Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Pasang Otomatis (Pressure Switch) Pompa Air

Pompa air merupakan mesin yang sangat berguna dalam menyalurkan air dari sumber menuju ke tempat penampungan. Dengan adanya pompa air, maka kegiatan menimba air di sumur mulai jarang ditemukan.

Dalam pemasangan instalasi pompa air terdapat dua jenis yaitu instalasi pompa air manual dan otomatis. Instalasi manual berarti On-Off pompa air dengan saklar secara manual sedangkan otomatis beararti On-Off pompa air secara otomatis.

Salah satu bagian yang membuat pompa air dapat bekerja otomatis adalah pressure switch atau orang-orang menyebutnya dengan “Otomatis”. Dengan pressure switch tersebut maka pompa air yang sebelumnya manual dapat bekerja dengan otomatis.

cara pasang otomatis pompa air tanpa tabung

Bagaimana cara kerja pressure switch? Bagaimana prinsip kerja otomatis pompa air? Bagaimana cara pasang pressure switch otomatis pompa air? Bagaimana cara merubah pompa manual jadi otomatis? 

Bagaimana cara pasang otomatis pompa air tanpa tabung? Cara setting pressure switch? Cara pasang kabel otomatis pompa air? Pertanyaan tersebut akan terjawab di materi ini.


Pressure Switch

cara kerja pressure switch pompa air

Pressure switch atau “otomatis pompa” merupakan bagian atau komponen tambahan pompa air yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan pompa air. Komponen  ini bekerja berdasarkan tekanan yang ada dalam pompa dan pipa.

Konstruksi Pressure Switch

fungsi pressure switch pompa air

Terlihat pada gambar bahwa pressure switch memiliki konstruksi berupa plat kuningan input (1), output (2) dan plat hubung yang berfungsi untuk menghubungkan aliran listrik dari input ke output.

Plat hubung tersebut bekerja dengan naik turun. Ketika plat turun berarti plat tersebut tidak terhubung dan aliran listrik terputus. Sebaliknya ketika plat naik berarti plat tersebut terhubung dan mengalirkan listrik.

Prinsip Atau Cara Kerja Pressure Switch

Pressure switch atau otomatis pompa air bekerja berdasarkan tekanan yang ada dalam pipa dan pompa. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Kondisi Pompa ON Ke OFF

cara kerja otomatis pompa air

Ketika pompa On dan semua keran air tertutup maka tekanan yang ada dalam pompa dan pipa meningkat sehingga menekan turun plat hubung pressure switch. Ketika plat hubung turun maka aliran listrik yang menuju pompa terputus sehingga membuat pompa Off.

Kondisi Pompa OFF Ke ON

cara kerja otomatis pompa air

Ketika poma Off dan keran air dibuka maka tekanan yang ada dalam pompa dan pipa menurun sehingga membuat plat hubung kembali ke posisi semulanya yaitu posisi atas (naik). Ketika plat hubung nik maka input dan output pressure switch terhubung dan mengalirkan listrik ke pompa, setelah itu pompa On


Jenis Pompa

Sebelumnya kalian harus mengetahui bahwa pompa air pada umumnya terbagi menjadi dua berdasarkan sistem kontrolnya yaitu pompa otomatis dan pompa manual. Contoh pompa otomatis adalah Shimizu PS 130 BIT yang telah dilengkapi dengan pressure switch dan pressure tank (tabung). Sedangkan pompa manual seperti Shimizu PS 128 BIT.

pompa air otomatis zhimisu Ps 130 bit

pompa air manual zhimizu Ps 128 bit

Pertanyaan : Bagaimana cara memasang pompa air manual menjadi otomatis? Bagaimana cara pasang otomatis pompa air tanpa tabung? Berikut ini akan dijawab


Cara Pasang Pressure Switch (Otomatis) Pomp Air

Berikut ini kami bagikan 4 cara pasang pressure switch atau otomatis pompa air sehingga yang tadinya merupakan pompa manual menjadi pompa otomatis.

1.    Memasang Otomatis (Pressure Switch) Pada Lubang Pancingan Pompa

Cara pertama ini merupakan cara memasang pressure switch atau otomatis pompa air yang paling sederhana karena tanpa menggunakan tabung (pressure tank).

cara pasang otomatis pompa air

Pada gambar terlihat bahwa pressure switch atau otomatis pompa air dipasang pada lubang pancingan air. Kalian juga bisa melihat kelistrikan otomatis pompa yang mana 1 kabel dari sumber listrik langsung terhubung ke pompa dan 1 kabel lainnya terhubung ke input pressure switch. Setlah itu, dari output pressure switch dihubungkan ke pompa.

Catatan : Cara ini merupakan cara sederhana dan mudah namun memiliki kekurangan, yaitu ketika pompa air perlu dipancing maka kalian harus membuka pressure switchnya terlebih dahulu. Oleh karena itu cara ini kurang disarankan.


2.    Memasang Otomatis (Pressure Switch) Pada Sambungan TEE

Cara kedua ini merupakan cara memasang pressure switch atau otomatis pompa air tanpa tabung (pressure tank) namun menggunakan komponen tambahan berupa sambungan pipa TEE.

sambungan tee pompa air pressure switch

Terlihat pada sambungan TEE di atas memiliki 4 cabang sedangkan yang digunakan hanya 3 cabang saja oleh karena itu 1 cabang lain dapat ditutup menggunakan penutup pipa. Adapaun instalasinya sebagai berikut : 

cara pasang pressure switch pompa air

Pada gambar terlihat bahwa sambungan TEE dipasang pada outlet pipa. Pressure switch terpasang pada cabang sambungan TEE yang kecil, pipa keluaran pompa dipasang pada salah satu cabang dan  cabang lainnya ditutup karena tidak digunakan.

Sedangkan untuk instalasi kelistrikan pressure switch sama saja yaitu 1 kabel dari sumber listrik langsung terhubung ke pompa dan 1 kabel lainnya terhubung ke input pressure switch. Setelah itu, dari output pressure switch dihubungkan ke pompa.

Catatan : Cara ini sangat direkomendasikn buat kalian yang ingin memasang otomatis pompa air tanpa tabung.


3.    Memasang Otomatis (Pressure Switch) Pada Sambungan TEE Dengan Tabung

Cara ketiga ini mirip dengan cara kedua hanya saja terdapat tambahan tabung pada instalasinya. Tujuan dipasangnya tabung adalah agar kinerja dari pressure switch lebih halus dan cepat respon. Berikut ini merupakan instalasinya : 

cara pasang otomatis pressure switch pompa air

Dari gambar terlihat bahwa 1 cabang kecil sambungan TEE dihubugkan dengan pressure switch, 1 cabang bagian atas dihubungkan dengan tabung dan 1 cabang sisanya dihubungkan ke pipa keluaran air.

Untuk instalasi listrik pressure siwtch adalah 1 kabel dari sumber listrik dihubungkan langsung ke pompa sedangkan kabel satunya dihubungkan ke input pressure switch. Kemudian dari output pressure swicth dihubungkan ke pompa.


4.    Memasang Otomatis (Pressure Switch) Pada Tabung

Cara keempat ini tidak lagi menggunakan sambungan TEE melainkan hanya menggunakan tabung yang telah dilengkapi dengan lubang / cabang untuk memasang pressure switch dan pipa keluaran. Gambar tabungnya seperti berikut ini : 

pressure tank pompa air

Dari gambar tabung tersebut terlihat bahwa ada 1 cabang kecil yang menjadi tempat terpasangnya pressure switch sedangkan cabang 1 nya lagi menjadi tempat terpasanya pipa air keluaran dari pompa. Adapun instalasinya sebagai berikut : 

cara pasang otomatis pompa air

Dari gambar terlihat bahwa 1 cabang kecil pada tabung dihubugkan dengan pressure switch  dan 1 cabang sisanya dihubungkan ke pipa keluaran air.

Untuk instalasi kelistrikan pressure switch sama saja dengan sebelumnya yaitu 1 kabel dari sumber listrik dihubungkan langsung ke pompa sedangkan kabel satunya dihubungkan ke input pressure switch. Kemudian dari output pressure swicth dihubungkan ke pompa.


Baca Juga : Cara Pasang Saklar Radar (Pelampung) Otomatis Di Tangki Air


Jadi itulah penjelasan mengenai cara / prinsip kerja pressure switch, prinsip kerja otomatis pompa air, cara pasang pressure switch otomatis pompa air, ara merubah pompa manual jadi otomatis, cara pasang otomatis pompa air tanpa tabung, cara setting dan cara pasang kabel otomatis pompa air.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "4 Cara Pasang Otomatis (Pressure Switch) Pompa Air"