Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Saklar (Radar) Pelampung Otomatis Di Tangki

Air merupkan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup. Beberapa aktivitas penting selalu ditunjang dengan air bahkan untuk kebutuhan minum sekalipun. Begitu pentingnya peran air dalam menunjang aktivitas membuat kita juga harus sadar untuk selalu berhemat air, entah itu air PDAM, sumur, mata air dll. Terlepas dari ketersediaan air, ada salah satu yang penting dalam mengalirkan air tersebut, yaitu sitem pengairan.

Pada umumnya sistem pengairan berpusat dari sumber air kemudian dialirkan ke tangki penampungan lalu dialirkan tersebar ke keran air. Nah untuk mengalirkan air sampai ke tangki penampungan di perlukan pompa air yang kuat mengalirkan air tersebut mulai dari sumber air, misalnya saja sumur. Selain itu diperlukan sistem otomatis pompa air sehingga dapat membantu manusia dalam mengalirkan air secara otomatis (tidak perlu bolak balik menyalakan atau mematikan saklar).

Sistem kerja pompa yang otomatis tidak lepas dari komponen-komponen yang membuatnya bisa bekerja seperti yang dimaksud. Salah satu komponen yang dapat membuat kerja pompa air otomatis mengikuti keadaan isi tangki penampungan adalah saklar pelampung / radar / tandon pelampung otomatis. Komponen tersebut memanfaatkan dua buah pelampung / pemberat yang menggambarkan kondisi di dalam tangki penampungan dan berperan penting dalam mengontrol kerja saklar pada tangki penampungan.

cara pasang saklar pompa air otomatis

Berikut ini kami akan membagikan gambar konstruksi saklar / radar otomatis, cara pemasangan saklar pelampung / radar / tandon pelampung otomatis pompa air beserta dengan 4 kondisi yang terjadi di dalam tangki penampungan yang mengatur kerja pompa.


Konstruksi Saklar / Radar Pelampung Otomatis

Berikut ini merupakan konstruksi yang ada di dalam saklar / radar / tandon pelampung otomatis.

konstruksi rangkaian saklar radar pelampung otomatis

Tampak pada gambar bahwa terdapat kontak A1 yang dihubungkan dari kebel fasa listrik kemudian keluarannya dari A2 menuju ke pompa air.


Cara Pasang Saklar Pelampung Otomatis Tangki Air

Berikut ini merupakan gambar rangkaian dari cara pemasangan saklar pelampung / radar /  tandon otomatis pada tangki penampungan air.

Terlihat pada gambar bahwa kabel netral dari sumber listrik langsung dihubungkan ke pompa sedangkan untuk kabel fasanya terlebih dahulu masuk ke saklar / radar pada kontak A1 dan keluarannya dari kontak A2 disambungkan menuju ke pompa. 


Siklus Pada Tangki Air

Kondisi 1 (Air Penampungan Sedikit / Kosong)

kondisi tangki penampungan pompa otomatis

Kondisi 1 ini ditandai dengan air yang sedikit dan berada pada batas bawah (minimum). Di saat kondisi tersebut maka pelampung 1 dan pelampung 2 menarik kontak saklar ke bawah hingga menghubungkan kontak A1 dan A2. Ketika kontak A1 dan A2 terhubung maka saklar dalam keadaan ON dan membuat pompa juga ON.

Kondisi 2  (Penampungan Terisi Air)

kondisi tangki penampungan pompa otomatis

Kondisi 2 ini ditandai dengan air yang mulai terisi (pompa masih ON). Di saat kondisi tersebut maka pelampung 2 mengapung namun pelampung 1 masih menarik kontak saklar ke bawah sehingga tetap menghubungkan A1 dan A2. Ketika kontak A1 dan A2 tetap terhubung maka saklar tetap dalam keadaan ON dan membuat pompa juga tetap ON.

Kondisi 3 (Air Penampungan Penuh)

kondisi tangki penampungan pompa otomatis

Kondisi 3 ini ditandai dengan air yang penuh (full) dan berada pada batas atas (maksimum). Di saat kondisi tersebut maka pelampung 1 dan pelampung 2 mengapung sehingga membuat kontak saklar naik ke atas hingga melepaskan hubungan A1 dan A2. Ketika kontak A1 dan A2 tidak terhubung maka saklar dalam keadaan OFF dan membuat pompa juga OFF.

Kondisi 4 (Air Penampungan Berkurang)

kondisi tangki penampungan pompa otomatis

Kondisi 4 ini ditandai dengan air yang berkurang (pompa dalam keadaan OFF). Di saat kondisi tersebut maka pelampung 2 mengapung namun pelampung 1 sudah melayang. Meskipun pelampung 1 sudah melayang namun kontak saklar masih posisi di atas atau tidak menghubungkan kontak A1 dan A2. Ketika kontak A1 dan A2 tidak terhubung maka saklar dalam keadaan OFF dan membuat pompa masih OFF.

Siklus berputar / mengulang ke posisi 1 lagi

Jadi itulah materi dan pembahasan tentang pompa air yang dimulai dari konstruksi saklar / radar / tandon pelampung otomatis, cara pemasangan saklar / radar / tandon pelampung otomatis pada tangki air dan kondisi-kondisi yang terjadi pada tangki air.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Cara Memasang Saklar (Radar) Pelampung Otomatis Di Tangki"