Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian, Fungsi Dan Komponen Kubikel Tegangan Menengah

Apa pengertian kubikel? Apa fungsi kubikel jaringan tegangan menengah? Ada berapa jenis-jenis kubikel? Apasajakah komponen-komponen kubikel? Bagaimana mengoperasikan kubikel tegangan menengah?

Salah satu komponen atau peralatan listrik dalam sistem tenaga adalah Kubikel Tegangan Menengah. Kubikel sangat penting dalam mengendali, melindungi dan membagi tenaga listrik dari sumber listrik. Begitu pentingnya kubikel sehingga kami tertarik untuk membahas mulai dari pengertian kubikel, fungsi kubikel, jenis-jenis kubikel, bagian-bagian kubikel dan kompoen-kompoen kubikel.

materi lengkap kubikel tegangan menengah

A. Pengertian Kubikel Tegangan Menengah

Kubikel Tegangan Menengah adalah  suatu peralatan atau perlengkapan listrik yang dapat berfungsi sebagai pembagi, pengendali, penghubung dan pelindung tenaga listrik. Suatu kubikel terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Incoming, Metering dan Outgoing yang masing-masing memiliki fungsinya tersendiri. 

B. Fungsi Kubikel Tegangan Menengah

Fungsi utama kubikel adalah untuk mengendalikan, melindungi dan membagi tenaga listrik. Secara spesifik,fungsi kubikel adalah sebagai berikut

1. Mengendalikan sirkuit yang dilakukan oleh saklar utama.

2. Melindungi sirkuit yang dilakukan oleh fuse/pelebur, saklar pemisah (PMS) dan pemutus tenaga (PMT).

3. Membagi sirkuit dilakuan oleh pembagian jurusan/kelompok (busbar).

4. Mengukur besaran listrik (Tegangan, arus, daya, frekuensi dll) yang dilakukan oleh alat metering.

C. Jenis-Jenis Kubikel Dan Perlengkapannya

Kubikel tegangan menengah di gardu induk dapat dibagi berdasarkan fungsi atau penempatannya. Berikut ini merupakan jenis-jenis kubikel beserta komponen-komponen penyusunnya

a. Kubikel Incoming

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Kubikel Incoming berfungsi sebagai penghubung dari sisi sekunder trafo daya ke busbar 20 kV.Tegangan 20 kV dari sisi sekunder trafo masuk ke dalam busbar 20 kV yang berada di dalam kubikel 20 kV.  

Adapun komponen-komponen dalam Incoming adalah sebagai berikut:

1. Busbar

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Busbar digunakan untuk mengumpulkan daya listrik dengan tegangan 20 kV serta membaginya ke tempat-tempat yang diperlukan.Busbar dibuat dari tembaga atau aluminium dengan bentuk sesuai dengan desain dari masing-masing pabrik.

2. PMS (Pemisah)

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Disconnecting switch (DS) atau Pemisah (PMS) adalah peralatan pada sistem tenaga listrik yang berfungsi sebagai saklar pemisah yang dapat memutus dan menyambung rangkaian dalam kondisi tanpa beban, Proses buka tutup PMS memiliki interlocking dengan PMT dan earthing switch. Mekanisme interlocking tersebut adalah :

a. PMS tidak dapat ditutup ketika PMT dalam posisi tertutup. 

b. Saklar pembumian (Earthing Switch) dapat ditutup hanya ketika PMS dalam keadaan terbuka. 

c. PMS dapat ditutup hanya ketika PMT dan ES terbuka.

3. Earthing Switch 

Saklar pentanahan digunakan jika akan dilakukan pemeliharaan terhadap sistem dan menghilangkan tegangan akibat kapasitansi yaitu dengan menghubungkan saluran yang bertegangan ke bumi. Dalam keadaan normal saklar pentanahan pada posisi terbuka dan bila saluran transmisi mengalami gangguan hubung singkat maka saklar pentanahan akan ditutup dengan tujuan membebaskan tegangan pada salusan transmisi.

4. Heater

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Heater adalah alat yang berfungsi untuk menjaga komponen-komponen kubikel dari kelembapan udara, karena kelembapan udara bisa menimbulkan bercak-bercak kotoran sehingga bercak kotoran akan menjadi karatan di peralatan kubikel. Alat ini di operasikan pada tegangan 220 Volt dan akan tetap beroperasi walaupun kubikel dalam kondisi normal/off maupun saat terhubung ke bumi.Heater juga terdapat pada Kubikel Metering dan Outgoing.

b. Kubikel Metering

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Kubikel ini berfungsi untuk keperluan pengukuran.  Kubikel ini dilengkapi dengan alat pengukuran , seperti amperemeter, voltmeter, dan wattmeter. Selain itu, kubikel ini juga dilengkapi dengan alat proteksi, seperti fuse.

Adapun alat – alat yang terdapat dalam kubikel metering sebagai berikut:

1. Fuse 

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Pada kubikel terdapat suatu sekering tegangan menengah yang sering disebut sebagai solefuse yang digunakan untuk melindungi trafo tegangan dari gangguan.

2. Trafo Tegangan (Potensial Transformer) 

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Trafo Tegangan berfungsi untuk menurunkan tegangan tinggi atau tegangan menengah menjadi tegangan rendah.Trafo ini mengubah tegangan menjadi besaran ukur sesuai dengan tegangan alat-alat pengukuran. Trafo ini berhubungan dengan jaringan tegangan 20 kV melalui perantara fuse.

c. Kubikel Outgoing

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Kubikel outgoing merupakan kubikel penghubung antara busbar 20 kV yang berada di dalam kubikel dengan jaringan tegangan menengah. Pada kubikel outgoing terdapat Circuit Breaker (CB).

1. Pemutus Tenaga (Circuit Breaker)

Pemutus tenaga atau Circuit Breaker adalah suatu peralatan listrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik sesuai dengan ratingnya. Circuit breaker ini dapat dioperasikan secara otomatis maupun manual dengan waktu pemutus atau penyambungan yang tetap sama, sebab factor ini ditentukan oleh struktur mekanisme yang menggunakan pegas. 

SF6 CB adalah pemutus rangkaian yang menggunakan gas SF6 sebagai sarana pemadam busur api. Gas SF6 merupakan gas berat yang mempunyai sifat dielektrik dan sifat memadamkan busur api yang baik sekali. Prinsip pemadaman busur apinya adalah Gas SF6 ditiupkan sepanjang busur api, gas ini akan mengambil panas dari busur api tersebut dan akhirnya padam. Rating tegangan CB adalah antara 3.6 KV – 760 KV.

2. Trafo Arus (Current Transformer)

materi lengkap kubikel tegangan menengah

Current Transformer (CT) adalah suatu peralatan transformator yang diletakkan dalam rangkaian tenaga listrik yang berguna sebagai peralatan ukur yang dihubungkan dengan relay pengaman. Dengan transformator arus dapat diperluas batas pengukuran suatu alat ukur

d. Kubikel Kopel (Bus Kopling)

Kubikel Kopel merupakan bagian dari jenis kubikel yang berfungsi sebagai penghubung antara rel 1 dengan rel 2.

Baca Juga : Cara Pengoperasian Kubikel Tegangan Menengah Schneider

Jadi itulah materi tentang kubikel mulai dari pengertian kubikel, fungsi kubikel, jenis-jenis kubikel, bagian-bagian kubikel dan kompoen-kompoen kubikel. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

3 comments for "Pengertian, Fungsi Dan Komponen Kubikel Tegangan Menengah"