Foto Polaroid

lampu tumblr 10 meter

Lampu tumblr foto polaroid adalah jenis dekorasi lampu yang dipasang dengan foto polaroid. Jenis dekorasi ini cocok buat kalian yang senang memajang foto, seperti foto momen penting, foto idola, foto dengan pasangan dll.

4. Lampu Tumblr Dalam Toples

lampu tumblr

Lampu tumblr dalam toples merupakan jenis dekorasi yang dapat dilakukan dengan cara memasukkan lampu ke dalam toples. Susunan lampu yang acak memberi kesan seni dan keindahan tersendiri. 

5. Lampu Tumblr Membentuk Huruf Dan Tulisan

lampu tumblr

Dekorasi lampu tumblr selanjutnya adalah dengan membentuk sebuah huruf atau tulisan yang kamu sukai seperti nama, love ataupun quotes. Pemasangan lampu tumblr membentuk tulisan dapat dilakukan dengan menggunakan klem kabel.


Berapa Watt Lampu Tumblr

Penggunaan lampu tumblr sebagai hiasan banyak dijumpai baik ditempat umum maupun di ruangan pribadi seperti kamar. Namun, apakah lampu tumblr hemat atau borong energi listrik?

Konsumsi daya listrik lampu tumblr berbeda-beda tergantung spesifikasi, panjang, warna dan banyaknya lampu yang terpasang.

Di dalam salah satu video youtube kami melihat bahwa penggunaan watt lampu tumblr 10 meter adalah berkisar 0.9 – 2.7 watt. Pengukuran tersebut menggunakan watt meter dan merek lampu tumblrnya adalah “LED Twinkle berwaran Biru”.

Dalam video ada tiga mode nyala yaitu mode statis, mode kelap-kelip lambat dan kelap-kelip cepat. Berikut ini penggunaan daya lampu tumblr 10 meter tersebut.

  • Mode Nyala Statis 2.7 Watt
  • Mode Kelap-Kelip Lambat 1.5 Watt
  • Mode Kelap-Kelip Cepat 0.9 Watt

Jika kalian ingin tahu “Berapa watt lampu tumblr 10 meter” maka bisa dilihat keterangan yang tertulis pada boxnya.


Cara Memasang Lampu Tumblr

Ada berbagai macam cara memasang lampu tumblr seperti memasang secara langsung atau menggunakan komponen tambahan. Berikut ini merupakan cara memasang lampu tumblr dengan baik.

1. Menggunakan Adhesive Hook

cara pasang lampu tumblr

Menggunakan adhesive hook merupakan cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku. Hal tersebut dikarenakan adhesive hook bisa menempel di dinding dengan perekatnya dan setelah itu lampu tumblr bisa digantung.

2. Menggunakan Klem Kabel

cara pasang lampu tumblr

Memasang lampu tumblr dapat dilakukan dengan menggunakan klem kabel. Namun untuk memasang klem kabel maka harus memaku dinding atau tembok. Tapi tidak mengapa karena dengan adanya klem kabel maka lampu tumblr dapat terpasang dengan kokoh.

3. Menggunakan Selotip

cara pasang lampu tumblr

Cara memasang lampu tumblr adalah dengan menggunakan selotip. Pakailah selotip transparan atau yang memiliki motif namun yang penting memiliki daya rekat yang kuat. Dengan selotip, lampu tumblr bisa menggantung atau menempel. Kalian bisa juga menggunakan double tip.

4. Memasang Di Batang Gorden

cara pasang lampu tumblr tanpa paku

Cara selanjutnya adalah dengan menggantungkan lampu tumblr di batang gorden. Langkah ini cukup mudah namun perlu diselotip agar lampu tidak jatuh.


Harga Lampu Tumblr

Harga lampu tumblr cukup beragam dan bergantung pada banyaknya lampu, warna lampu, panjang lampu dan spesifikasinya. 

Berdasarkan harga yang ada di Tokopedia, harga lampu tumblr permeternya adalah Rp2.187. Namun untuk harga lampu tumblr 10 meter berkisar Rp13.000 hingga Rp25.000.


Jadi itulah penjelasan mengenai lampu tumblr, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Lampu Tumblr : Jenis, Cara Pasang, Watt Dan Harga"