Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MCB vs ELCB | Manakah Yang Lebih Baik

Apa itu MCB? Apa itu ELCB? Mana yang lebih baik MCB atau ELCB? Bagaiaman prinsip  / cara kerja MCB? Bagaimana prinsip / cara  kerja ELCB? Apa perbedaan MCB dan ELCB? Apa gangguan yang listrik yang diamankan oleh MCB dan ELCB?

Pada suatu instalasi listrik baik rumah maupun bangunan lain tentu saja harus memiliki alat pengaman (Potection) minimal memiliki MCB (Miniature Circuit Breaker). Fungsi MCB diantaranya adalah memutus aliran listrik apabila terjadi hubung singkat (short circuit) atau beban lebih (overload). 

Selain MCB juga terdapat alat mengaman peralatan listrik lainnya seperti ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) yang lebih baik dan lebih sensitif dibandingkan MCB.

MCB VS ELCB

kelebihan kekurangan mcb dan elcb


Kedua alat Proteksi kelistrikan tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengamankan (memutuskan) aliran listrik ketika terjadi gangguan. Namun apakah MCB dan ELCB sama aja? Ataukah ada kelebihan ELCB dibandingkan MCB? Apa yang membedakan MCB dan ELCB? Mana yang lebih baik MCB atau ELCB? Yuk simak artikel MCB VS ELCB berikut ini.

Gangguan Pada Instalasi Listrik

Sebelum membahas MCB dan ELCB, terlebih dahulu kami akan membahas hal-hal yang menyebabkan kedua alat proteksi listrik tersebut bekerja. MCB dan ELCB akan bekerja jika terjadi gangguan listrik.

Nah Berikut ini merupakan gangguan-gangguan yang sering dan umum terjadi pada suatu instalasi litrik

1. Hubung Singkat

Hubung singkat (short circuit) atau lebih dikenal dengan sebutan korsleting listrik merupakan gangguan pada instalasi listrik yang terjadi ketika kawat phasa dan netral bersentuhan.

2. Beban Lebih

Beban lebih (overload) merupakan gangguan pada instalasi listrik yang terjadi ketika pemakaian alat-alat listrik berlebihan dalam waktu yang bersamaan sehingga melampaui batas daya KWH meter.

3. Kebocoran Listrik

Kebocoran listrik merupakan gangguan pada instalasi listrik yang terjadi ketika adanya kabel terkelupas akibat gigitan hewan, usia kabel sudah tua ataupun kerena terjadi gesekan. Kebocoran arus juga dapat terjadi ketika ada makhluk hidup yang tersengat listrik (kesetrum).

4. Gangguan Lain

Gangguan-gangguan lain yang dapat menimbulkan percikan api yang disebabkan oleh pemasangan kabel pada peralatan listrik yang tidak baik dan penggunaan alat listrik yang tidak sesuai standar.


Apa itu MCB?

mana yang lebih baik mcb atau elcb

MCB (Miniature Circuit Breaker) merupakan suatu alat pengaman (proteksi) listrk yang berfungsi untuk memutuskan aliran listrik apabila terjadi gangguan seperti hubung singkat atau korsleting listrik, beban lebih (akibat pemakaian peralatan listrik yang berlebihan), sambaran petir dll. 

Perlu diketahui bahwa MCB hanya akan bekerja ketika lonjakan arus melebihi batasannya. Di saat kesetrum atau kebocoran arus, MCB kemungkinan besar tidak akan bekerja karena di saat kejadian itu lonjakan arusnya tidak terlalu besar.


Apa itu ELCB?

mana yang lebih baik mcb atau elcb

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) merupakan suatu alat pengaman listrik yang berfungsi untuk mengamankan instalasi listrik ketika terjadi kebocoran arus yang sangat kecil dan juga dapat berfungsi ketika terjadi lonjakan arus listrik yang begitu besar akibat gangguan hubung singkat (short cirtcuit). 

Fungsi ELCB yang mampu mendeteksi dan mengamankan kebocoran arus yang sangat kecil membuat ELCB mampu bekerja ketika seseorang mengalami sengatan listrik (kesetrum).


MCB vs ELCB | Mana Yang Lebih Baik?

Dari uraian fungsi MCB dan ELCB sebelumnya maka yang lebih baik adalah ELCB karena lebih sensitif sehingga mampu mengamankan instalasi listrik ketika terjadi gangguan berupa hubung singkat, beban lebih dan bahkan dapat melindungi manusia / hewan ketika mengalami sengatan listrik / kesetrum.


Perbedaan MCB dan ELCB 

Berikut ini merupakan tabel yang menjelaskan tentang perbedaan antara dua alat pengaman instalasi listrik, yakni perbedaan MCB dan ELCB.

MCB

ELCB

Instalasi MCB hanya menggunakan satu kabel saja, yaitu kabel phasa

Instalasi ELCB menggunakan dua kabel, yaitu kabel phasa dan netral

MCB mengamankan listrik ketika terjadi hubung singkat (korsleting listrik) dan beban lebih

ELCB mengamankan listrik ketika terjadi hubung singkat (korsleting listrik), beban lebih dan kebocoran arus besar / kecil

Kemungkinan besar tidak dapat mengamankan listrik ketika ada yang kesetrum

Mengamankan listrik ketika ada yang kesetrum


Jadi itulah materi tentang pengertian MCB, pengertian ELCB, perbedaan antara MCB dan ELCB, jawaban mengenai pertanyaan mana yang lebih baik MCB atau ELCB dan jenis gangguan yang umum terjadi pada instalasi listrik. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan teman-teman sekalian, sekian dan terima kasih. 

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "MCB vs ELCB | Manakah Yang Lebih Baik"