Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2 Cara Pasang Saklar Seri (Ganda) Broco Dengan 2 Lampu

Cara Pasang Saklar Seri / Ganda Broco - Saklar seri (ganda) merupakan saklar yang dapat mengoperasikan dua buah beban (lampu). Dengan itu, saklar seri berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik pada dua titik beban.

Ada beberapa jenis merek saklar seri yang beredar di pasaran diantaranya adalah Broco, Panasonic, National, Dexicon, Philips dll. Masing-masing merek tersebut memiliki bentuk dan konstruksi yang berbeda namun fungsinya sama.

Nah pada kesempatan kali ini kami lebih mengkhususkan untuk membahas saklar seri (ganda) Broco, mulai dari jenis-jenis, bagian-bagian, cara jumper, wiring diagram, rangkaian pengawatan dan cara pasang saklar seri Broco tipe inbow, outbow dan galleo.


Saklar Seri (Ganda) Broco

Berdasarkan konstruksi dan letak pemasangannya, saklar seri Broco terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu tipe inbow, outbow dan galleo. Berikut ini merupakan penjelasan masing-masing tipe saklar seri Broco

Saklar Seri Broco Inbow

cara pasang saklar ganda

Saklar seri (ganda) inbow (IB) merupakan saklar seri yang terpasang atau tertanam di dalam tembok. Sehingga, ketika saklar inbow terpasang maka hanya terlihat bagian depan permukaannya saja.


Saklar Seri Broco Outbow

cara pasang saklar seri broco

Saklar seri (ganda) Outbow (OB) merupakan saklar seri yang terpasang di permukaan tembok atau kayu (tidak tertanam). Sehingga, ketika saklar Outbow ini terpasang maka semua bagian cover / case saklar terlihat.


Bagian Bagian Saklar Seri Broco Inbow Dan Outbow

Saklar seri (ganda) Broco tipe inbow (IB) dan outbow (OB) memiliki konsruksi yang sedikit berbeda namun bagian-bagiannya sama saja. Sehingga terdapat terminal (lubang) untuk input phasa dan output yang menuju ke lampu. Perhatikan gambar bagian saklar seri Broco inbow / outbow berikut ini.

saklar seri broco

Pada gambar, terlihat konstruksi dan bagian-bagian saklar seri (ganda) Broco yang memiliki fungsi masing-masing. Kita asumsikan saja bahwa saklar 1 berada di sebelah kiri dan saklar 2 berada di sebelah kanan.

1.    Input phasa saklar 1 berada di sebelah kiri bagian tengah dekat tombol merah. Terdapat dua terminal (lubang) input sehingga bisa dipilih salah satunya saja, karena terminal satunya lagi akan digunakan sebagai jumper (penghubung) ke saklar 2.

2.    Input phasa saklar 2 berada di sebelah kanan bagian tengah dekat tombol merah. Terdapat dua terminal (lubang) input sehingga bisa dipilih salah satunya saja. Nah terminal tersebutlah yang digunakan sebagai jumper (penghubung) dengan saklar 1.

3.    Output Saklar 1 berada di sebelah kiri bagian atas dekat tombol putih. Terdapat dua terminal sehingga bisa dipilih salah satunya saja untuk dihubungkan ke lampu 1.

4.    Output Saklar 2 berada di sebelah kanan bagian atas dekat tombol putih. Terdapat dua terminal sehingga dipilih salah satunya saja untuk nantinya dihubungkan ke lampu 2.


Cara Jumper Saklar Seri Broco Inbow Dan Outbow

cara jumper saklar seri broco

Saklar seri Broco tipe inbow biasanya sudah dilengkapi jumper (penghubung) bawaan pabrik yang menggunakan kawat termbaga. Namun untuk tipe outbow, biasnya tidak dilengkapi dengan jumper bawaan sehingga memasangnya sendiri.

Nah gambar di atas merupakan cara jumper saklar seri (ganda) Broco yang tidak memiliki jumper. Terlihat bahwa saklar 1 dan 2 dijumper (dihubungkan) dengan menggunakan kabel NYA pendek yang terpasang pada masing-masing terminal input phasa saklar 1 dan 2.



Cara Pasang Saklar Seri Broco Inbow Dan Outbow

cara pasang saklar ganda broco

Pada gambar terlihat rangkaian listrik tentang cara memasang saklar seri (ganda) Broco tipe inbow dan outbow 3 kabel yang memiliki konstruksi dan bagian-bagian yang sama. Adapun urutan dan langkah-langkah cara memasang instalasi saklar seri Broco adalah sebagai berikut.

  1. Matikan sumber listrik sebelum melakukan instalasi saklar seri.
  2. Buka case / cover saklar menggunakan obeng.
  3. Untuk memasang kawat tembaga kabel ke lubang terminal saklar, maka perlu menekan tombol merah / putih di dekatnya.
  4. Dari sumber listrik, arus phasa dihubungkan ke input phasa saklar 1 melalui kabel berwarna hitam.
  5. Jumper (hubungkan) saklar 1 dengan saklar 2 pada bagian input phasanya menggunakan kabel pendek. Jika sudah ada jumper bawaan pabrik maka langkah ini bisa dilewati.
  6. Output saklar 1 dihubungka ke terminal phasa pada fitting lampu 1 melalui kabel berwarna merah.
  7. Output saklar 2 dihubungka ke terminal phasa pada fitting lampu 2 melalui kabel berwarna kuning.
  8. Dari sumber listrik, netral dihubungkan ke terminal netral fitting lampu 1 dan fitting lampu 2 melalui kabel berwarna biru.
  9. Pasang case / cover saklar dengan menggunakan baut dan obeng.


Saklar Seri Broco Galleo

saklar seri ganda broco galleo

Saklar seri (ganda) Brcoco Galleo merupakan jenis saklar seri inbow yang terpasang / tertanam di dalam tembok. Tipe Galleo ini memiki bentuk, konstruksi dan bagian-bagian yang berbeda dengan saklar inbow yang sudah dijelaskan di atas.


Bagian Bagian Saklar Seri Broco Galleo

Saklar seri (ganda) broco galleo memiliki konstruksi dan bagian yang berbeda dengan saklar inbow lainnya. Nah berikut ini merupakan gambar bagian-bagian saklar seri Broco Galleo.

saklar seri broco galleo

Pada gambar terlihat bahwa saklar seri (ganda) broco galleo ini memiliki input phasa saklar di sebelah kanan sedangkan output yang menuju ke lampu berada di bagian kiri.

1.    Input Phasa Saklar 1 berada di sebelah kanan bawah.

2.    Input Phasa Saklar 2 berada di sebelah kanan tengah.

3.    Pada wiring digaram saklar terlihat bahwa input saklar 1 dan 2 sudah terhubung (sudah dijumper) sehingga tidak memerlukan jumper manual lagi. Oleh karena itu, input phasa bisa dipasang di saklar 1 atau 2.

4.    Output saklar 1 berada di sebelah kiri bawah yang memiliki 2 lubang terminal. Oleh karena itu dipilih salah satunya saja untuk dihubungkan ke lampu 1.

5.    Output saklar 2 berada di sebelah kiri atas yang juga memiliki 2 lubang terminal. Oleh karena itu dipilih salah satunya saja untuk dihubungkan ke lampu 2.


Cara Jumper Saklar Seri Broco Galleo

Jika melihat wiring diagram yang ada pada saklar seri (ganda) broco galleo, maka input phasa antara saklar 1 dan saklar 2 sudah terhubung. Dengan itu maka tidak memerlukan jumper tambahan lagi untuk menghubungkan saklar 1 dan 2 seperti yang ada pada saklar yang tidak memiliki jumper.


Cara Pasang Saklar Seri Broco Galleo

cara pasang saklar seri broco galleo

Pada gambar, terlihat rangkaian listrik tentang cara memasang saklar seri (ganda) Broco galleo 3 kabel yang mengoperasikan 2 buah lampu. Adapun urutan dan langkah-langkah memasang instalasi saklar seri Broco Galleo adalah sebagai berikut.

  1. Matikan sumber listrik sebelum melakukan instalasi saklar seri broco galleo.
  2. Buka baut menggunakan obeng agar case / cover saklar terbuka
  3. Untuk memasang kawat tembaga kabel ke lubang terminal saklar galleo, maka perlu menekan tuas hitam didekatnya. Namun ada juga saklar Galleo yang menggunakan baut dalam pemasangan kawat kabelnya. Silahkan kondisikan dengan jenis saklar apakah menggunakan tuas atau baut.
  4. Dari sumber listrik, arus phasa dihubungkan ke input phasa saklar 1 melalui kabel berwarna hitam. Dikarenakan input saklar 1 dan 2 sudah terhubung maka tidak perlu melakukan penjumperan lagi.
  5. Output saklar 1 dihubungka ke terminal phasa pada fitting lampu 1 melalui kabel berwarna kuning
  6. Output saklar 2 dihubungka ke terminal phasa pada fitting lampu 2 melalui kabel berwarna merah.
  7. Dari sumber listrik, netral dihubungkan ke terminal netral fitting lampu 1 dan fitting lampu 2 melalui kabel berwarna biru.
  8. Pasang case / cover saklar dengan menggunakan baut dan obeng.


Wiring Diagram Saklar Seri

Seorang instalatir pemula yang ingin melakukan pemasangan saklar biasanya menggunakan diagram pengawatan (wiring diagram)  sebagai pedomannya. Nah berikut ini merupakan wiring diagram saklar seri (ganda) dengan 2 lampu.

diagram pengawatan saklar seri

Pada gambar diagram pengawatan saklar seri diatas dapat diketahui bahwa kabel hitam adalah phasa, kabel biru adalah netral, kabel kuning adalah output saklar 1 dan kabel merah adalah output saklar 2.

1.    Urutan kabel phasa (warna hitam) adalah dari sumber listrik dihubungkan ke input saklar seri. 

2.    Urutan kabel netral (warna biru) adalah dari sumber listrik dihubungkan ke input netral fitting lampu 1 dan 2.

3.    Urutan kabel output saklar 1 (warna kuning) adalah dari output saklar 1 dihubungkan ke input phasa fitting lampu 1.

4.    Urutan kabel output saklar 2 (warna merah) adalah dari output saklar 2 dihubungkan ke input phasa fitting lampu 2.


Baca Juga : Cara Pemasangan Saklar Seri (Ganda) Panasonic


Jadi itulah pembahasan materi tentang cara pasang saklar seri (ganda) broco inbow, outbow, galleo, bagian-bagian saklar seri broco, cara jumper saklar seri broco, wiring diagram atau diagram pengawatan saklar seri broco dan rangkaian cara pasang saklar seri (ganda) 2 lampu.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for " 2 Cara Pasang Saklar Seri (Ganda) Broco Dengan 2 Lampu"