Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tusen Klep Pompa Air Adalah

Dalam suatu instalasi pompa air terdapat beberapa bagian dan komponen yang memiliki fungsi tersendirinya. Salah satu komponen yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini adalah Tusen Klep/

Komponen ini selalu terpasang pada setiap jenis pompa air seperti pada pompa air sumur dangkal, pompa semi jet, pompa ari sumur dalam (jet pump). Tujuannya untuk membuat pompa bekerja maksimal dan umur pakai pompa menjadi lama (awet).

Rusaknya tusen klep menjadi salah satu penyebab mengapa pompa harus dipancing terlebih dahulu. Oleh karena itu di artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian, fungsi, tujuan, posisi dan letak pemasangan, cara kerja dan cara pasang tusen klep.

letak pemasang tusen klep atas tengah bawah

Pengertian Dan Fungsi Tusen Klep

Tusen klep merupakan salah satu komponen yang terpasang pada pipa hisap pompa air dan berfungsi untuk menahan air agar tidak kembali ke sumber air ketika pompa dimatikan. Namun ketika pompa air dinyalakan maka air akan mudah terisap oleh pompa.


Letak Pemasangan Tusen Klep

Tusen klep yang berfungsi menahan air dapat diletakkan di mana saja asalkan masih berada pada pipa hisap. Tusen klep bisa dipasang pada bagian atas pipa hisap (dekat pompa air), bisa di tengah pipa hisap dan bisa di ujung (bagian bawah) pipa hisap.

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka tusen klep dipasang di ujung (bagian bawah) pipa hisap setelah saringan.


Cara Mengecek Tusen Klep

Sebelum memasang tusen klep ada baiknya mengecek kondisi kelayakannya. Mengapa demikian? Karena jika tusen klep rusak atau dalam kondisi bocor maka air tidak akan tertahan dan menyebabkan pompa air harus dipancing terlebih dahulu ketika dinyalakan.

Cara mudah untuk mengecek kondisi tusen klep adalah dengan menaruh air pada bagian atas tusen klep. Setelah itu amati apakah air yang diletakkan tadi berkurang atau  tidak.

Jika tidak berkurang maka tusen klep dalam kondisi baik namun jika berkurang maka tusen klep dalam kondisi bocor (rusak). Oleh karena itu harus dilakukan perbaikan atau penggnatian tusen klep yang baru.


Cara Kerja Tusen Klep

Berikut ini merupakan prinsip dan cara kerja tusen klep menahan dan mengalirkan air pada sistem pompa air :

Pada saat mesin ON

cara memasang tusen klep

Ketika mesin air dinyalakan maka daya hisapnya akan menyedot sehingga karet penahan pada Tusen Klep membuka. Di saat yang bersamaan air juga ikut terisap.

Pada saat mesin OFF

cara pasang tusen klep atas bawah tengah

Ketika mesin air dimatikan maka tidak ada lagi daya hisap sehingga karet penahan pada Tusen Klep akan menutup. Dengan menutupnya karet tersebut membuat air yang masih berada di pipa hisap tidak akan turun (tertahan).


Penyebab Dan Cara Mengatasi Tusen Klep Rusak

Beberapa penyebab tusen klep rusak adalah adanya kotoran yang mengganjal karet sehingga mnembuat penutup macet. Selain itu umur tusen klep juga dapat menjadi penyebabnya.

Cara mencegah kerusakannya adalah dengan mamasangkan saringan pada ujungnya sehingga kotoran tidak akan ikut terisap. Cara mengatasi kerusakan adalah membersihkan kotoran dari tusen klep atau mengganti yang baru.


Cara Cerdik Memasang Tusen Klep

Selain memasang dengan cara biasa ternyata ada cara cerdik memasang tusen klep agar kinerja pompa dalam menghisap air dapat maksimal. Caranya adalah dengan menghilangkan pegas yang ada pada tusen klep.

Cara tersebut sebenarnya dilakukan ketika pegas pada tusen klep terasa keras atau sudah lemah sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik lagi.

Oleh karena itu dihilangkan saja sehingga ketika pompa ON maka pintu air yang ada pada tusen klep lebih mudah membuka akibat tiadanya pegas dan membuat air terisap dengan lancar.

Namun cara ini memiliki kelemahan yaitu ketika pegas ditiadakan maka pintu air yang ada pada tusen klep tidak cepat menutup ketika pompa dimatikan, alhasil akan ada sedikit air yang tidak berhasil tertahan (kembali ke sumber air).


Baca Juga : 8 Penyebab dan Cara Mengatasi Kerusakan Pompa Air


Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, tujuan, posisi dan letak pemasangan, gambar, cara kerja dan cara pasang tusen klep.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "Tusen Klep Pompa Air Adalah"