Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

2 Cara Pasang Saklar Seri (Ganda) Panasonic

Cara Pasang Saklar Seri (Ganda) Panasonic - Saklar seri (ganda) merupakan jenis saklar yang dapat mengendalikan (On / Off) dua beban lampu. Oleh karena itu saklar seri berfungsi mengalirkan atau memutuskan aliran listrik yang menuju ke dua titik beban lampu.

Salah satu saklar seri yang banyak digunakan di Indonesia adalah saklar merek Panasonic. Saklar tersebut memiliki ketahanan yang tinggi, harga bersaing dan memiliki banyak model.

Oleh karena itu, di dalam artikel kali ini kami akan membahas materi khusus tentang saklar seri (ganda) panasonic, mulai dari jenis-jenis, bagian-bagian, cara jumper, diagram pengawatan, wiring diagram dan cara pasang saklar seri (ganda) Panasonic tipe inbow, dan outbow.


Saklar Seri Panasonic

Saklar seri (ganda) merek Panasonic dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan cara pemasangannya yaitu saklar seri Panasonic Inbow (IB) dan saklar seri Panasonic Outbow (OB). Nah berikut ini merupakan penjelasan masing-masing jenis saklar tersebut.

Saklar Seri Panasonic Inbow 

cara pasang saklar ganda

Saklar seri (Ganda) Panasonic Inbow (IB) merupakan saklar seri yang dipasang / ditanam di dalam tembok, sehingga yang terlihat hanyalah bagian permukaan saklar saja. Saklar inbow biasa juga disebut sebagai saklar tembok karena terpasang di dalam tembok.


Bagian Bagian Saklar Seri Panasonic Inbow

bagian bagian phasa saklar ganda panasonic

Gambar di atas merupakan konstruksi dan bagian-bagian saklar seri (ganda) Panasonic Inbow. Kita asumsikan saja bahwa saklar 1 berada di sebelah kiri dan saklar 2 berada di sebelah kanan.

1.    Input phasa saklar 1 berada di sebelah kiri bagian bawah yang memiliki dua lubang terminal input sehingga bisa dipilih salah satunya saja. Sedangkan lubang terminal satunya lagi akan digunakan sebagai jumper (penghubung) ke saklar 2.

2.    Input phasa saklar 2 berada di sebelah kanan bagian bawah yang juga terdapat dua lubang terminal. Pilih salah satunya saja untuk digunakan sebagai jumper (penghubung) dengan saklar 1.

3.    Output Saklar 1 berada di sebelah kiri bagian atas yang memiliki dua lubang terminal sehingga bisa dipilih salah satunya saja untuk dihubungkan ke lampu 1.

4.    Output Saklar 2 berada di sebelah kanan bagian atas yang juga memiliki dua lubang terminal sehingga dipilih salah satunya saja untuk nantinya dihubungkan ke lampu 2.


Cara Jumper Saklar Seri Panasonic Inbow

cara jumper saklar ganda panasonic

Gambar di atas merupakan cara jumper saklar seri (ganda) Panasonic Inbow. Terlihat bahwa saklar 1 dan 2 dijumper (dihubungkan) dengan menggunakan kabel NYA pendek yang terpasang pada masing-masing terminal input phasa saklar 1 dan 2.

Kalian harus memperhatikan bagian jumper ini karena ada beberapa merek saklar seri yang sudah memiliki jumper bawaan dari pabrik sehingga tidak perlu dipasangkan jumper lagi.


Cara Pasang Saklar Seri (Ganda) Panasonic Inbow

cara psang saklar seri

Gambar di atas merupakan rangkaian pemasangan saklar seri (ganda) Panasonic Inbow dengan 3 kabel yang mengoperasikan 2 buah lampu. Berikut ini merupkana urutan langkah-langkah cara memasang instalasi saklar seri panasonic.

  1. Langkah awal adalah mematikan sumber listrik sebelum melakukan instalasi saklar seri.
  2. Lepas cover / case saklar seri dengan membuka baut pengunci menggunakan obeng.
  3. Agar dapat memasang kawat kabel ke lubang terminal saklar seri maka perlu menekan pengunci di dekatnya yang berwarna putih menggunkan obeng.
  4. Dari sumber listrik, arus listrik phasa dihubungkan ke input phasa saklar 1 menggunakan kabel berwarna hitam.
  5. Jumper (hubungkan) saklar 1 dan 2 dengan menggunakan kabel NYA pendek. Jumper di pasang pada salah satu input phasa saklar 1 dan saklar 2. Jika sudah ada jumper bawaan pabrik yang menghubungkan saklar 1 dan 2 maka langkah ini bisa dilewati.
  6. Output saklar 1 dihubungkan ke terminal phasa fitting lampu 1 menggunakan kabel berwarna merah.
  7. Output saklar 2 dihubungkan ke terminal phasa fitting lampu 2 menggunakan kabel berwarna kuning.
  8. Dari sumber listrik, netral dihubungkan ke terminal netral fitting lampu 1 dan fitting lampu 2 menggunakan kabel berwarna biru.
  9. Catatan : Warna kabel pada gambar instalasi saklar seri 2 lampu yang kami bagikan sudah sesui standarisasi PUIL 2000 sehingga bisa kalian ikuti. Namun kalian juga bisa menggunakan kabel dengan warna yang berbeda dengan gambar  asalkan sesuai standarisasi PUIL. 


Saklar Seri Panasonic Outbow

cara pasang saklar seri panasonic

Saklar seri (ganda) Panasonic Outbow (OB) merupakan saklar seri yang terpasang di atas permukaan tembok atau kayu. Sehingga, ketika saklar seri Outbow ini terpasang maka semua bagian case saklar terlihat.

Saklar Outbow biasa juga disebut sebagai saklar kayu karena cocok untuk dipasang di atas permukaan kayu. Meskipun pada kenyataannya saklar ini juga bisa dipasang di atas permukaan tembok.


Bagian Bagian Saklar Seri Panasonic Outbow

bagian bagian saklar ganda panasonic

Gambar di atas merupakan konstruksi dan bagian-bagian saklar seri (ganda) Panasonic Outbow. Kita asumsikan saja bahwa saklar 1 berada di sebelah kiri dan saklar 2 berada di sebelah kanan.

1.    Input phasa saklar 1 berada di sebelah kiri bagian atas (tepatnya di atas tulisan COM). Lubang terminal input ini juga akan digunakan sebagai jumper (penghubung) ke saklar 2.

2.    Input phasa saklar 2 berada di sebelah kanan bagian bagian atas (tepatnya di atas tulisan COM). Lubang terminal input ini digunakan sebagai terminal jumper yang terhubung ke saklar 1.

3.    Output Saklar 1 berada di sebelah kiri bagian bawah yang nantinya akan dihubungkan ke lampu 1.

4.    Output Saklar 2 berada di sebelah kanan bagian bawah yang nantinya akan dihubungkan ke lampu 2.


Cara Jumper Saklar Seri Panasonic Outbow

cara jumper saklar seri panasonic

Gambar di atas merupakan cara jumper saklar seri (ganda) Panasonic Outbow. Terlihat bahwa saklar 1 dan 2 dijumper (dihubungkan) dengan menggunakan kabel NYA pendek yang terpasang pada masing-masing terminal input phasa saklar 1 dan 2 (di atas tulisan COM).

Ada beberapa jenis saklar seri yang sudah memiliki jumper bawaan pabrik sehingga saklar tersebut tidak perlu dipasangkan jumper lagi.


Cara Pasang Saklar Seri Panasonic Outbow

cara pasang saklar seri 2 lampu

Gambar di atas merupakan rangkaian pemasangan saklar seri (ganda) Panasonic Outbow dengan 3 kabel yang mengendalikan 2 buah lampu. Berikut ini merupkana urutan langkah-langkah cara memasang instalasi saklar seri panasonic yang benar.

  1. Langkah awal sebelum melakukan instalasi adalah dengan mematikan sumber listrik 
  2. Lepas cover / case saklar seri dengan membuka baut pengunci menggunakan obeng sehingga terlihat konstruksi bagian dalam saklar.
  3. Agar dapat memasang kawat kabel ke lubang terminal saklar seri ini, maka perlu mengendurkan baut pengunci yang ada di sebelah atas atau bawahnya menggunkan obeng. Ingat untuk mengeratkan bautnya kembali ketika kawat kabel sudah terpasang.
  4. Dari sumber listrik, arus listrik phasa dihubungkan ke input phasa saklar 1 menggunakan kabel berwarna hitam.
  5. Jumper (hubungkan) saklar 1 dan 2 dengan menggunakan kabel NYA yang pendek. Jumper di pasang pada lubang terminal input phasa saklar 1 dan saklar 2. Perhatikan, apabila sudah ada jumper bawaan pabrik yang menghubungkan saklar 1 dan 2 maka langkah ini tidak perlu dilakukan.
  6. Output saklar 1 dihubungkan ke terminal phasa fitting lampu 1 menggunakan kabel berwarna kuning.
  7. Output saklar 2 dihubungkan ke terminal phasa fitting lampu 2 menggunakan kabel berwarna merah.
  8. Dari sumber listrik, netral dihubungkan ke terminal netral fitting lampu 1 dan fitting lampu 2 menggunakan kabel berwarna biru.
  9. Catatan : Kalian bisa mengikuti warna kabel yang kami gunakan pada gambar karena sudah sesuai standarisasi PUIL 2000. Namun, kalian juga bisa menggunakan kabel dengan warna lain asalkan sesuai standarisasi.


Baca Juga : Cara Pasang Saklar Seri (Ganda) Broco Lengkap Dengan Gambarnya


Jadi itulah penjelasan materi tentang cara pasang saklar ganda Panasonic inbow, outbow, bagian-bagian saklar seri Panasonic, cara jumper saklar seri Panasonic, wiring diagram atau diagram pengawatan saklar seri Panasonic dan rangkaian cara memasang saklar ganda 2 lampu.

Ashar Arifin
Ashar Arifin Seorang Mahasisiwa Teknik Elektro Yang Gemar Menulis Artikel Dan Berbagi Ilmu Bermanfaat

Post a Comment for "2 Cara Pasang Saklar Seri (Ganda) Panasonic"