Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Penyebab Dan Cara Mengatasi Lampu Kedap Kedip

Instalasi penerangan adalah sebuah instalasi listrik yang terpasang pada suatu bangunan atau luar bangunan dengan lampu sebagai bebannya. Dengan adanya instalasi penerangan ini membuat kalian mendapatkan cahaya dari lampu ketika gelap.

Dalam melakukan instalasi perlu menerapkan starndarisasi dari lembaga terkait seperti di Indonesia harus mengikuti standarisasi dari PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) dan menggunakan komponen dan peralatan yang sesuai standar / SNI.

Tapi kadang kala ada beberapa orang yang memasang instalasi tidak sesuai dengan PUIL sehingga menyebabkan instalasi listrik tidak berjalan dengan baik. Contohnya lampu kedap kedip saat saklar dinyalakan atau saat saklar dimatikan.

Nah, untuk masalah lampu yang kedap kedip pada lampu pijar / led sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh kesalahan instalasi tetapi juga disebabkan oleh beberapa hal lain.

Berikut ini kami akan menjelaskan penyebab mengapa lampu (blink) di rumah anda kedap kedip dan bagaimana cara mengatasi lampu kedap kedip saat salar dimatikan, saklar dinayalakan dan bahkan saat pompa air atau AC dinyalakan.

Penyebab Lampu Kedap Kedip

cara mengatasi lampu kedap kedip

1. Saklar Atau Fitting Disarangi Serangga

cara mengatasi lampu kedap kedip

Penyebab paling umum mengapa lampu kedap kedip meskipun saat dimatikan atau saklar dalam keadaan off adalah saklar menjadi sarang serangga. 

Beberapa serangga atau hewan yang biasa membuat sarang pada saklar adalah semut, laba-laba dan cecak. Serangga tersebut memiliki tahanan sehingga dapat menghantarkan listrik.

Misal ketika sebuah saklar menjadi sarang semut maka beberapa semut tersebut menjadi penghubung arus listrik yang dimulai dari input saklar – semut – output saklar.

Sehingga meskipun saklar off atau dimatikan maka arus listrik tetap mengalir melalui kumpulan semut tersebut. Hal itu juga berlaku terhadap beberapa hewan lainnya.

Selain pada saklar rupanya fitting juga menjadi salah satu tempat favorit serangg seperti laba-laba untuk membuat sarang. Fitting yang menjadi sarang hewan dapat menjadi penyebab lampu di rumah menjadi kedap kedip.

Cara Mengatasi Lampu Kedap Kedip Saat Dimatikan

Untuk mengatasi kasus saklar yang menjadi sarang hewan maka kalian cukup membersihkannya saja. Ingat, sebelum melakukan pembersihan maka putuskan terlebih dahulu aliran listrik di MCB rumah anda.

Kalian bisa membersihkan saklar tau fitting tersebut dengan menggunakan kuas kering dan juga tusuk gigi untuk menjangkau semut mati yang berada di sela-sela bagian saklar.


2. Komponen Instalasi Rusak Atau Tua

cara mengatasi lampu kedap kedip

Selain serangga ternyata komponen instalasi yang digunakan juga menjadi salah satu penyebab mengapa lampu di rumah anda kedap kedip. Komponen yang sudah rusak atau tua mempengaruhi aliran arus listrik.

Beberapa komponen dalam instalasi penerangan adalah saklar, lampu, fitiing dan kabel. Beberapa komponen tersebut juga memiliki umur atau kelayakan pakai yah.

a. Saklar

Ketika saklar sudah rusak maka kemampuannya dalam memtutuskan atau menghubungkan arus listrik tidak akan maksimal sehingga membuat lampu kadang menyala kadang padam dan kadang kedap kedip.

b. Lampu

Lampu yang sudah tua atau rusak dapat menjadi penyebab mengapa ia kedap kedip. Hal tersebut dikarenakan komponen atau rangkaian listrik di dalamnya sudah ada yang terputus sehingga membuatnya kedap kedip.

c. Fitting

ketika fitting lampu sudah tua atau rusak maka kemampuannya dalam menghantarkan listrik ke lampu tidak akan optimal. Penyebabnya seperti baut yang terlepas, konketor berkarat dll.

d. Kabel 

kabel dengan kualitas rendah biasanya memiliki umur yang pendek. Hal tersebut dikarenakan kemampuan daya hantar yang tidak baik sehingga membuat kawatnya terputus. Ketika kawat dalam kabel terputus maka akan terjadi putus – nyambung sehingga membuat lampu kedap kedip.

Cara Mengatasi Lampu Kedap Kedip

Dalam kasus ini kalian cukup melakukan pemeriksaan fisik pada keempat komponen tersebut. Lihat apakah ada komponen yang berkarat atau sudah rusak. 

Lakukan pengetesan dengan menggunakan multimeter untuk mengetahui apakah komponen tersebut masih bagus dalam menghantarkan arus listrik.

Selalu matikan sumber listrik utama di MCB agar dalam pengerjaan lebih aman.


3. Pemasangan Instalasi Yang Salah

Salah satu penyebab mengapa lampu pijar, led, dll menjadi kedap kedip adalah karena pemasangan instalasinya yang salah.

Contoh pemasangan instalasi salah yang umum ditemukan adalah terbaliknya antara kabel fasa dan netral. Berikut gambar pemasangan instalasi yang salah dan benar.

cara mengatasi lampu kedap kedip
Instalasi Yang Salah

cara mengatasi lampu kedap kedip
Instalasi Yang Benar

Dari gambar pemasangan instalasi yang salah terlihat bahwa kabel netralnya yang terpasang pada saklar. Nah hal tersebut tidak dibenarkan dalam PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik).

Mengapa demikian karena instalasi tersebut dapat membuat lampu kedap kedip dan resiko kesetrum.

Jadi ketika kabel netral terpasang pada saklar dan kabel fasa dipasang langsung pada lampu maka ketika saklar di-offkan fitting lampu akan tetap bertegangan.

Dalam kondisi tertentu ketika fitting masih bertegangan maka dapat menyebabkan lampu kedap kedip meskipun saklar dimatikan atau dioffkan.

Cara Mengatasi Lampu Kedap Kedip

Dalam kasus kesalahan instalasi ini kalian harus memperbaiki instalasi yang sesuai standar yang diatur di dalam PUIL. Kabel yang terpasang pada saklar harus kabel fasa lalu ke lampu dan kabel yang terpasang langsung ke lampu adalah kabel netral.

Dalam pengerjaan instalasi ini kalian harus mematikan sumber listrik utama terlebih dahulu. Setelah itu lakukan identifikasi kabel fasa dan netral. Untuk lebih mudahnya kalian cukup menukar pemasangan kabel di sumber listrik.

Tapi, jika kalian awam tentang kelistrikan sebaiknya hubungi instalatir untuk melakukan perbaikan sebab mereka lebih tahu tentang standarisasi pemasangan instalasi listrik.


4. Kabel Instalasi Penerangan Sama Dengan Kabel Instalasi Daya

Dalam perencanaan instalasi listrik perlu diperhatikan jenis instalasi listrik yang akan terpasang. Instalasi listrik pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu instalasi penerangan seperti lampu dan instalasi daya (stop kontak) seperti pompa air, AC, kulkas dll.

Perlu diketahui bahwa beberapa beban dalam instalasi daya menggunakan daya listrik yang cukup besar seperti AC, pompa air dll.

Beban tersebut sangat mempengaruhi beban listrik lainnya terlebih lagi daya maksimal di KWH meter itu kecil.

cara mengatasi lampu kedap kedip

Sehingga ketika kabel untuk instalasi penerangan juga digunakan untuk instalasi daya maka dapat menyebabkan beban lain terganggu misalnya lampu menjadi kedap kedip ketika pompa air atau AC dinyalakan.

Cara Mengatasi Lampu Kedap Kedip

cara mengatasi lampu kedap kedip

Cara yang paling ampuh dalam mengatasi lampu kedap kedip di kasus ini adalah dengan membagi jalur untuk instalasi penerangan dan daya. Sehingga ada dua jalur atau biasa disebut Grup, yaitu Grup 1 untuk penerangan dan Grup 2 untuk daya.

Bisa dilihat pada gambar bahwa kapasitas daya KWH meter 2200 VA sehingga untuk MCB utamanya adalah 10 A.

Grup 1 adalah Grup penerangan yang membutuhkan daya litrik yang tidak telalu besar sehingga digunakan MCB 4 A untuk daya listrik sebesar 880 - 900 VA.

Grup 2 adalah grup beban daya yang membutuhkan daya listrik besar sehingga dipasang MCB 6 A untuk daya listrrik sebesar 1300 – 1320 VA.

Dengan pembagian grup tersebut membuat lampu tidak akan kedap kedip atau terpengaruh lagi meskipun beban daya seperti AC atau pompa air dinayalakan.


Baca juga : 7 Jenis Lampu Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya


Jadi itulah penjelasan mengenai penyebab mengapa lampu di rumah anda kedap kedip dan bagaimana cara mengatasi lampu kedap kedip saat saklar dimatikan (off).

Sekian dulu pembahasan dari kami semoga dapat menjawab dan mengatasi masalah lampu di rumah anda yang kedap kedip. Terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "4 Penyebab Dan Cara Mengatasi Lampu Kedap Kedip"