Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah 6 Fakta Unik Mengenai Belut Listrik

Apa bahaya belut listrik? Kenapa belut listrik bisa menghasilkan listrik? Listrik apakah yang terdapat pada belut listrik? Dimana habitat belut listrik hidup? Apakah belut listrik dapat membunuh manusia? Bagaimana proses belut listrik menghasilkan listrik?

Belut atau sidat listrik (Electrophorus electricus) merupakan hewan air tawar atau air asin yang dapat menghasilkan listrik sebagai senjata atau pertahanannya. Belut ini dapat ditemukan di perairan besar yang tenang dan keruh.

Fakta Fakta Unik Belut Listrik

Nah untuk menambah wawasan dan pengetahuan kalian mengenai belut listrik, yuk simak 6 fakta unik mengenai belut listrik berikut ini.

apakah belut listrik dapat membunuh manusia

1. Belut Listrik Sebenarnya Bukan Belut

Pada faktanya belut listrik bukanlah termasuk jenis belut melainkan hewan air ini masuk ke dalam klasifikasi ilmiah ikan carp atau catfish. Benar sekali, jenis belut listrik lebih dekat dengan ikan lele dibandingkan jenis belut itu sendiri. 

Belut listrik memiliki bentuk tubuh yang panjang dan silindris yang rata-rata berukuran panjang 1 m namun pernah ditemukan belut listrik berukuran 2,5 m. Belut listrik dewasa memiliki bobot berat mencapai 20 kg.

2. Memiliki Banyak Sel Penghasil Listrik

Listrik yang dihasilkan belut listrik bersumber dari sel-sel penghasil listrik. Ada sekitar 80 % dari organ belut listrik yang dapat menghasilkan energi listrik. Sel-sel penghasil listrik pada belut listrik tersebut dinamakan Electrocyte yang terdapat sekitar 6 ribu sel.

3. Listrik Yang Dihasilkan Dapat Melumpuhkan Kuda

Berapa besar listrik yang dihasilkan oleh belut listrik? Apakah belut listrik bisa membunuh manusia?

Menurut wikipedia, belut atau sidat listrik dewasa mampu menghasilkan listrik kuat hingga mencapai 650 Volt yang mana itu termasuk tegangan listrik yang besar bagi makhluk hidup. 

Sedangkan belut listrik kecil sudah mampu menghasilkan listrik sebesar 100 volt. Tegangan listrik 650 volt sudah dapat melumpuhkan seekor kuda dalam waktu yang lama. Belut mengeluarkan energi listrik untuk melumpuhkan mangsanya atau untuk mengusir predator yang ingin memangsanya.

Apabila manusia menerima sengatan listrik dari belut listrik dewasa dengan tegangan 650 Volt dalam waktu yang lama maka manusia bisa terbunuh. Namun apabila kesterum dalam waktu yang sangat singkat maka hanya menimbulkan efek kejutan yang menyakitkan.

4. Berhabitat  Di Air Berarus Tenang Dan Keruh

Dimanakah belut listrik hidup? Dimanakah habitat belut listrik? Apakah belut listrik ada di Indonesia?

Belut listrik dapat ditemukan di perairan dengan arus yang tenang dan keruh. Habitat tersebut bisa dijumpai di sungai-sungai besar seperti di sungai Amazon dan sungai Orinoko Amerika Selatan. Belut listrik memanfaatkan air yang keruh untuk berkamuflase sehingga dapat menghindarkannya dari predator.

5. Berumur Panjang

Belut listrik termasuk salah satu jenis hewan air yang berumur panjang. Mereka dapat hidup sampai umur 15 tahun di alamnya dan 22 tahun pada lingkungan yang terkendali. Karena memiliki penglihatan yang buruk, belut listrik sering mengeluarkan energi listrik tegangan rendah sekitar 10 volt untuk mendeteksi mangsanya dan merasakan lingkungan di sekitarnya.

6. Sering Muncul Di Permukaan

Hampir setiap 10 menit sekali belut listrik muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen pernapasan. Hal tersebut mereka lakukan sebab belut listrik termasuk hewan penghirup udara. Hewan air ini lebih memilih hidup dengan sendiri-sendiri daripada berkelompok.


Baca Juga : Apakah Belut Listrik Bisa Dimakan?

Jadi itulah fakta unik mengenai belut listrik, mulai dari apakah belut listrik berbahaya, kenapa belut listrik bisa menghasilkan listrik, Listrik apakah yang terdapat pada belut listrik. Dimana habitat belut listrik hidup. Apakah belut listrik dapat membunuh manusia. Proses belut listrik menghasilkan listrik.

Sekian dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Inilah 6 Fakta Unik Mengenai Belut Listrik"