Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Penyebab Dan Solusi Pompa Air Nyala Tapi Tidak Keluar Air

Salah satu mesin yang sangat berguna dalam menyalurkan air adalah pompa air. Mesin ini berperan penting dalam mempermudah manusia untuk menyalurkan air dari sumber menuju bak penampungan.

Namun ada kalanya pompa air mengalami masalah misalnya pompa air nyala tapi tidak keluar air atau mesin air hidup tapi air tidak keluar. Permasalahan seperti itu rupanya sering terjadi pada pompa air.

Penyebab Dan Solusi Pompa Air Nyala Tapi Tidak Keluar Air

kenapa mesin air hidup tapi air tidak keluar

Pada pembahasan kali ini kami akan membagikan artikel mengenai penyebab mesin pompa air nyala tapi tidak mengeluarkan air beserta cara mengatasinya.

1.    Volume Air Yang Kurang

cara mengatasi pompa air tidak meneluarkan air

Salah satu penyebab yang perlu disadari ketika mesin tidak mengeluarkan air adalah ketersediaan air yang tidak memadai. Sehingga langkah awalnya adalah mengecek volume air apakah masih banyak atau menipis hingga melewati batas pipa hisap.

Jika memang volume air yang tidak memadai maka kalian cukup memperpanjang pipa hisap hingga tenggelam. 


2.    Pemasangan Pipa Hisap Yang Salah

Salah satu hal yang membuat air tidak keluar ketika mesin dinyalakan adalah kesalahan dalam memasang pipa hisap. 

Salahnya bagaiamana? Salahnya yaitu memasang pipa hisap hingga ke dasar sehingga lumpur ataupun kotoran lain menyumbat foot valve. Dengan tersumbatnya ujung pipa hisap membuat air tidak dapat mengalir dengan baik.

Solusinya adalah dengan menaikkan sedikit pipa hisap dan memasangkan saringan pada ujung pipa hisap. Dengan hal tersebut maka resiko ujung pipa hisap tersumbat dapat diminimalisir.


3.    Adanya Kebocoran Pada Pipa Hisap

Masih berhubungan dengan pipa hisap, yaitu adanya kebocoran pada pipa hisap. Kebocoran tersebut membuat mesin yang sebelumnya diharapkan menghisap air malah justru menghisap angin sehingga air tidak keluar saat mesin dinyalakan.

Solusinya adalah dengan mengecek kondisi pipa hisap apakah ada kebocoran atau tidak. 

Cara mengeceknya dapat dilakukan dengan menutup salah satu ujung pipa hisap kemudian meniup di ujung pipa lain. Jika ditiup tidak ada udara yang terasa keluar maka pipa dalam kondisi baik namun jika terasa bocor perlu memperbaiki atau menutupnya.


4.    Penggunaan Pipa Hisap Yang Tidak Sesuai

Masih ada hubungannya dengan pipa hisap yaitu penggunaan pipa hisap yang tidak sesuai dengan spesifikasi pompa air. Pada suatu pompa air telah memuat spesifikasi termasuk ukuran pipa yang digunakan.

Apabila kalian menggunakan pipa hisap yang tidak sesuai misalnya pada spesifikasi pompa tertulis menggunakan pipa 1/4 inchi namun kalian memaksakan menggunakan 1/2 inchi atau yang lebih besar.

Apa dampaknya? Dampaknya adalah daya hisap pompa menurun sehingga tidak menutup kemuningkinan pompa air tidak mampu menghisap sampai ke atas.

Solusinya adalah menggunakan pipa dengan ukuran yang sesuai dengan spesifikasi pompa.


5.    Spesifikasi Pompa Yang Tidak Sesuai

Penyebab lainnya adalah spesifikasi pompa yang tidak sesuai dengan kondisi sumber air dan alirannya. Misalnya kalian memasang pompa dengan daya hisap 9 meter namun sumber air (sumur) kedalamannya 20 m maka air tidak bisa terisap sampai ke atas.


6.    Tusen Klep Rusak

Tusen klep merupakan salah satau komponen yang terpasang pada ujung pipa hisap dan berfungsi untuk menahan air agar tidak kembali ke sumber air ketika mesin dimatikan.

Salah satu dampak yang dialami ketika tusen klep ini rusak adalah air tidak keluar saat mesin dinyalakan dan biasanya harus dipancing dengan air terlebih dahulu agar bisa berjalan normal.

Untuk lebih memperjelas maka berikut ini cara kerja Tusen Klep pada pompa air

Pada saat mesin ON

kenapa mesin air nyala tapi tidak keluar air

Ketika mesin air dinyalakan maka daya hisapnya akan menyedot sehingga karet penahan pada Tusen Klep membuka. Di saat yang bersamaan air juga ikut terisap.

Pada saat mesin OFF

kenapa mesin air nyala tapi tidak keluar air

Ketika mesin air dimatikan maka tidak ada lagi daya hisap sehingga karet penahan pada Tusen Klep akan menutup. Dengan menutupnya karet tersebut membuat air yang masih berada di pipa hisap tidak akan turun (tertahan).

Apa hubungan Tusen Klep dengan Air Yang Tidak Keluar?

Ketika tusen klep rusak maka karet akan selalu menutup sehingga jalur air menjadi buntu alhasil air tidak keluar ketika mesin dinyalakan.

Penyebab Tusen Klep Rusak

Beberapa penyebab tusen klep rusak adalah adanya kotoran yang mengganjal karet sehingga mnembuat penutup macet. Selain itu umur tusen klep juga dapat menjadi penyebabnya.

Cara Mengecek Kondisi Tusen Klep

Salah satu cara yang mudah untuk mengecek kondisi tusen klep adalah dengan menuagkan air pada bagian atas lalu lihat keadaan air tersebut. Jika air menyusut maka tusen klep rusak jika tidak maka masih baik.

Cara Mencegah dan Mengatasi Kerusakan Tusen Klep

Cara mencegah kerusakannya adalah dengan mamasangkan saringan pada ujungnya sehingga kotoran tidak akan ikut terisap. Cara mengatasi kerusakan adalah membersihkan kotoran dari tusen klep atau mengganti yang baru.


7.    Karet Penghubung Antara Plenes Dan Pompa Air

Pada bagian plenes terdapat karet penghubung yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran. Ketika karet ini rusak atau tidak bekerja dengan baik maka bisa menimbulkan kebocoran sehingga pompa air menghisap udara.

Untuk mengecek masalah ini kalian bisa mengetes pompa air secara langsung tanpa plenes. Tutup lubang pipa penghisap dengan telapak tangan dan pancing sedikit air lalu nyalakan pompa.

Ketika terjadi isapan pada tangan maka pompa air masih bekerja dengan baik. Hal yang perlu dilakukan adalah mengganti karet tersebut dan memasang plenes dengan rapat.


8.    Permasalahan Pada Seal Pompa Air

Untuk mengecek permasalahan ini kalian bisa mengidentifikasinya dengan mengecek apakah ada air yang keluar lewat bagian leher pompa? Jika ada tetesan air yang keluar maka terdapat masalah pada bagian seal.

Bagian leher pompa air terletak pada bagian penghubung antara dinamo motor listrik pompa dengan Impeller penghisap air. Sedangkan bagian Seal berada pada bagian dalam kepala Pompa air.

Untuk membuka seal maka urutannya adalah membuka penutup impeller - membuka impeller - membuka pengunci spi - kemudian membuka seal.

Jika terjadi kerusakan pada bagian ini maka lakukan penggantian agar pompa bisa bekerja dengan baik.


Baca Juga : Cara Memasang Saklar Radar (Pelampung) Otomatis Pada Tangki Air


Jadi itulah penyebab dan solusi atau cara mengatasi pompa air yang hidup tapi air tidak keluar. Mulai dari permasalahan ketersediaan air, pipa penghisap, spesifikasi pompa, tuesn klep, karet plenes dan seal pompa air. 

Jika telah melakukan langkah-langkah dan solusi di atas namun pompa air belum bisa mengeluarkan air maka sebaiknya memeriksa keadaan pompa air ke tukang service. Mereka lebih paham dalam mendiagnosis dan mengatasi masalah pompa air anda.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "8 Penyebab Dan Solusi Pompa Air Nyala Tapi Tidak Keluar Air"