Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger Di Kabel Listrik

Kenapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger Di Kabel Listrik - Hampir semua orang pernah meihat burung yang bertengger di kabel atau kawat listrik dan setelah itu bertanya mengapa burung tersebut tidak kesetrum atau tersengat listrik. Alih-alih kesetrum, burung tersebut justru bermain dan berkicau di atas kawat listrik yang bertegangan. Untuk menjawab pertanyaan mengapa burung tidak kesetrum saat bertengger di atas kawat listrik, kamu perlu mengetahui sebelumnya sifat dari listrik itu sendiri, berikut ini penjelasannya.





Listrik Tidak Mengalir Melalui Bahan Isolator

Bahan isolator merupakan bahan yang tidak menghantarkan arus listrik. Perlu diketahui bahwa kabel listrik berbeda dengan kawat listrik. Kabel listrik merupakan penghantar listrik yang dibungkus isolasi yang tahan listrik sedangkan kawat listrik merupakan penghantar tanpa isolasi atau biasa orang menyebutnya dengan kabel telanjang. Dengan kata lain di dalam kabel terdapat penghantar dan isolasi. Penghantar berfungsi menghantarkan listrik sedangkan isolasi sebagai sekat (pemisah) antara penghantar dan benda yang di luarnya agar tidak tersetrum.

Baca Juga : Tabel Kelas Isolasi Motor Listrik


Listrik Mengalir Pada Rangkaian tertutup

Listrik akan mengalir pada suatu rangkaian tertutup seperti percobaan di SD menggunakan baterai dan lampu. Ketika baterai dihubungkan dengan lampu dan saklar di ON kan maka lampu akan menyala. Percobaan tersebut membuktiikan terjadinya beda potensial antara kutub positif dan negatif yang berarti listrik mengalir pada rangkaian tertutup.



Listrik Mngalir Dari Tegangan Tinggi Ke Tegangan Rendah

Kawat listrik berfungsi untuk menghantarakan arus listrik dari satu tempat ke tempat lain sehingga dapat dinyatakan bahwa kawat listrik yang ada di pinggir jalan memiliki tegangan. Pada dasarnya listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah. Diketahui bahwa tanah atau bumi memiliki tegangan rendah sehingga listrik sering mengalir menuju ke tanah. Itu sebabnya ketika kita menyentuh kawat yang bertengangan dan tidak menggunakan alas kaki maka kita akan kesetrum sebab listrik mengealir dari sumber ke tanah melalui tubuh kita.



Jadi Mengapa Burung Tidak Kesetrum

  1. Karena burung bertengger pada kabel dengan isolasi yang baik sehingga aliran listrik tidak menembus isolasi yang dapat menyebabkan burung kesetrum.  
  2. Karena burung bertengger di salah satu kawat listrik saja sehingga tidak terjadi beda potensial yang menyebabkan listrik mengalir ke tubuhnya. Kecuali, burung tersebut bertengger di salah satu kawat listrik dan sayapnya mengenai kawat listrik di sebelahnya maka burung tersebut akan tersetrum, sebab aliran listrik mengalir dari kawat listrik satu ke kawat listrik sebelahnya melalui tubuhnya sebagai penghantar listrik.
  3. Karena Burung tidak menyentuh tanah atau bumi sehingga tidak ada aliran listrik yang melalui tubuh burung menuju ke tanah. Dengan kata lain ketika tidak ada perantara (tubuh burung) antara sumber listrik bertegangan tinggi (kawat listrik) ke tanah yang bertegangan rendah maka tidak ada aliran listrik yang menuju ke tanah.



Jadi itulah jawaban mengapa burung tidak tersetrum atau tersengat saat bertengger di kabel atau kawat listrik. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Kenapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger Di Kabel Listrik"