Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apakah Air Hujan Bisa Diminum? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Apakah air hujan bisa diminum? Apakah air hujan aman dikomsusmsi? Penyebab air hujan tidak baik diminum? Bagaimana cara mengolah air hujan untuk diminum?

bagaimana cara mengelola air hujan untuk diminum

Salah satu bentuk rahmat Tuhan kepada hambanya adalah dengan menurunkan hujan yang bermanfaat. Air hujan sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi. Air hujan sering dimanfaatkan oleh manusia untuk mencuci bahkan sampai dikomsumsi (tapi dimasak terlebih dahulu yah).

Apakah kamu termasuk orang yang pernah meminum air hujan secara langsung? Dan setelah itu bertanya-tanaya apakah air hujan aman untuk dikomsumsi? Untuk menjawab apakah air hujan aman untuk dikomsumsi maka simak penjelasan ilmiah berikut ini.

Apakah Air Bisa Dimunum?

Peneliti dari Monash University di Melbourne, Australia melakukan penelitian terkait air hujan yang dikomsumsi. Peneliti memantau 300 rumah yang menggunakan air hujan sebagai sumber air minum utama. 

300 rumah tersbut mengumpulkan dan menyimpan air hujan di dalam tangki. Masing-masing keluarga tersebut mencatat kondisi kesehatan mereka selama lebih dari setahun. Dari penelitian diatas, periset menemukan bahwa terdapat gastroenteritis atau flu perut yang disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu di dalam air hujan. 

Tapi itu wajar sebab hal tersebut juga dapat ditemukan pada masyarakat yang meminum air keran yang terawat. Dengan kata lain mengonsumsi air hujan secara langsung terbilang aman dari risiko penyakit.

Karin Leder, kepala unit penyakit menular di departemen epidemiologi Monash University, menyatakan bahwa orang-orang yang minum air hujan secara langsung tidak menunjukkan adanya peningkatan risiko penyakit, jika dibandingkan dengan mereka yang meminum air hujan yang telah disaring. 

Meski begitu air hujan tidak sepenuhnya bersih karena terdapat debu atau bakteri lainnya yang menempel pada air hujan dan dapat menimbulkan penyakit apabila dikomsumsi. Oleh karena itu perlu diketahui hal-hal yang membuat air hujan tidak baik dikomsumsi dan hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat air hujan yang ditampung layak dan aman untuk diminum.

Penyebab Air Hujan Tidak Baik Diminum

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mejadikan air hujan sebagai ari minum. Oleh karena itu kalian juga perlu tahu bahwa air hujan tidak baik diminum sebab beberapa hal berikut ini.

1. Air hujan yang jatuh di daerah pabrik atau kawasan industri. Debu dan partikel dari pabrik bisa saja menempel pada air hujan.

2. Air yang tergenang di sebuah tempat yang tidak tertutup dan ada hewannya.

3. Air hujan yang ditampung pada wadah yang kotor.

Cara Mengolah Air Hujan Untuk Diminum

Air hujan bisa diminum asalkan dikelolah terlebih dahulu. Cara mengelolah air hujan adalah dengan ditampung pada wadah yang bersih dan tertutup. Kemudian, sebelum air hujan tersebut dikomsumsi ada baiknya untuk melakukan penyaringan ataupun perebusan terlebih dahulu untuk lebih meyakinkan bahwa air hujan tersebut sehat untuk diminum.

Penyaringan bertujuan untuk memisahkan air dari partikel-partikel kecil seperti pasir dll. Sedangkan tujuan perebusan untuk membuat bakteri ataupun kuman mati pada suhu yang panas.


Baca Juga : Alasan Makan Cokelat Bikin Bahagia

Jadi itulah jawaban apakah air hujan layak dikomsumsi. Bagaimana menurut kamu nih, apakah kamu pernah meminum air hujan secara langsung? Yuk komsumsi air hujan yang sehat dengan melakukan perebusan terlebih dahulu. Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Apakah Air Hujan Bisa Diminum? Ini Penjelasan Ilmiahnya"