Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rangkaian Dan Cara Instalasi Timer Theben

Timer Theben atau ada yang menyebutnya sebagai timer switch merupakan salah satu alat kelistrikan yang berfungsi sebagai saklar otomatis yang prinsip kerjanya berdasarkan waktu yang disetting.

cara instalasi timer theben

Salah satu timer switch yang paling populer adalah Timer Theben SUL 181h yang merupakan timer switch analog. Timer ini banyak digunakan untuk mengatur kerja lampu jalan dan ada juga yang menggunakannya untuk keperluan penerangan di rumah atau suatu bangunan.

Nah di artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara instalasi saklar theben SUL 181, dimulai dari bagian bagian terminal timer theben, gambar data sheet (spesifikasi) timer theben, gambar rangkaian timer theben dan juga gambar rangkaian timer theben untuk posisi manual dan auto (otomatis).

Data Sheet Timer Theben

Berikut ini merupakan gambar yang memuat sedikit keterangan dan spesifikasi mengenai data sheet timer theben terkait dengan fungsi dari bagian bagian terminalnya.

spesifikasi timer theben

Bagian Bagian Terminal Timer Theben

Ada beberapa bagian terminal yang penting dan perlu kami jelaskan lebih awal agar kalian dapat memahami rangkaian instalasi timer theben ini dengan mudah.

spesifikasi timer theben

Terminal nomor 1 pada timer theben merupakan output / outgoing yang bersifat NO (Noramally Open) dari timer yang dihubungkan ke lampu. Sehingga lampu akan menyala apabila timer mulai menghitung dan lampu akan padam apabila waktu timer habis.

Terminal nomor 2 pada timer theben merupakan input / incoming fasa yang dihubungkan dengan sumber listrik (output MCB).

Terminal Nomor 3 pada timer theben merupakan output / outgoing yang bersifat NC (Noramally Closed) dari timer yang dihubungkan ke lampu. Fungsi terminal ini berbanding terbalik dengan terminal nomor 1 sehingga membuatnya akan memadamkan lampu apabila timer mulai menghitung dan akan menyalakan lampu apabila waktu timer habis.

Terminal nomor 7 pada timer theben merupakan input / incoming fasa yang juga dihubungkan dengan sumber listrik (output MCB) untuk memberikan tegangan pada motor timer.

Terminal nomor 8 pada timer theben merupakan input / incoming netral yang dihubungkan dengan sumber listrik netral, yang digunakan sebagai suplly listrik netral untuk motor timer. Sehingga terminal nomor 7 dan 8 akan membuat timer mulai menghitung (aktif).


Rangkaian Instalasi Timer Theben Sederhana

spesifikasi timer theben

Instalasi ini terbilang sederhana karena hanya menggunakan sumber listrik, timer theben atau themer switch dan beban (lampu) tanpa menggunakan saklar. Untuk instalasi bisa dilihat pada gambar.

Keterangan Instalasi : 

  • Fasa / line dari sumber listrik terlebih dahulu dipasang pada sistem pengaman, yaitu MCB (miniature circuit breaker).
  • Output fasa dari MCB dipasang pada terminal nomor 2 dan 7 pada timer theben
  • Terminal 1 merupakan output dari timer theben yang disambungkan pada salah satu terminal fitting lampu. Sesuai dengan sifat terminal 1 ini adalah NO (normally open) maka lampu akan menyala ketika timer mulai aktif.
  • Sumber listrik netral dipasang pada terminal nomor 8 pada timer teheben dan juga pada salah satu terminal fitting lampu.

Kemungkinan Pertanyaan

Kenapa terminal nomor 3 tidak digunakan? Jawabannya karena di dalam instalasi ini, timer theben hanya melayani 1 beban (lampu) saja sehingga cukup satu output yang digunakan.

Apakah boleh menggunakan terminal nomor 3 sebagai ganti dari terminal nomor 1 sebab kedua terminal ini kan memiliki fungsi yang sama sebagai output timer? Jawabannya boleh namun prinsip kerjanya berkebalikan dengan terminal 1 sebab terminal 3 ini bersifat NC (Normally Closed) sehingga apabila timer aktif maka lampu padam namun apabila waktu timer habis lampu akan menyala.

Bolehkan fasa saya sambungkan ke terminal 8 dan netral saya sambungkan ke terminal 7? Jawabannya adalah tergantung dari jenis motor pada timer theben. Apabila jenis motornya adalah AC maka boleh namun apabila jenis motornya adalah DC maka tidak boleh. Oleh sebab itu lihat dan baca keterangan pada data sheet Timer Theben terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi.


Rangkaian Instalasi Timer Theben Mode Manual Dan Otomatis

 spesifikasi timer theben

Instalasi Timer Theben kali ini harus dilengkapi dengan sebuah saklar tunggal untuk mengatur posisi kerja manual atau otomatis. Berikut ini kami jelaskan dulu rangkaian instalasinya.

  • Fasa / line dari sumber listrik terlebih dahulu dipasang pada sistem pengaman, yaitu MCB (miniature circuit breaker).
  • Output fasa dari MCB dipasang pada input saklar tunggal, terminal nomor 2 dan 7 pada timer theben.
  • Output dari saklar tunggal dipasang / dihubungkan ke salah satu terminal lampu yang sama dengan yang terpasang pada hubungan output terminal nomor 1 saklar theben. 
  • Terminal 1 merupakan output dari timer theben yang disambungkan pada salah satu terminal fitting lampu. Sesuai dengan sifat terminal 1 ini adalah NO (normally open) maka lampu akan menyala ketika timer mulai aktif.
  • Sumber listrik netral dipasang pada terminal nomor 8 pada timer teheben dan juga pada salah satu terminal fitting lampu.

Penjelasan Posisi Manual Dan Auto (Otomatis)

Posisi Manual

Posisi manual ini akan terjadi apabila saklar tunggal dalam keadaan ON. Sehingga sumber listirik dari MCB melewati saklar dan langsung melayani beban lampu. Adapun prinsip kerjanya, yaitu menyalakan lampu secara langsung tanpa menggunakan timer.

Posisi Auto (Otomatis)

Posisi otomatis ini akan terjadi apabila saklar tunggal yang terpasang dalam keadaan OFF. Sehingga beban tidak dilayani oleh saklar melainkan dilayani oleh timer. Aliran listriknya dimulai dari output fasa mcb menuju ke timer apabila timer mulai bekerja (aktif) maka lampu akan menyala sebaliknya apabila waktu timer habis maka lampu akan padam.


Baca Juga : Cara Setting Waktu Timer Theben

Jadi itulah pembahasan mengenai cara instalasi timer switch (timer theben), rangkaian instalasi timer theben, instalasi mode otomatis (auto) dan manual pada timer theben, bagian-bagian terminal timer theben dan data sheet spesifikasi timer theben. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Rangkaian Dan Cara Instalasi Timer Theben"