Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Dan Lengkap Setting Timer Theben

Salah satu switch timer yang paling umum digunakan adalah timer theben tipe SUL 181 h dan tipe SUL 181 d. Kedua jenis timer tersebut sangat membantu dalam melayani supply listrik ke beban sepeti lampu pada waktu-waktu tertentu.

Timer theben adalah salah satu komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai saklar yang prinsip kerjanya berdasarkan waktu yang telah disetting. Untuk melakukan penyettingan timer theben maka diperlukan cara-cara yang benar agar tidak salah dalam pengoperasian.

Timer theben tipe SUL 181 h dan tipe SUL 181 d memiliki cara pengaturan yang berbeda oleh karena itu kalian harus cermat dalam mengikuti cara settingnya. Nah di artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara setting timer theben khusus tipe SUL 181 h saja.


Bagian Bagian Timer Theben

Sebelum masuk pada cara settingnya alangkah lebih baik jika kalian mengetahui terlebih dahulu bagian bagian timer theben dan fungsinya sehingga dalam proses penyettingannya akan menjadi lebih mudah. Berikut ini merupakan gambar dan penjelasan mengenai bagian bagain timer theben beserta fungsinya.

cara setting timer theben sul 181 h

Bagian Nomor 1

Bagian ini merupakan settingan Timer Theben untuk menentukan posisi terminal / kontak dalam posisi NO (normally open) atau NC (normally close).

Bagian Nomor 2

Bagian ini menunjukkan informasi settingan default (standar) untuk Timer Theben yang dapat diatur pada bagian nomor 1.

Bagian Nomor 3

Bagian ini menunjukkan informasi apabila bagian nomor 1 disetting sesuai dengan bagian nomor 2 maka kontak NO nya ada pada terminal 1 dan kontak NC nya ada pada terminal 3.

Bagian Nomor 4

Bagian ini berupa sirip-sirip waktu yang setiap sirip sama dengan 30 menit. Jadi bagian ini lah yang mengatur kapan timer akan bekerja (aktif). Sirip timer dapat diaktifkan dengan menekannya ke dalam. 

Bagian Nomor 5

Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur jam yang ada pada timer theben dengan menyesuaikan angka yang ditunjuk pada jam. Jam timer theben dapat diatur dengan cara diputar searah dengan arah jarum jam.

Bagian Nomor 6

Bagian ini merupakan setelan timer theben yang dapat dipilih untuk menentukan mode kerjanya. Untuk timer theben SUL 181 h ada dua pilihan mode kerja yang dapat dipilih, yaitu mode Perm (permanen) dan mode Auto.

Mode Permanen

Menunjukkan kerja timer secara permanen maksudnya ketika timer theben On dan dipilih mode permanen maka timer akan on terus menerus. Sebaliknya ketika timer theben off dan dipilih mode permanen maka timer akan off terus.

Mode Auto

Menunjukkan kerja timer secara otomatis mengikuti settingan waktu yang telah diatur pada sirip-sirip timer.


Cara Setting Timer Theben

Dengan memahami fungsi dari bagian bagian timer theben maka untuk melakukan pengaturan (settingnya) akan menjadi lebih mudah. Nah berikut ini merupakan cara setting timer theben khusus untuk tipe SUL 181 h.

1. Menyesuaikan Waktu Real

Langkah pertama untuk mensetting timer theben adalah dengan menyesuaikan waktu yang sebenarnya dengan waktu yang ada pada timer theben. Adapun caranya adalah dengan memutar bagian nomor 5 sampai angka yang ditunjuk oleh jarum timer theben sama dengan waktu yang sebenarnya.

2. Pangaturan Mode Kontak NO / NC

Pengaturan ini untuk menentukan kontak pada terminal timer theben yang akan dihubungkan ke beban (lampu) dalam posisi NO / NC. Untuk lebih mudah aturlah bagian nomor 1 sesuai dengan pengaturan standar (deafult) yang ditunjukkan oleh bagian nomor 2.

Sehingga kontak terminal 1 akan menjadi NO (lampu menyala ketika timer bekerja) dan kontak terminal 3 akan menjadi NC (lampu padam ketika timer bekerja).

3. Mengatur Sirip-Sirip Timer

Bagian sirip timer ini (bagian nomor 4) yang akan menentukan waktu timer bekerja. Setiap sirip bernilai 30 menit dan dapat diaktifkan dengan menekannya ke bawah. Pada gambar terlihat bahwa timer akan bekerja pada pukul 10.00 – 18.30 dan akan bekerja juga pada pukul 21.00 – 07.00.

4. Pengaturan Mode Kerja

Langkah ini untuk menentukan mode kerja pada timer dengan mangatur bagian nomor 6. Aturlah mode kerja timer theben ke mode auto (otomatis) agar kerja timer sesuai denga setting waktu yang diatur.

Dengan melakukan langkah langkah settingan timer theben seperti di atas maka timer akan bekerja otomatis dalam melayani beban seperti lampu.


Khusus untuk kalian yang belum mengetahui bagaimana cara memasang timer theben pada suatu rangkaian listrik maka kami telah membuatkan artikel khususnya. Kalian bisa cek di artikel “Rangkaian Dan Cara Pasang Instalasi Timer Theben”.

Artikel tersebut memuat gambar rangkaian Timer theben pada suatu instalasi, cara instalasi timer theben, bagian-bagian penting timer theben dan juga sedikit spesifikasi dari timer theben.

Sekian dulu pembahasan dari kami mengenai cara setting timer theben SUL 181 h dan juga penjelasan pengenai bagian bagian timer theben beserta fungsinya. Semoga apa yang telah kami bagikan dapat menambah ilmu dan wawasan kalian khususnya di bidang elektrikal. Sekain dan terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Cara Mudah Dan Lengkap Setting Timer Theben"