Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Perbedaan MCB dan MCCB, Mana Yang Lebih Baik?

Perbedaan MCB dan MCCB, pengertian MCB, pengertian MCCB, perbandingan MCB dengan MCCB, tabel perbandingan MCB dengan MCCB, gambar MCB, gambar MCCB, simbol MCB, simbol MCCB, mana lebih bagus MBB atau MCCB.

Saat ini listrik telah menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Segala aktivitas manusia sering kali didukung oleh sumber listrik, mulai dari bekerja, olahraga, memasak bahkan mandi pun kadang memerlukan listrik (pompa air).

Perbedaan MCB dan MCCB

mana lebih baik bagus mcb atau mccb

Pada suatu sistem kelistrikan yang baik terdapat panel listrik yang berisi segala komponen listrik, mulai dari komponen proteksi, kontrol, indikator dll. Salah satu hal yang pentinng dari komponen tersebut adalah alat proteksi.

Alat proteski pada suatu sistem kelistrikan disebut sebagai CB (Circuit Breaker). CB sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan spesifikasi dan fiturnya. Fungsi utama CB adalah untuk memutuskan arus listrik apabila terjadi gangguan berupa arus lebih atau hubung singkat.

Alat proteksi yang sering digunakan adalah MCB (Miniature Circuit Breaker). Nah alat ini biasa digunakan pada sistem kelistrikan di rumah. Selain MCB ada juga alat proteksi yang bernama MCCB (Moulded Case Circuit Breaker).

Apakah perbedaan dari MCB dan MCCB. Kenapa ada yang menggunakan MCCB yang harganya lebih mahal dibandingkan MCB padahal keduanya sama-sma berfungsi sebagai proteksi. Berikut ini akan kami bahas mengenai perbedaan MCB dengan MCCB dan manakah yang lebih bagus dari kedua alat proteski tersebut.

Pengertian MCB

apa itu mcb

MCB atau singkatan dari Miniature Circuit Breaker adalah alat proteksi listrik yang berfungsi untuk memutus arus listrik apabila terjadi overload (beban lebih), short circuit (arus hubung singkat). MCB hanya mampu memproteksi arus listrik dengan rating arus maksimal sampai batas 63 Ampere saja.

Pengertian MCCB

apa itu mccb

MCCB atau singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker juga alat proteksi seperti MCB yang mampu memutus arus listrik apabila terjadi gangguan listrik overload (beban lebih), short circuit (arus hubung singkat). Hanya saja MCCB lebih banyak kelebihan.

Simbol MCB

Berikut ini merupakan simbol MCB

simbol pengwatan mcb

Simbol MCCB

Berikut ini merupakan simbol MCCB

simbol pengawatan mccb

Perbedaan MCB dan MCCB

Perbedaan MCB Dan MCCB

MCB

MCCB

Rating arus hanya sampai 63 A

Rating arus mencapai 1000 A

Harga lebih murah

Harga lebih mahal

Ukuran kecil

Ukuran sedikit lebih besar

Level trip tetap

Level trip dapat diatur sesuai keinginan

Interrupting Capacity sekitar 10 kA

Interrupting Capacity sekitar 10 - 100 kA

Tidak Under Trip Volatage

Under Trip Volatage

Tidak Shunt Trip

Shunt Trip

Penggunaan di rumah, indiustri dan komersil

Penggunaan pada industri dan komersil


A. Rating Arus

Maksud rating arus pada circuit breaker adalah besarnya arus yang dibutuhkan CB tersebut untuk dapat beroperasi. Kapasitas rating arus pada MCB lebih kecil, yaitu hanya sampai 63 A saja. Sedangkan rating arus MCCB bisa mencapai 1000 A. 

Kapasitas rating MCB kecil karena hanya ditujukan sebagai proteksi pada peralatan listrik yang kecil. Sedangkan MCBB memiliki kapasitas rating arus besar karena ditujukan sebagai proteksi pada peralatan listrik yang besar dan banyak.

B. Harga

Harga MCB lebih murah dibandingkan harga MCCB karena fitur dan spesifikasi yang ditawarkan juga terbilang sedikit. Harga MCB dipatok mulai dari puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah tergantung besarnya kapasitas arus.

Sedangkan harga MCCB dimulai dari harga ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah tergantung besarnya kapasitas arus dan mereknya.

C. Ukuran

Peruntukan MCB sebagai proteksi alat-alat listrik skala kecil dengan fitur sedikit membuat ukurannya juga kecil  (disesuaikan). Sedangkan MCCB yang memiliki banyak fitur dengan peruntukan untuk alat-alat listrik skala besar membuat ukurannya juga sedikit lebih besar.

D. Level Trip

Maksud level trip pada sebuah CB adalah batas ambang arus yang melewati suatu CB, apabila melebihi batas arusnya maka CB tersebut akan bekerja (trip). Contohnya sebuah CB memiliki level trip 4 A maka apabila arus yang melewatinya lebih dari 4 A maka CB tersebut akan trip (switch off).

MCB memiliki level trip yang tetap sehingga untuk memilih dan memasang sebuah MCB pada suatu sistem kelisrtrikan harus mengetahui nilai arus maksimumnya terlebih dahulu.

Berbeda halnya dengan MCCB yang level trip-nya dapat diatur sesuai dengan keperluan suatu sistem kelistrikan.

E. Interrupting Capacity

Interrupting Capacity adalah batas arus maksimum yang melewati CB sebelum CB tersebut rusak. Suatu CB memiliki Interrupting Capacity nya masing-masing, apabila ada arus yang melewati nilai Interrupting Capacity maka CB tersebut akan rusak.

Berdasarkan sumber website Schneider bahwa MCB memiliki Interrupting Capacity sekitar 10 A sedangkan untuk MCCB memiliki Interrupting Capacity sekitar 10 - 100 kA. Apabila ada arus yang melewati batas meksimum tersebut maka CB akan rusak.

F. Under Trip Voltage

Maksud Under Trip Voltage adalah kemampuan suatu alat untuk bekerja pada kondisi tegangan lebih rendah dari batas yang ditentukan. MCB tidak dapat bekerja saat terjadi tegangan yang rendah.

Berbeda halnya dengan MCCB yang masih dapat bekerja meskipun pada tegangan yang lebih rendah dibandingkan dari batas yang ditentukan. Catatan bahwa secara umum kondisi under trip ini memiliki batas toleransi sehingga apabila tegangan sangat rendah melewati batas toleransi maka alat tidak dapat bekerja.

G. Shunt Trip

Maksud Shunt Trip adalah kemampuan suatu CB dalam memutus arus dari sumber eksternal yang bukan hanya karena melebihi batas arus yang diperbolehkan. MCB tidak memiliki fitur Shunt Trip sedangkan MCCB dapat melakukan Shunt Trip.

H. Penggunaan

Penggunaan dua alat proteksi ini didasarkan karena pentingnya suatu sistem pengaman listrik apabila terjadi gangguan. MCB sendiri biasa digunakan pada, rumah-rumah, industri kecil dan komersil. Sedangkan MCCB dapat dijumpai pada sebuah industri dan komersil yang memiliki peralatan listrik yang besar atau banyak.


Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa MCCB memilik fitur yang lebih banyak dibandingkan MCCB sehingga membuat MCCB lebih baik dibandingkan MCB. Namun harus disesuaikan juga apakah alat proteski yang dibutuhkan itu skala besar atau kecil. Jika skala kecil cukup menggunaka MCB saja.

Persamaan MCB dan MCCB

Meskipun MCB dan MCCB memiliki banyak perbedaan tetapi kedua alat proteksi ini masih memiliki persamaan. Berikut ini merupakan persamaan MCB dan MCCB.

1. MCB dan MCCB termasuk alat proteksi (CB) tegangan rendah dengan standar IEC 947.

2. MCB dan MCCB memiliki fungsi (sebagai proteksi) dan cara pemasangan yang sama, hanya saja MCCB memiliki banyak fitur.

3. Pemasangan MCB dan MCCB harus mudah dijangkau untuk kemanan.


Baca Juga : MCB vs ELCB, Mana Yang Lebih Baik?

Jadi itulah materi tentang perbedaan MCB dan MCCB, persamaan MCB dan MCCB, pegertian MCB, pegertian MCCB, harga MCB dan MCCB, fitur MCCB, simbol MCB dan MCCB, gambar MCB dan MCCB.

Sekian dulu materi mengenai MCB dan MCCB yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "8 Perbedaan MCB dan MCCB, Mana Yang Lebih Baik?"