Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penjelasan Dan Cara Menentukan SAIFI, SAIDI, CAIFI, CAIDI dan MAIFI

Di dalam artikel ini kami akan membagikan meteri tentang penjelasan mengenai pengertian, cara menentukan dan menghitung, apa yang dimaksud SAIFI (System Average Interruption Frequency Index), SAIDI (System Average Interruption Duration Index), 

CAIFI (Consumer Average Interruption Frequency Index), CAIDI (Consumer Average Interruption Duration Index), MAIFI (Momentary Average Interruption Frequency Index).

apa yang dimaksud saifi saidi caifi caidi maifi

Salah satu syarat / faktor yang harus dipenuhi pada sistem kelistrikan adalah “Keandalan Sistem”. Keandalan sistem tenaga listrik adalah kemampuan peralatan dan komponen listrik dalam menyalurkan energi listrik dengan kuantitas dan kualitas yang diinginkan konsumen.

Penyaluran listrik tersebut dimulai dari pembangkit sampai titik komsumsi (pelanggan). Kualitas dan kuantitas yang diinginkan konsumen telah ditetapkan PLN sebagai penyedia listrik di Indonesia yang sesuai dengan SLA (Service Level Acceptance).

Di dalam dunia kelistrikan dikenal beberapa metode atau indeks untuk menentukan keandalan paa suatu sistem tenaga listrik. Beberapa indeks tersebut adalah SAIFI, SAIDI, CAIFI, CAIDI dan MAIFI.

Kelima indeks tersebut didasarkan pada durasi atau lama gangguan penyaluran litrik dan juga didasarkan oleh jumlah gangguan yang terjadi. Berdasarkan standar IEEE 1366 Keandalan sistim distribusi tenaga listrik sering diukur dengan indeks outage (indeks gangguan).

Beberapa Hal Yang Harus Diketahui Tentang Gangguan Penyaluran Listrik

Berdasarkan hasil survey di negara maju didapatkan bahwa 80 - 90 % pemadaman listrik yang dialami pelanggan disebabkan oleh gangguan pada sistem distribusi.

Pemadaman listrik memiliki catatan dalam hal frekuensi (jumlah pemadaman), durasi (lamanya pemadaman) dan jumlah beban (konsumen) yang terpengaruh akibat gangguan tersebut.

Ada dua jenis pemadaman listrik, yaitu pemadaman sesaat dan pemadaman berkelanjutan. Pemadaman sesaat adalah pemadaman yang berlangsung kurang dari 5 menit, sesuai dengan waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan gangguan yang penanganannya bersifat sementara.

Sedangkan pemadaman berkelanjutan adalah pemadaman yang penanganannya lebih dari 5 menit.

Indeks Dalam Menentukan Keandalan Sistem Tenaga Listrik

Standar IEEE 1366 telah memberikan definisi terkait dengan indeks outage (gangguan) yang akan menentukan keandalan suatu sistem. 

Dalam menentukan indeks tersebut digunakan rincian gangguan yang dialami konsumen yang telah dikumpulkan dari data tahun lalu atau beberapa tahun sebelumnya.

SAIFI (System Average Interruption Frequency Index)

SAIFI merupakan nilai indeks rata-rata frekuensi gangguan yang terjadi pada sistem tenaga listrik. Dengan kata lain SAIFI adalah rata-rata jumlah gangguan yang berkelanjutan per konsumen sepanjang tahun. Indeks ini terkait dengan rasio jumlah gangguan tahunan terhadap jumlah konsumen.

SAIFI = (Total jumlah gangguan berkelanjutan dalam setahun) / (Jumlah total konsumen)


SAIDI (System Average Interruption Duration Index)

SAIDI merupakan nilai indeks rata-rata durasi atau lamanya gangguan yang terjadi pada sistem tenaga listrik. Dengan kata lain SAIDI adalah durasi rata-rata gangguan per konsumen sepanjang tahun. Indeks ini terkait dengan rasio durasi gangguan tahunan (berkelanjutan) terhadap jumlah konsumen. 

Jika durasi ditentukan dalam hitungan menit, SAIDI dinyatakan dalam menit gangguan yang dirasakan konsumen.

SAIDI = (Total durasi atau lamanya gangguan berkelanjutan dalam setahun) / (Jumlah konsumen)


Catatan SAIFI dan SAIDI : Perlu kalian ketahui bahwa SAIDI dan SAIFI merupakan indkes keandalan yang paling banyak digunakan. Berasarkan survery di Amerika Utara menunjukkan angka SAIFI 1,1 (hal ini menunjukkan 1,1 gangguan / tahun / konsumen) & SAIDI 1,5 jam


CAIFI (Consumer Average Interruption Frequency Index)

CAIFI  merupakan indeks frekuensi gangguan rata-rata bagi konsumen yang terkena gangguan tersebut. Dengan kata lain CAIFI adalah rata-rata jumlah gangguan bagi konsumen yang mengalami gangguan sepanjang tahun. 

Indeks ini terkait dengan rasio jumlah gangguan tahunan terhadap jumlah konsumen yang terkena gangguan sepanjang tahun. Konsumen hanya dihitung sekali terlepas dari jumlah gangguan.

Perbedaan CAIFI dengan SAIFI adalah CAIFI menghitung jumlah konsumen yang terkena gangguan saja seangkan SAIFI menghitung jumlah seluruh konsumen baik yang terkena gangguan maupun yang tidak.

CAIFI = (Jumlah gangguan berkelanjutan dalam setahun) / (Jumlah total konsumen yang terkena dampak gangguan)


CAIDI (Consumer Average Interruption Duration Index)

CAIDI merupakan indeks durasi atau lamanya gangguan rata-rata bagi jumlah total gangguan tersebut. Dengan kata lain CAIDI adalah durasi atau lamanya gangguan rata-rata, dihitung berdasarkan jumlah gangguan berkelanjutan dalam setahun. 

Indeks ini terkait dengan rasio dari total durasi gangguan terhadap jumlah gangguan selama tahun tersebut.

CAIDI = (Total durasi gangguan berkelanjutan dalam setahun) / (Jumlah total gangguan)

Atau CAIDI = SAIDI / SAIFI


MAIFI (Momentary Average Interruption Frequency Index)

MAIFI merupakan indeks frekuensi gangguan sesaat rata-rata. Dengan kata lain MAIFI adalah jumlah rata-rata gangguan sesaat (kurang dari 5 menit) per konsumen sepanjang tahun. Indeks ini terkait dengan rasio jumlah tahunan gangguan sesaat terhadap jumlah konsumen.

MAIFI = (Jumlah total gangguan sesaat dalam setahun) / (Jumlah total konsumen)


Baca Juga : 4 Jenis Gangguan Jaringan Distribusi Beserta Penyebabnya

 

Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian, cara menentukan dan menghitung, apa yang dimaksud SAIFI (System Average Interruption Frequency Index), SAIDI (System Average Interruption Duration Index), CAIFI (Consumer Average Interruption Frequency Index), 

CAIDI (Consumer Average Interruption Duration Index), MAIFI (Momentary Average Interruption Frequency Index).

Referensi : Direktorilistrik

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Penjelasan Dan Cara Menentukan SAIFI, SAIDI, CAIFI, CAIDI dan MAIFI"