Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Rangkaian Lampu TL Neon dan Lampu TL LED

Rangkaian Lampu TL - Ada beberapa jenis lampu yang umum dijumpai diantaranya adalah lampu pijar, bohlam lampu TL dll. Lampu yang sering ditemukan di perkantoran, sekolah dan Universitas adalah lampu TL.

Lampu TL memiliki kelebihan dibandingkan lampu bohlam diantaranya adalah cahaya lebih terang, umur lebih panjang dan lebih hemat. Di sisi lain lampu TL memiliki kekurangan yaitu instalasinya yang rumit dan memerlukan komponen tambahan seperti, ballast, starter dan fitting khusus.

lampu tl adalah

Di dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu lampu tl, jenis lampu TL, rangkaian lampu TL, rangkaian lampu TL paralel, rangkian lampu TL LED dan bagian-bagian lampu TL


Bagian-Bagian Instalasi Lampu TL

Ada bebera bagian dalam instalasi lampu TL Neon (Fluorescent) dan lampu TL LED yaitu sebagai berikut

1.    Lampu TL

Lampu TL Neon (Fluorescent) adalah salah satu jenis lampu yang berbentuk tabung (tube) panjang yang prinsip kerjanya menggunakan energi dari gas Neon dan lapisan Fluorescent sebagai pemendar cahayanya. 

Sedangkan lampu TL LED adalah jenis lampu yang berbentuk tabung (tube) panjang yang prinsip kerjanya menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) sebagai pemancar sinar cahaya.

Khusus untuk lampu TL LED, terdapat dua jenis rangkaian (wiring) yaitu rangkaian single ended (dirangkai pada satu sisi saja). Sedangkan rangkaian satunya lagi adalah rangkaian double ended (dirangkai pada dua sisi).

lampu tl led single ended

lampu tl led double ended

Kalian harus memperhatikan jenis wiring pada lampu TL LED karena jika salah memasang maka akan merusak lampu.

2.    Starter

fungsi starter lampu tl

Starter pada lampu TL adalah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai saklar otomatis yang bekerja dengan memanaskan Elektroda untuk proses pemindahan elektron-elektron di dalam Tabung Fluorescent. Starter tidak diperlukan untuk instalasi lampu TL LED.

3.    Ballast

fungsi ballast lampu tl

Trafo lampu TL atau ballast adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC 220 volt menjadi 500 - 800 Volt dengan frekuensi 20 - 60Hz untuk menyalakan lampu TL. Ballast tidak diperlukan untuk instalasi lampu TL LED.

Ada dua jenis ballast untuk rangkaian lampu TL yaitu ballast (biasa) disebut juga ballast trafo dan satunya lagi ballast elektronik. 

Ballast elektronik merupakan modifikasi ballast trafo yang di dalamnya dilengkapi dengan sekring dan starter, sehingga instalasi lampu TL dengan ballast elektronik tidak memerlukan starter lagi.

4.    Fitting Lampu TL

cara pasang fitting lampu tl
Source image : Gudang Listrik

Fitting pada lampu TL berfungsi sebagai tempat / penyangga lampu dan menghubungkan tegangan listrik dari sumber ke lampu. Fitting diperlukan baik pada lampu TL Fluorescent maupun TL LED.

5.    Box Lampu

Box lampu berfungsi sebagai tempat terpasangnya lampu TL, ballast, starter, fitting. Selain itu dengan adanya box lampu membuat cahaya lampu TL dapat diarahkan sehingga dapat mengurangi efek silau.

6.    Saklar

cara pasang saklar lampu tl

Saklar berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik yang menuju ke lampu sehingga dapat digunakan untuk kontrol ON/OFF lampu TL. Saklar yang digunakan adalah saklar tunggal atau saklar jenis lain tergantung banyaknya lampu dan cara pengoperasiannya.


Rangkaian Lampu TL

Berikut ini merupakan jenis jenis rangkaian lampu TL Neon (Fluorescent) dan lampu TL LED.

1.    Rangkaian Lampu TL

cara pasang lampu tl

Pada gambar terlihat bahwa rangkaian lampu TL menggunakan ballast trafo (biasa), starter dan satu buah saklar untuk ON/OFF. Rangkaian ini tidak berlaku untuk lampu TL LED.


2.    Rangkaian Lampu TL Dengan Ballast Elektronik

rangkaian lampu tl dengan ballast elektronik

Pada gambar di atas terlihat rangkaian lampu TL dengan menggunakan ballast elektronik dan sebuah saklar untuk pengoperasian ON/OFF lampu. Dengan menggunakan ballast elektronik maka rangkaian tidak memerlukan starter lagi. 

Rangkaian ini hanya berlaku untuk lampu TL Neon (Fluorescent), tidak berlaku untuk lampu TL LED.


rangkaian lampu tl paralel

Rangkaian di atas merupakan rangkaian lampu TL yang terhubung paralel. Jika saklar diON-kan maka dua lampu TL akan menyala sekaligus. Rangkaian ini cocok digunakan untuk mengoperasikan beberapa lampu TL dengan sebuah saklar.

Rangkaian ini tidak berlaku untuk lampu TL LED.


3    Rangkaian Lampu TL LED

Ada dua jenis rangkaian (wiring) lampu TL LED yaitu Single Ended dan Double Ended. Berikut ini merupakan gambar rangkaian lampu TL LED

Rangkaian Lampu LED Single Ended

rangkaian lampu tl led single ended

Pada gambar terlihat rangkaian lampu TL LED yang dioperasikan dengan sebuah saklar. Rangkaian ini cukup sederhana karena tidak memerlukan ballast dan starter.

Dikatakan rangkaian single ended karena hanya menggunakan satu sisi lampu TL saja sedangkan sisi lainnya tidak digunakan (ditutup menggunakan fitting).


Rangkaian Lampu LED Double Ended

rangkaian lampu tl led double ended

Terlihat pada gambar di atas bahwa rangkaian lampu TL LED dioperasikan dengan sebuah saklar. Rangkaian lampu TL LED ini tidak menggunakan ballast dan starter.

Dikatakan double ended karena rangkaiannya terpasang pada dua sisi lampu. 


Catatan Penting : Sebelum memasang instalasi lampu TL LED kalian harus memastikan terlebih dahulu jenis wiringnya (biasanya terdapat pada sisi lampu) apakah jenis single ended atau double ended . Jangan salah memasang karena akan meruska lampu (meledak).


Baca Juga : 7 Jenis Lampu Beserta Kelebihan Dan Kekurangnnya


Jadi itulah pembahasan mengenai mengenai apa itu lampu tl, jenis lampu TL, rangkaian lamput TL paralel, rangkian lampu TL LED dan bagian-bagian lampu TL.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "5 Rangkaian Lampu TL Neon dan Lampu TL LED"