Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apakah Belut Listrik Dapat Dikomsumsi?

Belut merupakan hewan air asin dan tawar yang dapat dijadikan sebagai sumber protein. Nah lantas kalau begitu, apakah belut listrik dapat dimakan atau dikomsumsi? Yuk baca terlebih dahulu fakta belut listrik berikut ini.

apakah belut listrik dapat dikomsumsi
Image : Wikipedia

Belut listrik atau sidat listrik (Electrophorus electricus) merupakan hewan air yang menyerupai ular dengan tubuh panjang namun memiliki sirip yang pendek. Belut listrik dapat ditemukan di perairan yang tenang dan keruh seperti di sungai amazon, sungai orinoko dan daerah sekitarnya. Belut listrik memiliki ukuran rata-rata 1 m namun hewan air ini dapat tumbuh hingga 2,5 m dengan berat mencapai 20 kg.

Pada faktanya, belut atau sidat listrik sebenarnya bukanlah termasuk jenis belut melainkan termasuk ke klasifikasi ilmiah ikan carp atau catfish. Hewan satu ini sering muncul di permukaan air untuk mengambil oksigen pernapasan sebab termasuk hewan penghirup udara. 

Belut listrik termasuk dalam jenis kniefefish atau “gymnotiform” yang termasuk dalam kelompok ikan bertulang banyak (teleost). Dikatakan belut listrik sebab hewan ini dapat menghasilkan listrik. Belut listrik memiliki sistem saraf spesial yang dapat menyinkronkan aktivitas sel-sel penghasil listrik yang dikemas pada organ tubuh khusus sehingga dapat menghasilkan listrik. Sekitar 80 % organ tubuh dan 6000 sel (dikenal sebagai electrocyte) belut listrik dapat menghasilkan listrik.

Belut listrik dapat menghasilkan aliran listrik hingga 600 - 650 volt bahkan belut listrik kecil pun dapat menghasilkan listrik sebesar 100 volt. Dengan energi listrik 650 volt tersebut menurut penelitian sudah dapat menyalakan 12 buah lampu pijar. Listrik tersebut digunakan untuk menyerang mangsanya atau mempertahankan dirinya dari musuh.

Apakah Belut Listrik Dapat Dimakan atau Dikomsumsi?

Belut listrik secara teknis merupakan hewan yang dapat dikomsumsi. Namun sangat jarang ditemukan di luar sana orang mengomsumsi belut listrik sebagai sumber protein utama. Hal tersebut didasarkan karena belut listrik sangat susah dan berbahaya untuk ditangkap sehingga orang yang ingin menangkapnya harus benar-benar profesional. Selain itu belut listrik merupakan jenis ikan yang memiliki banyak tulang (teleost) sehingga dagingnya pun sedikit.

Baca Juga : Daftar Hewan Udara Tercepat Di Dunia

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Apakah Belut Listrik Dapat Dikomsumsi?"