Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelistrikan, Warna Kabel Dan Semua Bagian Kipas Angin

Bagaimana sistem kelistrikan kipas angin? Apa saja komponen kipas angin? Apa fungsi masing-masing komponen kipas angin? Bagaimana cara menyambung kabel kipas angin? Bagaimana rangkaian kabel kipas angin? Apa warna kabel kipas angin? Bagaimana cara mengganti kabel kipas angin?

Salah satu barang elektronik yang digunakan saat suhu ruangan terasa panas adalah kipas angin. Alasan mengapa kipas angin banyak digunakan dibandingkan AC adalah harganya yang relatif murah dan biaya listriknya lebih murah. Kipas angin tersusun dari beberapa bagian mulai dari luar hingga peralatan listriknya. 

Banyaknya yang menggunakan kipas angin membuat para tukang service barang elektronik memperlajari bagian-bagian dan kelistrikan kipas angin. Tidak menutup kemungkinan ada beberapa diantara kita yang akan membawa kipas angin ke tukang service untuk diperbaiki. 

Oleh karena itu selain tukang service maka kita sebagai orang awam juga harus tahu hal-hal tentang kipas angin. 

Berikut ini akan kami bahas pengertian kipas angin, pemanfaatan kipas angin, bagian-bagian body kipas angin, bagian-bagian kelistrikan dinamo / motor listrik kipas angin dan bagian-bagian mesin dinamo / motor listrik kipas angin. Cara menyambung kabel kipas angin. Wana kabel kipas angin.

 Kelistrikan Kipas Angin Beserta Bagian-Bagiannya

cara menyambung kabel kipas angin

A. Pengertian Kipas Angin

Kipas angin merupakan alat yang digunakan untuk mendinginkan (menurunkan) suhu ruangan, menyegarkan ruangan, ventilasi (exhaust fan) dan pengering (biasanya dilengkapi dengan elemen pemanas). 

Pada dasarnya kipas angin terbagi dua, yaitu kipas angin tradisional yang digerakkan menggunakan tenaga manusia dan kipas angin listrik yang digerakkan dengan energi listrik.


B. Pemanfaatn Kipas Angin

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa kipas angin berfungsi untuk mendinginkan dan menyegarkan ruangan. Namun selain itu terdapat alat elektronik lainnya yang memerlukan kipas angin untuk mengurangi panas pada beberapa komponennya, seperti CPU, laptop. 


Pada dasarnya Kipas angin terbagi menjadi (3) tiga bagian utama, yaitu bagian body, bagian kelistrikan dan bagian mesin. Nah berikut ini merupakan penjelasan dari bagian-bagian kipas angin.

C. Bagian Body Kipas Angin

Untuk leih jelasnya silahkan perhatikan gambar bagian body kipas angin berikut ini.

 

cara mengganti kabel kipas angin

1. Bagian Sangkar 

Bagian sangkar merupakan bagian kipas angin yang terdiri dari baling-baling yang dilindungi oleh sangkar dengan tujuan keamanan. Bagian ini menjadi sumber angin dihasilkan atau ditiupkan ke depan. 

2. Bagian Wadah 

Bagian wadah merupakan bagian kipas angin yang berisi motor listrik atau dinamo yang berperan penting dalam mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Selain itu terdapat gerbox yang berfungsi sebagai alat pengatur gerak ke kanan dan ke kiri kipas angin.

3. Bagian Leher 

Bagian leher merupakan bagian yang berfungsi untuk menahan kipas angin agar dapat menempel ke body, berfungsi menggerakkan kipas angin ke kiri-kanan atau ke atas-bawah sehingga membuat hembusan anginnya merata.

4. Bagian Body 

Bagian body merupakan bagian yang berisi beberapa kelistrikan kipas angin, seperti tombol speed, tombol off , saklar tarik dan timer.

5. Bagian Kaki 

Bagian kaki merupakan bagian kipas angin yang berfungsi untuk menopang agar kipas angin dapat berdiri tegak. Selain itu ada pengaturan tinggi rendahnya sehingga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.


D. Bagian Kelistrikan Kipas Angin

Pada bagian kelistrikan kipas angin akan dibahas mulai dari sumber listrik menuju ke saklar kipas angin terus ke motor listrik (dinamo) dan juga ke kapasitor. Gambar berikut ini akan menunjukkan cara penyambungan kabel kipas angin yang benar berdasarkan warna kabel.

warna kabel kipas angin

1. Sumber Listrik

Bagian ini merupakan kelistrikan utama dari kipas angin yang diambil dari stekker yang terpasang ke stop kontak yang terhubung dengan sumber listrik utama (PLN). 

2. Selector Switch (Saklar Kecepatan)

Saklar speed atau selector switch merupakan saklar yang terdiri dari empat saklar, yaitu  saklar off  ((0), mematikan kipas angin), saklar kecepatan 1 (kipas angin ON dengan kecepatan rendah) saklar kecepatan 2 (kipas angin ON dengan kecepatan sedang) dan saklar kecepatan 3 (kipas angin ON dengan kecepatan tinggi).

Perlu diketahui bahwa masing-masing kabel yang terpasang pada saklar memiliki warna yang berbeda-beda maka dari itu jangan asal pasang. Untuk lebih mudah silahkan lihat pada gambar. (catatan : Warna kabel di gamabr dengan yang asli bisa saja berbeda tergantung merek mesin dan kelistrikan kipas angin).

3. Kapasitor

Kapasitor mrupakan salah satu komponen listrik yang dapat menaikkan faktor daya listrik (cosphi) sehingga membuat penggunaan listrik lebih hemat. Pemasangan kapasitor seharusnya lebih mudah karena terpisah dari kelistrikan saklar. 

Kapasitor yang paling umum digunakan pada kipas angin adalah kapasitor 1,5 micro farad namun ada juga yang menggunakan (1), (1,2) dan (2) micro farad tergantung dari spesifikasi kipas angin.

4. Motor Listrik (Dinamo) Kipas Angin

Motor listrik atau biasa disebut dengan dinamo kipas angin merupakan bagian listrik yang akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak dengan memanfaatkan prinsip elektromagnetik. 

Pada umumnya kabel yang terhubung pada motor listrik / dinamo kipas angin ada 6, yaitu 3 kabel untuk saklar speed, 2 untuk kapasitor dan 1 untuk kabel netral. 

Gambar di bawah ini merupakan keterangan untuk menyambung kabel kipas angin yang dilengkapi dengan warna kabel. Mulai dari dinamo menuju kapasitor dan fuse.

 

sistem kelistrikan kipas angin

Pada sebuah dinamo / motor listrik kipas angin terdapat 4 kumparan yang masing-masing kumparan memiliki 2 ujung sehingga terdapat total 8 keluaran dari dinamo tersebut. Pada dinamo tersebut terdiri dari 1 kumparan dengan lilitan yang paling banyak dan 3 kumparan lainnya adalah kumparan speed.

Berikut penjelasan hubungan dari masing-masing kumparan

1. Speed 1, Menghubungkan anatara kumparan utama masukan 1 dan kumparan masukan a1.

2. Speed 2, Menghubungkan anatara kumparan utama masukan a2 dan kumparan keluaran b1.

3. Speed 3, Menghubungkan anatara kumparan utama masukan a3 dan kumparan keluaran b2.

4. Kumparan sisanya adalah kumparan keluaran 2 dan kumparan keluaran b3 terhubung dengan kapasitor dan sambungan listrik langsung (netral).


E. Warna Kabel Kipas Angin

Selain ada yang 6 kabel keluaran ada juga yang hanya 3 kabel keluaran dari motor / dinamo listrik. Nah bagaimana kelistrikan 3 kabel kelauaran pada motor listrik / dinamo kipas angin? 

Pada umumnya 3 kabel keluaran tersebut memiliki warna kabel berbeda, yaitu hitam, putih dan merah sehingga memiliki arti dan sambungannya sendiri. Berikut ini merupakan warna kabel kipas angin beserta arti dan fungsinya

1. Kabel Hitam

Kabel netral yang merupakan sambungan langsung ke sumber listrik

2. Kabel Putih

Kabel yang terhubung langsung pada sumber listrik dan kapasitor (biasanya di jumper)

3. Kabel Merah

Kabel yang terhung ke kapasitor saja.


F. Bagian Mesin Motor Listrik (Dinamo) Kipas Angin

Terdapat 7 bagian utama pada mesin / dinamo kipas angin. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.


cara menyambung kabel warna kipas angin

1. Bushing

Bushing merupakan bagian yang berfungsi sebagai penyeimbang dan terhubung langsung dengan rotor (bagian dinamo yang berputar) dan juga stator (bagian dinamo yang diam). Selain bushing ada juga sebagian kipas angin yang menggunakan leher yang cenderung lebih tahan lama.

2. Angker / Rotor

Rotor adalah bagian yang berputar pada dinamo kipas angin. Bagian depan rotor dipasangkan baling-baling agar terputar sedangkan bagian belakang rotor dipasangkan gigi untuk gearbox.

3. Kumparan

Kumparan merupakan bagian dinamo kipas angin yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak dengan memanfaatkan prinsi elektromagnetik. Pada bagian ini tersusun dari banyak belitan untuk menghasilkan gaya elektromagnetik.

4. Keren

Keren merupakan bagian dinamo kipas angin yang berfungsi sebagai tempat kumparan disimpan.

5. Baut

Baut merupakan bagian yang berfungsi untuk mengencangkan mesin dinamo kipas angin yang biasanya terdiri dari empat baut beserta dengan mur nya.

6. Gearbox

Gearbox merupakan wadah gigi-gigi yang ada pada mesin / dinamo kipas angin

7. Bagian Gigi

Gigi mesin kipas angin merupakan alat yang berfungsi untuk menurunkan kecepatan putaran pada rotor.


Baca Juga : Sitem Kelistrikan Rice Cooker

Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian kipas angin, pemanfaatan kipas angin, bagian-bagian body kipas angin, bagian-bagian kelistrikan dinamo /motor listrik kipas angin dan bagian-bagian mesin dinamo /motor listrik kipas angin. 

Sekian dulu pembahasan mengenai kipas angin, mulai dari rangkaian listrik kipas angin, warna kabel kipas angin, cara mengganti kabel kipas angin dan cara menyambung kabel kipas angin. Semoga materi yang tela kami sampaikan dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian. 

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Kelistrikan, Warna Kabel Dan Semua Bagian Kipas Angin"