Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Arah Putaran Kipas Angin Yang Terbalik

Kipas angin merupakan salah satu peralatan elektronik yang berfungsi untuk menghembuskan angin pada suatu ruangan. Dengan adanya kipas angin maka ruangan akan mejadi lebih dingin dan nyaman.

Namun beberapa pengguna kipas angin pernah merasakan kondisi kipas angin yang tidak bekerja normal seperti kipas menjadi lambat, arah putaran kipas terbalik, kipas yang tidak bisa swing dll.

Nah salah satu masalah yang akan kami bahas adalah arah putaran kipas angin yang terbaik. Di artikel ini kami akan menjelaskan penyebab kenapa putaran kipas angin terbalik.

Selain itu kami juga akan membagikan cara memperbaiki putaran kipas angin yang terbalik dan bagaiman cara mengubah arah putaran motor atau dinamo kipas angin.

Penyebab arah putaran kipas angin terbalik

Ada beberapa hal yang menyebabkan arah putaran kipas angin terbalik, yang awalnya berputar searah jarum jam namun berputar terbalik berlawanan arah jarum jam. Adapun penyebab kipas angin berputar terbalik adalah sebagai berikut.

1. Pemasangan Kumparan Dinamo Kipas Angin Terbalik

Kejadian ini biasa disebabkan ketika kalian membongkar kipas angin namun memasang kumparan dinamo pada posisi terbalik. Entah karena buru-buru atau kedua sisi kumparan sama saja dan atau karena tidak tahu posisi kumparan dinamo yang benar.

2. Kesalahan Dalam Memasang Kabel Kipas Angin

Suatu kipas atau lebih tepatnya dinamo kipas angin terdiri dari beberapa kabel diantaranya kabel fasa, kabel netral (kecepatan 1 – 2 – 3) dan kabel kapasitor. 

Nah ketika kalian salah dalam memasang kabel tersebut ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi diantaranya arah putaran kipas angin terbalik, ledakan, panas dll. 


Cara Mengubah Arah Putaran Kipas Angin

cara memperbaiki putaran kipasa angin yang terbalik

Untuk mengubah arah putaran kipas angin sebenarnya ada dua cara, yaitu membalik kumparan dinamo kipas angin dan memasang sumber listrik fasa langsung ke kapasitor. Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan cara memperbaiki kipas angin terbalik arah.

1. Mengubah Arah Putaran Kipas Angin Dengan Membalik Kumparan Dinamo

Sebenarnya arah kumparan dinamo bawaan pabrik atau yang kalian beli di suatu toko posisinya sudah benar namun kemungkinan kamu sudah membongkarnya dan memasang kumparan dinamo dalam posisi kebalik.

Sehingga membuat arah putaran kipas angin juga terbalik. Nah cara atau solusi untuk kasus ini adalah cukup membalikkan kumparan dinamo saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

penyebab kipas angin berputar terbalik

Terlihat pada gambar bahwa terdapat posisi kumparan depan dan kumparan belakang.

Nah ketika kalian memasang kumparan kipas angin dengan posisi seperti pada gambar dan putaran kipas angin kalian terbalik, maka solusinya adalah membalikkan posisi pasang kumparan.

Kumparan yang sebelumnya berada di depan sekarang balik ke belakang sehingga gambarnya akan seperti ini.

kenapa kipas angin beputar terbalik


2. Mengubah Arah Putaran Kipas Angin Dengan Memasang Fasa Langsung Ke Kapasitor

Untuk langkah kedua ini mimin telah melihat langsung di suatu channel youtube yang memberikan solusi dengan memasang sumber listrik fasa ke kapasitor.

Sebelum melakukan langkah kedua ini kalian harus memperhatikan gambar berikut ini.

 jenis kabel pada dinamo motor kipas angin

cara memasang kabel kipas angin

Terlihat bahwa terdapat beberapa kabel yang memiliki fungsi tersendiri. Kabel hitam merupakan kabel yang dihubungkan ke listrik fasa sedangkan kabel (putih, merah, biru) merupakan kabel yang digunakan untuk kecepatan kipas angin (kecepatan 1 – 2 – 3).

Untuk rangkaian kelistrikan kipas angin kalian bisa lihat gambar berikut ini

 cara memperbaiki kipas angin terbalik arah

Gambar di atas merupakan kelistrikan kipas angin secara normal. Nah untuk membalik atau mengubah arah putaran kipas angin kalian harus memasang fasa langsung ke kapasitor sehingga rangkaiannya akan seperti gambar berikut ini.

 cara memperbaiki kipas angin terbalik arah

Terlihat pada gambar bahwa listrik fasa langsung dihubungkan ke salah satu kapasitor dan hal tersebut akan mengubah arah putaran kipas angin.

Namun ketika arah putaran kipas angin masih sama dan belum berbalik kalian cukup memasang fasa di sisi lain kapasitor sehingga rangkaiannya akan seperti berikut ini.

 cara memperbaiki kipas angin muter terbalik

Nah cara tersebut ampuh dalam mengubah arah putaran kipas angin kalian cukup memasang listrik fasa langsung ke salah satu sisi kapasitor kipas angin.


Catatan :

Untuk kalian yang awam dalam dunia elektronika disarankan untuk membawa kipas angin yang bermasalah ke tempat service.

Namun apabila kalian ingin memperbaiki arah putaran kipas angin yang bermasalah sebaiknya membeli dinamo kipas angin yang baru hal ini demi keamanan kipas angin yang kalian gunakan.


Baca Juga : Pengkabelan, Rangkaian Listrik Dan Semua Bagian Kipas Angin Lengkap


Jadi itulah materi mengenai kelistrikan kipas angin, penyebab kipas angin berputar terbalik, cara mengubah arah putaran kipas angin dan cara memperbaiki kipas angin yang berputar terbalik.

Semoga apa yang telah kami bagikan dapat bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

1 comment for "Cara Memperbaiki Arah Putaran Kipas Angin Yang Terbalik"