Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alasan Ilmiah Kenapa Makan Cokelat Bikin Bahagia

Apa alasan kenapa cokelat bisa bikin bahagia? Adakah alasan ilmiah kenapa cokelat bikin bahagia?

Menjalani hari-hari yang begitu melelahkan kadang membuatmu merasa lelah dan pusing. Rasa lelah dan pusingmu itu terkadang akan membuatmu merasa tidak bahagia. Kamu akan cenderung memilih aktivitas yang dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan kepenakan sehingga dapat membuatmu kembali bahagia. Tahukah kamu bahwa untuk membuat diri menjadi bahagia dapat kamu lakukan dengan hanya mengomsumsi cokelat. Cokelat dipercaya dapat membuat orang bahagia dan meningkatkan tingkat kebahagiaan di saat kurang mood.


Dilansir dari berbagai sumber, bahwa cokelat memiliki andil dalam membuat seseorang bahagia. Sebenarnya apasih yang membuat cokelat dapat membahagiaankan seseorang. Ternyata di dalam sebuah cokelat mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat membuat perasaan seseorang menjadi bahagia. Terus senyawa kimia apa yang dikandung oleh cokelat itu? Berikut ini merupakan senyawa kimia yang dikandung oleh cokelat.

1. Phenylethylamine

Phenylethylamine merupakan salah satu senyawa kimia di dalam cokelat yang merangsang pusat kesenangan yang ada pada otak manusia. Dengan terangsangnya pusat kesenangan itu maka akan membuat orang tersebut menjadi bahagia. Namun sayangnya, senyawa ini cepat dicerna oleh tubuh sehingga efeknya tidak akan berlangsung lama

2. Gula

Perlu kamu ketahui bahwa cokelat murni memiliki rasa yang pahit, nah agar cokelat lebih nikmat dikomsumsi maka dicampurkan gula untuk memberi rasa manis. Gula memberikan efek bahagia kepada seseorang sebab dengan mengomsusmsi gula akan melepaskan senyawa kimia yang ada di dalam tubuh yang bekaitan langsung dengan kebahagiaan, seperti senyawa dopamin. 

3. Theobromine

Theobromine merupakan senyawa organik yang mengandung nitrogen. Apabila senyawa ini dipadukan dengan kafein yang ada pada cokelat maka akan memberikan rasa stimulasi pada otak. Efek stimulasi inilah yang akan membentuk perasaan bahagia pada seseorang.

4. Serotonin

Serotonin merupakan senyawa kimia  yang berfungsi sebagai neurotransmitter alami yang berperan penting dalam mengontrol suasana hati dan dapat mencegah depresi. Dengan mengomsumsi cokelat maka kandungan serotonin nya akan mempengaruhi suasana hati seseorang menjadi bahagia.

5. Anandanime

Anandanime merupakan senyawa kimia yang ada di dalam cokelat yang berfungsi untuk mengikat reseptor cannabinoid pada otak. Efek yang ditimbulkan oleh senyawa Anandanime ini berpengaruh langsung terhadap suasana hati seseorang.


Jadi itulah alasan mengapa cokelat dapat membuat bahagia. Ternyata di dalam cokelat terkandung beberapa senyawa kimia yang berperan langsung dalam mengontrol kebahagiaan seseorang. Buat kamu yang merasa lelah dan tidak bahagia cobalah minum secangkir cokelat hangat, semoga suasana hati kamu kembali bahagia dengan cokelat tersebut. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Alasan Ilmiah Kenapa Makan Cokelat Bikin Bahagia"