Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Komponen Dan Diagram Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung

Salah satu mesin yang sangat berguna dalam membantu pekerjaan manusia adalah mesin cuci. Alat tersebut mampu mencuci pakaian dengan mudah dan sebagian besar mesin cuci kini dilengkapi dengan spin untuk pengering.

kelistikan mesin cuci

Tahukah kalian bagaimana kelistrikan yang ada pada mesin cuci, wiring diagram mesin cuci, komponen-komponen mesin cuci beserta fungsinya, rangkaian kabel mesin cuci, diagram kelistrikan mesin cuci? 

Bagaiamana kelistrikan mesin cuci 2 tabung, kelistrikan mesin cuci Sanken, Polytron, LG, Sharp, Panasonic? Bagaiamana jalur kabel timer mesin cuci? Berikut ini kami akan menjelaskan hal tersebut.

Komponen Komponen Mesin Cuci

1. Motor Atau Dinamo

bagian komponen mesin cuci

Motor atau ada juga yang menyebutnya dinamo merupakan komponen mesin cuci yang bekerja dengan cara berputar. Motor tersebut terhubung dengan tabung wash dan spin sehingga ketika motor beputar tabung wash dan spin juga ikut berputar.

Di dalam mesin cuci khususnya mesin cuci 2 tabung terdapat dua buah motor. Motor satu disebut motor wash karena berfungsi untuk mencuci sedangkan motor satunya lagi disebut motor spin yang berfungsi sebagai pengering.

2. Kapasitor (Capacitor)

bagian komponen mesin cuci

Kapastior merupakan komponen pada mesin cuci yang berfungsi untuk memberikan daya tambahan ketika motor / dinamo pertama kali berputar. Hal tersebut dikarenakan pada saat starting motor membutuhkan banyak daya sehingga harus ada disuplay daya listrik tambahan dari kapasitor.

Setiap mesin cuci memiliki ukuran kapasitor tersendiri (mikro farad) namun ada juga yang menggunakan ukuran kapasitor yang sama. 

Perlu kalian ketahui bahwa dalam mesin cuci hanya membutuhkan 1 kapasior, namun kapasitor tersebut terdapat dua input dan dua output. Satu pasang (input-output) dihubungkan ke motor wash dan satu pasangnya lagi dihubungkan ke motor spin.

3. Timer Switch

Timer switch merupakan sebuah saklar waktu yang ada pada mesin cuci. Timer ini akan bekerja dengan ketika waktu telah diatur (dipilih) dan akan berhenti bekerja ketika waktunya telah habis.

Perlu kalian ketahui bahwa timer switch untuk “Wash” berbeda dengan timer untuk “Spin”. Cara membedakannya adalah timer wash memiliki 3 jalur kabel sedangkan timer spun memiliki 2 jalur kabel.

4. Fuse

bagian komponen mesin cuci

Fuse merupakan salah satu komponen pengaman yang ada pada mesin cuci. Fuse ini akan bekerja dengan cara melebur (memutuskan aliran listrik) ketika mesin cuci mengalami gangguan seperti hubung singkat (short circuit).

Fuse pada mesin cuci bertipe fuse lebur sehingga ketika telah bekerja maka tidak dapat digunakan kembali alhasil untuk menyambungkan listrik kembali harus memasang fuse yang baru.

5. Lip Switch Atau Door Switch

bagian komponen mesin cuci

Lip Switch atau Door Switch merupakan saklar pengaman yang terpasang pada penutup tabung spin (pengering). Saklar ini akan bekerja dengan memutuskan aliran listrik ketika tutub dibuka sehingga membuat motor spin berhenti.

Di sisi lain saklar ini akan kembali menghubungkan aliran listrik ketika tutup spin ditutup sehingga membuat motor spin kembali berputar.


Kelistrikan Mesin Cuci

Pada dasarnya kelistrikan pada mesin cuci sangatlah mirip yang membedakan hanyalah kualitas komponen dan fitur tambahan yang membuat kelistrikan mesin cuci tersebut juga bertambah.

Single Line Diagram Mesin Cuci

Jika kalian cermat dan teliti, kalian bisa menemukan wiring diagram yang ada pada mesin cuci yang biasanya terdapat pada bagian belakang. Contohnya seperti gambar berikut ini

wiring diagram mesin cuci

Dari gambar terlihat bagaimana single line diagram (diagram satu garis) dari sebuah mesin cuci yang memuat hubungan masing-masing komponen dari sumber listrik hingga ke motor / dinamo.


Wiring Diagram Mesin Cuci 2 Tabung

Jika kalian masih sulit memahami gambar single line diagram dari mesin cuci di atas maka kami telah membuatkan yang lebih mudah untuk dibaca. Berikut ini gambar wiring diagram mesin cuci 2 tabung.

 wiring diagram mesin cuci

Dari gambar dapat dilihat hubungan dari masing-masing komponen. Tidak hanya itu kami telah membedakan warna kabel sehingga memudahkan kalian dalam memahami rangkaian jalur kabel pada mesin cuci.


Diagram Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung

Selain berupa wiring diagram kami juga telah membuatkan kelistikan kabel yang terhubung pada gambar masing-masing komponen. Berikut ini merupakan diagram kelistrikan mesin cuci 2 tabung.

wiring diagram mesin cuci

Dari gambar rangkaian di atas terdapat percabangan untuk kelistrikan wash dan spin. Nah untuk lebih mudah dalam memahaminya kami akan menjabarkan kelistrikan masing-masing bagian.

Kelistrikan Mesin Cuci Bagian “Wash”

Sumber listrik yang terhubung di steker (colokan) terdapat dua jenis, yaitu fasa (hitam) dan netral (biru). Khusus untuk kabel netral maka langsung terhubung ke terminal netral motor.

Sedangkan untuk kabel fasa dialirkan ke fuse, dari fuse menuju ke input wash timer. Dari wash tiner terdapat dua kabel output (merah dan kuning). Masing-masing menuju ke kapasitor dan input motor. 

Kelistrikan Mesin Cuci Bagian “Spin”

Bagian awal sama seperti kelistrikan “Wash” yaitu sumber listrik yang terhubung di steker (colokan) terdapat dua jenis, yaitu fasa (hitam) dan netral (biru). Khusus untuk kabel netral maka langsung terhubung ke terminal netral motor.

Sedangkan untuk kabel fasa dialirkan ke fuse, dari fuse menuju ke input spin timer. Output spin timer menuju ke input Lid Switch. Selanjutnya dari output Lid Switch (cokelat) menuju ke salah satu kapasitor dan motor.

Salah satu bagian kapasitor (abu-abu) terhubung langsung ke motor.


Catatan Penting : 

  • Warna Kabel pada gambar rangkaian bisa saja berbeda dengan warna kabel yang ada pada mesin cuci. 
  • Kelistrikan bagian Wash dan Spin terhubung ke satu sumber listrik yang sama.


Baca Juga : Jalur Kabel dan Kelistrikan Kipas Angin (Lengkap)


Jadi itulah penjelasan mengenai kelistrikan yang ada pada mesin cuci, wiring diagram mesin cuci, komponen-komponen mesin cuci beserta fungsinya, rangkaian kabel mesin cuci, diagram kelistrikan mesin cuci?

Serta penjelasan tentang bagaiamana kelistrikan mesin cuci 2 tabung, kelistrikan mesin cuci Sanken, Polytron, LG, Sharp, Panasonic, dan bagaiamana jalur kabel timer mesin cuci.

Referensi : Kliniktekno

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "5 Komponen Dan Diagram Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung"