Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghitung & Menentukan Luas Penampang Kabel Berdasarkan PUIL

Bagaimana KHA berdasarkan PUIL? Bagaimana menentukan luas penampang kabel berdasarkan PUIL? Bagaiman cara menentukan luas penampang kabel isntalasi penerangan rumah dan instalasi daya motor listrik? Bagaimana Rumus KHA berdasarkan PUIL?

Bagaimana cara menentukan nilai kapasitas hantar arus (KHA) kabel listrik? Bagaiman cara menentukan penampang kabel listrik? Bagaimana tabel KHA kabel NYA, NYM, NYF? Bagaimana tabel ketentuan luas penampang kabel PUIL? Bagaimana rumus penampang kabel berdasarkan PUIL?

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka yang masih pemula dalam instalasi listrik. Tapi dengan bertanya seperti itu telah menunjukkan bahwa kepedulian terhadap standarisasi instalasi listrik semakin baik.

Kapasitas hantar arus (KHA) merupakan batas maksimal arus listrik yang mampu dialirkan pada sebuah penghantar / kabel. KHA begitu penting dalam menentukan ukuran luas penampang kabel yang tepat dalam suatu instalasi.

Dalam menentukan kapasitas hantar arus (KHA) sebenarnya cukup melihat tabel KHA yang telah telah diatur di dalam PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik). Di dalam PUIL juga diatur bagaimana menghitung nilai KHA pada suatu instalasi.

Menghitung dan Menentukan Luas Penampang Kabel

Berikut ini kami akan membahas mengenai cara menghitung dan menentukan luas penampang kabel berdasarkan PUIL, Tabel KHA kabel NYA, NYY, NYM berdasarkan PUIL, cara menentukan dan menghitung KHA berdasarkan PUIL, faktor koreksi KHA.

Tabel KHA Kabel NYA

tabel kha puil

Berikut ini merupakan tabel untuk menentukan luas penampang / kapasitas hantar arus (KHA) kabel NYA dan sejenisnya yang berinti tunggal dan berisolasi bahan PVC.

Tabel KHA Kabel NYM

tabel kha puil

Berikut ini merupakan tabel untuk menentukan luas penampang / kapasitas hantar arus (KHA) kabel NYM dan sejenisnya yang berisolasi dan berselubung bahan PVC serta kabel fleksibel sejenisnya.

Tabel KHA Kabel NYY

tabel kha puil

Berikut ini merupakan tabel untuk menentukan luas penampang / kapasitas hantar arus (KHA) kabel NYY berinti tunggal, berkonduktor tembaga, berisolasi dan berselubung bahan PVC.


Cara Menghitung Luas Penampang Kabel Berdasarkan PUIL

Dalam menentukan nilai kemampuan / kapasitas hantar arus (KHA) suatu instalasi dapat digunakan rumus yang telah diatur di dalam PUIL. Berikut ini merupakan rumus untuk menentukan dan menghitung nilai kemampuan / kapasitas hantar arus (KHA).

Rumus KHA

KHA = 125 % x I   .................. (1)

Keterangan : 

KHA : Kemampuan Hantar Arus (A)

I = FLA : Full Load Ampere / Arus Beban penuh (A)

Rumus Menghitung Arus 1 Phasa

I = P / (V x Cos Phi)       .................. (2)

Rumus Menghitung Arus 3 Phasa

I = P / (√3 x E x Cos Phi)    .................. (3)


Contoh Kasus Menentukan Luas Penampang Kabel

Suatu instalatir akan memasang instalasi rumah tingkat dengan kapasitas daya 3.500 watt dengan faktor daya sebesar 0,85. Tegangan listrik yang digunakan sebesar 220 V. Tentukan besarnya kapasitas hantar arus (KHA) dan luas penampang kabel NYA yang tepat untuk dipasang.

Jawaban : 

Diketahui : 

P = 3500 watt

V = 220 V

Cos Phi = 0,85

Ditanyakan : 

KHA dan luas penampang kabel : ...?

Penyelesaian 

I = P / (V x Cos Phi)

  = 3500 / (220 x 0,85)

  = 18,716 A

KHA = 125 % x I

          = 125 % x 18,716

          =  23,395 A

Berdasarkan Tabel KHA kabel NYA pada PUIL maka luas penampang kabel yang cocok sebagai berikut. Pertama nilai KHA 23,395 dibulatkan ke atas pada niali KHA tabel sehingga menjadi 25 A. KHA 25 A cocok untuk kabel dengan luas penampang mm2.


Menentukan Luas Penampang Kabel Instalasi Motor Listrik.

Cara untuk memilih dan menentukan luas penampang kabel yang akan digunakan untuk instalasi motor listrik sebenarnya belum di jelaskan di dalam PUIL. Namun pada praktiknya di lapangan banyak instalatir yang menggunakan cara seperti instalasi penerangan di atas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan luas penampang kabel instalasi untuk motor listrik, diantaranya adalah :

1. Ketahui jenis motor listriknya, apakah motor 1 phasa atau 3 phasa. Untuk motor listrik 3 phasa bisa menggunakan rumus (I = P / (√3 x E x Cos Phi)) dalam menentukan arus maksimum beban penuh.

2. Kabel yang digunakan untuk instalasi daya motor memiliki karakteristik berinti satu (tipe kabel pejal), seperti kabel NYA.

3. Pada praktinya di lapangan, banyak instalatir menaikkan 1 tingkat luas penampang kabelnya sebab beban motor dapat beroperasi optimum. Misalnya saja KHA suatu motor 19 A dan menggunakan kabel NYA, maka luas penampang kabel yang seharusnya adalah 2,5 mm2 namun karena dinaikkan 1 tingkat maka luas penampang kabelnya menjadi 4 mm2.


Tabel Faktor Koreksi KHA Kabel

Tiga tabel KHA sebelumnya digunakan untuk penentuan luas panempang kabel yang pemasangan instalasi kabelnya berada pada kondisi suhu ambient atau sekitar 30o C. Untuk kabel yang dipasang diatas suhu 30o C harus dikalikan dengan faktor koreksi.

Semakin panas suhu tempat kabel yang terpasang maka penurunan KHA nya juga semakin besar. Nah berikut ini merupakan tabel faktor koreksi KHA kabel listrik

cara menentukan kha kabel

Catatan : Kabel NYA, NYM dan NYY merupakan kabel yang berisolasi bahan PVC jadi bisa kalian lihat pada kolom 3 tabel K.52.3.2


Contoh Kasus Penentuan KHA Dengan Faktor Koreksi

Suatu bangunan dengan suhu 34o C akan dipasang instalasi penerangan dengan kapasitas daya 2200 watt, tegangan 220 volt dan faktor dayanya sebesar 0,85. Kabel yang digunakan adalah kabel NYA. Tentukan nilai KHA dan luas penampang kabel yang tepat untuk digunakan.

Jawaban : 

Diketahui : 

P = 2200 watt

V = 220 V

Cos Phi = 0,85

Faktor koreksi pada Suhu 34o C = 94 %

Ditanyakan : 

KHA dan luas penampang kabel : ...?

Penyelesaian 

I = P / (V x Cos Phi)

  = 2200 / (220 x 0,85)

  = 11,764 A

KHA suhu ambient = 125 % x I

                                = 125 % x 11,764

                                =  14, 705 A

KHA suhu 34o C = KHA suhu ambient x faktor koreksi

                 = 14, 705 x 94 %

     = 13,822 A

Berdasarkan Tabel KHA kabel NYA pada PUIL maka luas penampang kabel yang cocok sebagai berikut. Pertama nilai KHA 13,822 dibulatkan ke atas pada niali KHA tabel sehingga menjadi 15 A. KHA 15 A cocok untuk kabel dengan luas penampang 1,5 mm2.

Jadi itulah pembahasan mengenai cara menentukan luas penampang kabel berdasarkan PUIL, cara menentukan dan menghitung kemampuan / kapasitas hantar arus (KHA) berdasarkan PUIL. Rumus menentukan dan menghitung kemampuan / kapasitas hantar arus (KHA).


Baca Juga : 5 Jenis Kabel Untuk Instalasi

Rumus luas penampang kabel berdasarkan PUIL, rumus kha berdasarkan PUIL, penampang kabel dan ampere, tabela KHA PUIL, penampang kabel nya, penampang kabel nym, penampang kabel nyy, tabel ketentuan luas penampang kabel PUIL.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Cara Menghitung & Menentukan Luas Penampang Kabel Berdasarkan PUIL"