Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Diagram Satu Garis Dan Diagram Pengawatan Saklar Seri

Bagaimana diagram pengawatan saklar seri? Bagaimana diagram satu garis saklar seri? Bagaimana diagram instalasi saklar seri? Diagram saklar seri dengan stop kontak. Pengertian dan simbol saklar seri.

Pada suatu instalasi listrik rumah dan bangunan, terdapat beberapa komponen listrik yang dipasang untuk tujuan penerangan maupun tenaga. Dalam instalasi listrik penerangan, digunakan komponen utama berupa saklar, kabel dan lampu. Untuk kesempatan kali ini, kami akan membahas lengkap tentang saklar seri.



diagram pengawatan saklar seri

Pada artikel ini memuat pembahasan lengkap tentang instalasi listrik saklar seri, mulai dari pengertian saklar seri, simbol saklar seri, diagram satu garis (single line diagram) saklar seri dan diagram pengawatan (wiring diagram) saklar seri.


Pengertian Saklar

Saklar merupakan komponen listrik yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan listrik pada suatu beban. Pada suatu intalalasi listrik penerangan, saklar sangat berperan penting  dalam mengendalikan beban lampu. Terdapat berbagai macam-macam saklar untuk mengendalikan beban lampu, mulai dari saklar tunggal, seri, tukar, silang, tekan dan sejenisnya. Namun khusus untuk artikel ini hanya membahas tentang saklar seri.


Pengertian Saklar Seri

Saklar seri adalah saklar yang dapat mengendalikan dua buah beban (lampu). Dengan kata lain saklar seri berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik pada dua titik beban. Pada suatu instalasi listrik rumah dan bangunan, saklar seri sering digunakan untuk mengendalikan dua buah beban, seperti di ruang tengah, ruang keluarga, dapur, aula dan ruangan lainnya.


Instalasi Saklar Seri

Dalam melakukan instalasi saklar seri harus menggunakan komponen utama berupa lampu, kabel dan saklar seri yang sesuai standar SNI. Hal ini dimaksudkan agar komponen yang diunakan tahan lama dan dapat memberi keamanan terhadap kelistrikan anda.

Selain komponen, hal penting yang harus diketahui dan disiapkan seorang instalatir pemula sebelum melakukan instlasi adalah diagram satu garis (single line diagram) saklar seri dan diagram pengawatan (wiring diagram) saklar seri. Hal ini dimaksudkan agar mereka mengetahui berapa komponen yang diperlukan, bagaimana instalasinya dan berapa jumlah kabel yang masuk di dalam pipa.

Baca Juga Diagram Satu Garis Dan Diagram Pengawatan Saklar Tunggal

Simbol Saklar Tukar

Dalam suatu gambar diagram instalasi terdapat simbol-simbol yang mewakili suatu komponen listrik diantaranya adalah simbol saklar. Berbagai macam saklar memiliki simbolnya masing-msaing. Nah berikut ini merupakan simbol saklar seri dan simbol stop kontak yang sering digunakan sekaligus.


diagram pengawatan saklar seri
Simbol Saklar Seri

diagram pengawatan saklar seri
Simbol Stop Kontak


Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Seri

Diagram satu garis (single line diagram) adalah sebuah diagram yang menggambarkan beberapa komponen listrik yang saling berhubungan yang diwakilkan dengan simbol-simbol dan satu garis penghubungnya. Nah berikut ini merupakan Diagram satu garis (single line diagram) saklar seri.

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Seri

diagram pengawatan saklar seri
Single line diagram saklar seri

Diagram Satu Garis (Single Line Diagram) Saklar Seri Dengan Stop Kontak

diagram pengawatan saklar seri
Single line diagram saklar seri dengan stop kontak


Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Seri.

Diagram pengawatan (wiring diagram) adalah diagram atau gambar yang menghubungkan antara beberapa komponen listrik yang dinyatakan dalam sumbol-simbol dan garis-garis penghubungnya. Nah berikut ini merupakan diagram pengawatan (wiring diagram) saklar seri.

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Seri.

diagram pengawatan saklar seri
Diagram pengawatan saklar seri

Diagram Pengawatan (Wiring Diagram) Saklar Seri Dengan Stop kontak

diagram pengawatan saklar seri
Diagram pengawatan saklar seri dengan stop kontak


Jadi itulah pembahasan lengkap mengenai saklar seri mulai dari pengertian saklar seri, simbol saklar seri, diagram satu garis saklar seri, diagram pengawatan saklar seri, diagram pengawatan 
saklar seri dengan stop kontak sampai diagram instalasi saklar seri. 

Demikian artikel ini semoga bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon dikoreksi dan jika ada yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.

Referensi : 
Kelistrikanku.com
listrik-praktis.com

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Diagram Satu Garis Dan Diagram Pengawatan Saklar Seri"