Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Merubah Listrik 3 Phase 380 V Menjadi 1 Phase 220 V

Di dalam dunia kelistrikan dikenal dengan istilah listrik phase dan netral. Phase merupakan bagian listrik yang bertegangan sedangkan netral merupakan bagian yang tidak bertegangan.

Selain itu juga ada istilah mengenai listrik 3 phase dan listrik 1 phase. Listrik 3 phase berarti jumlah phasenya ada 3 dengan tegangan 380 Volt sedangkan listrik 1 phase jumlah phasenya ada 1 yang ditambah netral dengan tegangan 220 V.

Terdapat beberapa industri atau instansi yang menjadi konsumen listrik 3 phase PLN agar menyuplai beban listrik 3 phase. Sedangkan konsumen rumah tangga pada umumnya hanya menjadi pelanggan  listrik 1 phase saja.

Pada dasarnya, pelanggan litsrik 3 phase juga membutuhkan listrik 1 phase untuk melayani beban (perangkat litsrik) 1 phase. Nah bagaimana mereka mendapatkan listrik 1 phase sedangkan mereka adalah pelanggan litsrik 3 phase?

Jawabannya adalah mereka membagi litsrik sehingga yang awalnya hanya listrik 3 phase saja kini ditambah menjadi listrik 1 phase. Bagaimana cara merubah dan sambung tegangan listrik 3 phase 380 V menjadi 1 phase 220 V? Mari kita bahas.

Cara Merubah Menyamabung Listrik 3 Phase Ke 1 Phase

Untuk merubah listrik 3 phase 380 V ke 1 phase 220 V sebenarnya caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil salah satu phase (antara phase R / S / T) setelah itu ditambahkan netral.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

cara sambung litsrik 3 phase ke 1 phase

Penjelasan gambar :

Sumber listrik 380 V + netral merupakan sumber listrik dari gardu distribusi. Sumber listrik tersebut memuat phase R, S, T, dan netral namuan ada juga yang dilengkapi dengan grounding (PE).

Untuk membagi litsrik dari 3 phase menjadi 1 phase maka salah satu fasa dikopel (dihubungkan). Terlihat pada phase T sumber listrik dibagi, ada yang menuju ke MCCB dan ada juga yang menuju ke MCB. Pada proses tersebut terjadi pencabangan fasa T yang percabangannya akan menjadi listrik 1 phase.

Percabangan fasa T telah menjadi listrik 1 phase namun sebelum dihubungkan ke beban harus dipasangkan MCB terlebih dahulu yang digunakan untuk alat proteksi.

Phase T yang keluar dari MCB bertegangan 220 V dan jika dipasangkan dengan litsrik netral maka akan menjadi listrik 1 phase dengan tegangan 220 V. Dikatakan listrik 1 phase jika terdiri dari 1 phase dan netral.


Kesimpulan : 

Jadi cara mengubah litsrik 3 phase 380 V menjadi listrik 1 phase 220 V adalah dengan mengambil (menghubungkan) salah satu phase (entah itu phase R / S / T) dan setelah itu dipasangkan dengan  netral.


Video Penjelasan Cara Mengubah Listrik 3 Phase Menjadi 1 Phase




Jadi itulah penjelasan mengenai bagaimana cara merubah dan menyambung litsrik 3 phase 380 V menjadi listrik 1 phase 220 V dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi kalian, terima kasih.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Cara Merubah Listrik 3 Phase 380 V Menjadi 1 Phase 220 V"