Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Diagram Satu Garis Dan Diagram Pengawatan Saklar Tunggal

Bagaimana diagram pengawatan saklar tunggal? Bagaimana diagram satu garis saklar tunggal? Apa pengertian saklar tunggal? Bagaimana instalasi saklar tunggal? Diagra mpengawatan saklar tunggal dengan stop kontak.

Diagram Satu Garis Dan Pengawatan Saklar Tunggal - Pada suatu instalasi listrik rumah, terdapat komponen-komponen listrik yang dipasang sedemikian rupa untuk tujuan penerangan maupun tenaga. Dalam instalasi listrik penerangan digunakan komponen utama berupa saklar, kabel dan lampu. Nah Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang instalasi listrik saklar tunggal.

instalasi saklar tunggal


Di dalam artikel ini memuat pembahasan lengkap tentang instalasi listrik saklar tunggal, mulai dari pengertian saklar tunggal, simbol saklar tunggal, diagram satu garis (single line diagram) saklar tunggal dan diagram pengawatan (wiring diagram) saklar tunggal.

Pengertian Saklar

Saklar adalah komponen listrik yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan aliran listrik pada beban. Pada suatu intalalasi listrik rumah, saklar sangat berperan penting  untuk mengendalikan beban lampu. 

Terdapat berbagai macam-macam saklar untuk mengendalikan beban lampu, mulai dari saklar tunggal, seri, tukar, silang, tekan dan masih banyak lagi. Namun khususn untuk artikel kali ini hanya membahas tentang saklar tunggal.

Pengertian Saklar Tunggal

Saklar tunggal adalah saklar yang dapat mengendalikan satu buah beban (lampu). Dengan kata lain saklar tunggal berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik pada sebuah beban. 

Pada suatu instalasi listrik rumah dan bangunan, saklar tunggal sering digunakan untuk mengendalikan satu buah beban, seperti di ruang kamar tidur, toilet, dan ruangan lainnya.

Instalasi Saklar Tunggal

Dalam melakukan instalasi saklar tunggal harus menggunakan komponen utama berupa lampu, kabel dan saklar tunggal yang sesuai standar SNI. Hal tersebut dimaksudkan agar komponen yang diunakan tidak cepat rusak dan tidak membahayakan kelistrikan anda.

Selain itu, hal penting yang harus diketahui sebelum melakukan instlasi adalah diagram satu garis (single line diagram) saklar tunggal dan diagram pengawatan (wiring diagram) saklar tunggal. Hal tersebut dimaksudkan agar mengetahui berapa komponen yang diperlukan, bagaimana isntalasinya dan jumlah kabel yang masuk di dalam pipa.

Simbol Saklar Tukar dan Stop Kontak

Di dalam ilmu kelistrikan terdapat simbol-simbol yang mewakili suatu komponen listrik, diantaranya saklar dan stop kontak. Berbagai macam saklar memiliki simbolnya masing-msaing. Nah berikut ini merupakan simbol saklar tunggal dan simbol stop kontak

Simbol Saklar Tunggal

https://www.carailmu.com/2020/04/diagram-satu-garis-dan-pengawatan.html

Simbol Stop Kontak


https://www.carailmu.com/2020/04/diagram-satu-garis-dan-pengawatan.html

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Tunggal

Diagram satu garis (single line diagram) adalah sebuah diagram yang menggambarkan komponen-komponen listrik yang saling berhubungan yang diwakilkan dengan simbol-simbol dan satu garis penghubungnya. Nah berikut ini merupakan Diagram satu garis (single line diagram) saklar tunggal.

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Tunggal

https://www.carailmu.com/2020/04/diagram-satu-garis-dan-pengawatan.html
Gambar diagram satu garis saklar tunggal

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Tunggal Dengan Stop Kontak

https://www.carailmu.com/2020/04/diagram-satu-garis-dan-pengawatan.html
Gambar diagram satu garis saklar tunggal dengan stop kontak

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Tunggal

Diagram pengawatan (wiring diagram) adalah diagram atau gambar yang menghubungkan antara komponen-komponen listrik yang dinyatakan dalam sumbol-simbol dan garis-garis penghubungnya. Nah berikut ini merupakan diagram pengawatan (wiring diagram) saklar tunggal.

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Tunggal 

https://www.carailmu.com/2020/04/diagram-satu-garis-dan-pengawatan.html
Gambar diagram pengawatan saklar tunggal 

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Tunggal Dengan Stop kontak

https://www.carailmu.com/2020/04/diagram-satu-garis-dan-pengawatan.html
Gambar diagram pengawatan saklar tunggal dengan stop kontak


Jadi itulah pembahasan lengkap saklar tunggal mulai dari pengertian saklar tunggal, simbol saklar tunggal, diagram satu garis saklar tunggal, diagram pengawatan saklar tunggal, diagram pengawatan saklar tunggal dengan sakler sampai diagram instalasi saklar tunggal. 

Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon dikoreksi dan jika ada yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.

Referensi :
Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Diagram Satu Garis Dan Diagram Pengawatan Saklar Tunggal"